Android Mob ? Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Android

komputerdia.com - Android Mob atau Android merupakan system operasi yang dirancang denganberbasiskan Linux dan bersifat open source yang didesain untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti smartphone serta computer tablet.Perlu kalian ketahui bahwa Android awalannya di kembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang selanjutnya diakusisi secara resmi oleh google pada tahun 2005. 

System operasi ini dirilis dengan resmi pada tahun 2007, bertepatan dengan dibangunnya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), serta telekomunikasi yang mempunyai tujuan utama untuk memajukan standard terbuka perangkat seluler. Smartphone Android pertama di jual ke muka publik pada bulan Oktober tahun 2008. 

Antarmuka pemakai Android biasanya berbentuk manipulasi langsung, memakai pergerakan sentuh yang sama dengan aksi yang nyata, umpamanya menggeser, mengetuk, serta mencubit untuk merekayasa objek di monitor, dan papan tulis virtual untuk menulis teks. Tidak hanya piranti layar sentuh, Google juga sudah meningkatkan Android TV untuk perangkat televisi, Android Auto untuk mobil, serta Android Wear untuk arloji, masing-masing mempunyai antarmuka pengguna yang berlainan. Varian Android juga dipakai pada computer jinjing, konsol permainan, camera digital, serta perlengkapan elektronik yang lain. 

Baca Juga :

Android Mob ? Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Android

Android juga merupakan system operasi dengan sumber terbuka (open source), serta Google merilis kodenya dibawah Lisensi Apache. Kode dengan sumber terbuka serta lisensi perizinan pada Android tersebut sangat memungkinkan perangkat lunak (software) untuk dimodifikasi dengan bebas serta didistribusikan oleh beberapa pembuat perangkat, operator nirkabel, serta pengembang aplikasi. 

Baca Juga :

Diluar itu, Android mempunyai faktor besar lainnya, seperti komunitas pengembang aplikasi (apps) yang memperluas fungsionalitas piranti, biasanya ditulis dalam versi kustomisasi bahasa pemrograman Java. Pada bulan Oktober 2013, terhitung lebih dari satu juta aplikasi yang ada untuk melengkapi sistem operasi Android, serta sekitar 50 miliar aplikasi sudah didownload dari Google Play, yang merupakan toko aplikasi paling utama untuk sistem operasi Android. 



Sejarah dan Perkembangan Android


Android Mob ? Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Android
Sistem Operasi android pertama kalianya diciptakan dibawah naungan Android, Inc. sertadibangun di Palo Alto, California, pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (mantan VP T-Mobile), serta Chris White (kepala design serta pengembangan antarmuka WebTV) untuk meningkatkan " piranti smartphone yang lebih sadar akan tempat serta preferensi pemakainya ". 

Maksud awal pengembangan Android yaitu untuk meningkatkan satu system operasi mutakhir yang ditujukan untuk camera digital, tetapi kemudian diakui kalau pasar untuk piranti itu tidak cukup besar, dan pengembangan Android lantas diarahkan untuk pasar smartphone guna menyaingi kepopuleran sistem operasi Symbian serta Windows Mobile (iPhone Apple pada saat itu belum di rilis). Walau beberapa pengembang Android merupakan pakar-pakar tehnologi yang memiliki pengalaman, Android Inc. dioperasikan dengan diam-diam, cuma diungkapkan kalau beberapa pengembang tengah membuat satu piranti lunak yang ditujukan untuk handphone. Masih tetap pada tahun yang sama, Andy Rubin kehabisan uang. Steve Perlman, seorang sahabat Rubin, meminjaminya $10. 000 atau sekitar 130 Juta'an serta menolak tawaran saham dari perusahaan lain .

Singkat cerita, kemudian pada tanggal 17 Agustus 2015 Google mengakuisisi Android Inc. yang membuatnya menjadi anak perusahaan dari perusahaan Google. Pendiri Android Inc. seperti Rubin, Miner serta White tetaplah bekerja di perusahaan sesudah diakuisisi oleh Google. Kemudian, tidak banyak yang di ketahui mengenai perubahan Android Inc., tetapi banyak asumsi yang menyebutkan kalau Google merencanakan untuk masuk pasar handphone dengan tindakannya ini. 

Baca Juga :

Di Google, tim yang di pimpin oleh Andy Rubin mulai meningkatkan basis piranti seluler dengan memakai kernel Linux. Google pasarkan basis itu pada produsen piranti seluler serta operator nirkabel, dengan janji kalau mereka sediakan system yang lebih fleksibel serta dapat diperbaharui secara berkala. Google sudah memilih beberapa partner perusahaan perangkat lunak serta perangkat keras, dan menyaratkan pada operator seluler kalau kerja sama ini terbuka untuk siapa saja yang menginginkan partisipasinya.

Spekulasi mengenai tekad Google untuk masuk pasar komunikasi seluler terus berkembang sampai bulan Desember 2006. BBC serta Wall Street Journal memberitakan kalau Google tengah berusaha keras untuk memasukkan aplikasi serta mesin pencarinya di piranti seluler. Beragam media cetak serta media daring menyampaikan kabar kalau Google tengah meningkatkan piranti seluler dengan merk Google. Sebagian di antaranya berspekulasi kalau Google sudah memastikan spesifikasi teknisnya, termasuk juga produsen handphone serta operator jaringan. Pada bulan Desember 2007, InformationWeek memberikan laporan jika Google sudah memajukan sebagian aplikasi paten di sektor handphone.

Pada tanggal 5 November 2007, Open Handset Alliance (OHA) dibangun. OHA yaitu konsorsium dari perusahaan-perusahaan tehnologi seperti Google, produsen perangkat seluler seperti HTC, Sony serta Samsung, operator nirkabel seperti Sprint Nextel serta T-Mobile, dan produsen chipset seperti Qualcomm serta Texas Instruments. OHA sendiri mempunyai tujuan untuk meningkatkan standard terbuka untuk piranti seluler. Kala itu, Android diresmikan jadi product pertamanya ; satu basis piranti seluler yang memakai kernel Linux versi 2. 6. dan Handphone komersial pertama yang memakai system operasi Android yaitu HTC Dream, yang di luncurkan pada tanggal 22 Oktober 2008 silam.

Baca Juga :

Di tahun  2010, Google meluncurkan seri Nexus , piranti smartphone serta tablet dengan system operasi Android yang di produksi oleh partner produsen handphone seperti HTC, LG, serta Samsung. HTC bekerja sama juga dengan Google dalam meluncurkan product smartphone Nexus pertama, yaitu Nexus One. Seri ini sudah diperbaharui dengan piranti yang lebih baru, contohnya smartphone Nexus 4 serta tablet Nexus 10 yang di produksi oleh LG serta Samsung. Pada 15 Oktober 2014, Google menginformasikan Nexus 6 serta Nexus 9 yang di produksi oleh Motorola serta HTC. Pada 13 Maret 2013, Larry Page menginformasikan dalam tulisan blognya kalau Andy Rubin sudah geser dari divisi Android untuk kerjakan sebagian project baru di Google. Ia digantikan oleh Sundar Pichai, yang terlebih dulu menjabat jadi kepala divisi Google Chrome, yang meningkatkan operating system chrome atau Chrome OS .



.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment