Batas Legalitas Didalam Dunia Peretasan (Limit Of Legality)

komputerdia.com - Siapa pun, baik pihak kelompok atau individual yang benar-benar serius mempelajari ilmu h4cking, poin pentingnya adalah harus memastikan dan  menjalani serta mematuhi semua undang-undang yang relevan di "Their Jurisdicitions". Bagi mereka yang tidak begitu serius, bahkan terkesan untuk main-main saja mungkin cukup untuk kalian mengumpulkan suatu denda yang lumayan, masa percobaan atau bahkan hal lainnya yang mungkin kalian anggap "tabu". 

Di negara Jerman misalnya, bagi siapa saja yang hanya memiliki alat yang bisa digunakan untuk h4cking, tindakan tersebut sudah merupakan sebuah kejahatan dan seseorang mungkin saja benar-benar menjalani hukuman yang cukup serius karena telah mengunduh aplikasi freaking. Masih di negara yang sama, percobaan penetrasi profesional atau setidaknya mencapai batas 12 tahun mungkin dianggap sebagai hukuman bagi para h4cker kriminal, yang jika dilihat kesalahannya hanya karena dia mengunduh Cheat Engine (saya serius) atau bahkan BackTrack OS

Hal ini bukan saja untuk melarang orang Jerman, tapi juga menunjukkan bahwa undang-undang yang tidak sempurna masih ada di hampir semua konstitusi negara, Mungkin peraturan ini sangat bergantung pada geografi dimana tempat mereka tingga, tapi sebagian besar bersifat global.

Baca Juga :

Batas Legalitas Didalam Dunia Peretasan (Limit Of Legality)

Mengapa repot-repot dengan semua omong kosong hukum ini? Jika kalian bukan tipe yang menghabiskan hidup kalian untuk melawan politik tanpa pamrih atau mulai melakukan demonstrasi untuk mengubah undang-undang yang ada, kalian memang harus mengikutinya. Lagi pula, pilihan apa yang kita miliki sekarang? Apakah hanya Penjara? Tentu saja dengan kalian tidak melakukan pergerakan, dan kalian tidak melawan sesuatu, maka menurut definisinya, kalian telah sepenuhnya mendukung kebijakan tersebut. Anyways, mari kita tinggalkan politik sejenak untuk pembahasan lain.

Ketika kalian telah sampai pada proses h4cking, tidak peduli di mana kalian tinggal, setelah kalian melakukannya berarti kalian telah berjalan pada suatu garis yang halus. Namun, sebelum hal lain kalian lakukan dan sebelum hukum menindak kalian, kalian juga harus menjaga diri sendiri dan memastikan bahwa kalian telah mengetahui kemungkinan konsekuensi dari melakukan kegiatan h4cking atau sesuatu yang berhubungan dengan jarak jauh melalui jaringan komputer dan internet. 


4 Pondasi Utama Sebelum Kalian Melakukan H4cking

1. Apakah Kalian Tahu Apa Yang Kalian Kerjakan ?

Apapun metode h4cking yang coba kalian untuk lakukan, tidak ada salahnya untuk mengetahui sedikit lebih dalam dari apa yang kalian butuhkan. Mungkin saja dengan kalian melakukan h4cking, kalian akan berakhir dengan menyelamatkan dan menyelesaikan banyak masalah. Untuk melakukan ini, kalian harus mengenali beberapa element penting seperti, ilmu jaringan komputer, Bahasa pemrograman, dan kalian juga harus mengenali dan memahami beberapa perangkat lunak pihak ketiga untuk menunjang aktivitas kalian.

Tapi kalian harus ingat, bahwa h4cking ini bukan merupakan ilmu pasti seperti ilmu matematika atau fisika. Didalam h4cking, akan ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menuju sesuatu yang tujuannya mungkin saja sama seperti apa yang orang lain inginkan.
Maka dari itu, besar kemungkinan didalam dunia hacking, kalian akan mudah terbawa arus, khususnya saat kalian mencoba sesuatu yang baru, untuk menyikapi hal ini kalian juga harus teliti dan waspada, jangan sampai kalian menjadi alat (zombie) dari pihak lain yang memanfaatkan celah kalian.

Baca Juga :

Dengan kalian mengetahui apa yang kalian kerjakan penuh dengan pertimbangan dan resiko, apakah kalian masih bersih kukuh untuk tetap belajar h4cking ? H4cking memang tidak selalu di arahkan ke arah yang negatif, namun saat ini hampir semua kalangan jika mendengar istilah h4cking dan h4cker, maka mindset mereka sudah tertuju pada tindakan kriminal .


2. Kenali Akibat Dari Apa Yang Kalian Lakukan ?

Poin kedua ini adalah perpanjangan dari poin sebelumnya. Sebelum melakukan h4ck apapun, kalian harus selalu mencoba memvisualisasikan setiap langkah yang kalian ketahui. Luangkan dan kerjakan apa yang ada di dalam pikiran kalian, hal apa semua yang perlu kalian lakukan dan apa sebenarnya hasil yang diharapkan. 

Dalam hal ini, kalian harus mencoba untuk menghindari atau tidak melibatkan orang lain, properti atau perangkat yang bukan milik kalian ketika belajar h4cking. Jika kalian berpegang pada apa yang kalian tahu, kalian harus selalu bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Itu hanya akan meninggalkan kesalahan ketik dan kesalahan asli. H4cking tidak terlalu berbahaya dan tidak dapat diprediksi jika kalian tahu apa yang kalian lakukan.


3. Ketahui Kapan Kalian Harus Berhenti

Jika semua aktivitas yang kalian lakukan diprediksi akan mengakibatkan atau menimbulkan sesuatu yang buruk terhadap diri kalian, maka untuk jalan terbaik kalian harus menghentikan project tersebut. 

Contoh kecilnya, dalam hal bisnis, sebuah Perusahaan akan menyewa perusahaan pengujian penetrasi untuk memeriksa keamanan jaringan mereka namun hampir selalu menginginkan mereka menjauh dari informasi pribadi dan rahasia, walaupun mereka memiliki akses. Jika seseorang bisa "menebak" password atau data pribadi seseorang, hal itu tidak memberi mereka hak untuk mengeksploitasi kemampuan mereka tanpa memperhatikan orang lain atau izin dari perusahaan terkait. Dengan setiap saat, kehidupan kita semakin terintegrasi dengan teknologi sehingga sangat penting untuk mengetahui kapan kita harus berhenti.


4. Kenali Hukum atau Tindak Pidana

Ketika kalian sudah melampaui batas aktivitas tanpa pengetahuan lebih, kemungkinan besar kalian sudah berada didalam zona hitam, yang artinya keamanan kalian sudah tidak aman lagi. Dengan demikian, jika kalian sudah berada di zona hitam, selanjutnya kalian akan langsung berhadapan dengan polisi dan hukum. Maka dari itu silahkan kalian kenali poin nomor 1,2 dan 3.


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment