Cara Lengkap Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Error Pada Bluestacks

komputerdia.com - Sebagai tahap lanjutan sebelum melangkah ke tahap pembuatan aplikaksi android dengan android studio, sebelumnya saya telah menjelaskan di artikel sebelumnya tentang bagaimana cara install emulator bluestacks yang berfungsi untuk menjalankan dan mencoba project aplikasi yang sedang kalian garap.

Namun setelah kalian menginstall aplikasi bluestacks, tak sedikit banyak diantara kita yang mengalami beberapa masalah error pada aplikasi bluestacknya. Dibawah ini adalah beberapa error pada bluestacks yang sering terjadi, dilengkapi dengan cara untuk memperbaikinya.

Baca Juga :

Cara Lengkap Mengatasi dan Memperbaiki Masalah Error Pada Bluestacks

Beberapa Error Bluestacks dan Cara Memperbaikinya


1. Error 25000

Masalah error yang satu ini, terjadi karena kesalahan pada driver Graphic Card (VGA) dikarenakan versinya tidak mendukung untuk menjalankan aplikasi Bluestacks. Hal ini paling sering terjadi bagi pengguna awal yang tidak memperhatikan syarat PC atau laptop yang harus dipakai untuk menjalankan aplikasi bluestacks ini. 

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara melakukan update atau upgrade graphics card yang sedang kalian gunakan saat ini ke versi terbarunya, adapun untuk yang menggunakan Laptop maka yang harus kalian lakukan adalah  menentukan pengaturan pada mode High Performance pada bagian power setting agar graphics card yang kalian miliki tersebut bisa bekerja dengan baik. Jika sudah dilakukan pengaturan seperti diatas, maka uninstall terlebih daulu bluestacks yang sebelumnya sudah terpasang, kemudian lakukan proses install ulang bluestacks.


2. Downloading Runtime Data Error

Masalah yang satu ini , terjadi karena ketika kalian meng-install Bluestacks pada sesi downloading runtime data ternyata tidak berjalan. Kesalahan ini bukan dari komputer kalian, tapi dari aplikasi Bluestacks yang berujung pada proses download runtime data tidak berjalan sebagaimana mestinya atau bisa dibilang proses install dan pengunduhan komponen tidak berjalan sampai selesai. Cara untuk menanggulanginya adalah dengan menghentikan proses installnya dengan segera dan ulangi mulai dari langkah awal lagi.


3. Error 1406

Error yang satu ini, kebanyakan jarang terjadi. Namun jika hal ini kalian alami, hal ini sudah dipastikan jika kaloian gagal menginput kode verifikasi saat melakukan penginstalan sehingga Bluestacks ini tidak bisa terpasang di komputer yang kalian miliki. Solusi untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan melakukan install ulang dan usahakan tidak ada lagi kesalahan ketik.


4. Resolusi Layar Tidak Sesuai Dengan Komputer / Laptop

masalah keempat ini, cukup banyak dikeluhkan oleh para pengguna aplikaksi bluestacks. Resolusi layar dari aplikasi bluestack ini, tak jarang ketika dijalankan posisi layarnya tidak mengikuti resolusi pada komputer atau laptop yang kita miliki.

Untuk mengatasi masalah ini, silahkan kalian ikuti langkah - langkah dibawah ini :
  • Pertama silahkan kalian tekan tombol atau logo windows + R pada keyboard kalian, kemudian ketikan perintah regedit dan tekan enter .
  • Langkah kedua, setelah masuk pada halaman regedit, silahkan kalian cari dengan ikuti langkah berikut ini : HKEY_LOCAL_MACHINESoftware → Bluestacks → Guest → Android → Framebuffer → 0 .
Cara Lengkap Menangani dan Memperbaiki Masalah Error Pada Bluestacks
  • Setelah folder "0" terbuka, silahkan kalian cari dua parameter untuk melakukan sebuah pengaturani, parameter tersebut  bertuliskan Window Height (untuk mengatur tinggi tampilan) dan Window Width (untuk lebarnya). Buka dulu salah satunya dengan cara klik 2 kali lalu atur angka di dalamnya yang merupakan ukuran yang nantinya diterapkan pada tampilannya.
Cara Lengkap Menangani dan Memperbaiki Masalah Error Pada Bluestacks
  • Untuk pengaturan maka ganti Base menjadi Decimal dan ganti Value Data (angka ukurannnya) sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan. Baik Window Height maupun Window Width dilakukan dengan cara yang sama seperti cara tersebut.
  • Jika semua pengaturan sudah kalian tentukang, silahkan tekan OK dan tutup halaman regedit tersebut
  • Lakukan proses restart pada komputer kalian dan silahkan coba kembali aplikasi bluestacknya


5. Masalah gagal Melakukan Install Bluestacks



Masalah yang sring terjadi berikutnya adalah masalah gagal ketika sedang melakukan penginstallan atau pemasangan aplikasi bluestacks pada perangkat komputer, dan jika kalian mengalami masalah dengan keterangan seperti dibawah ini :

hmmm…. It seems BlueStacks App Player couldn’t be installed on this computer. We’d love to fix the problem – can you help us? Search for the file: 

C:/User/window.AppData/Local/Temp/MSIA0907.LOG 
and email it to us at Support Thanks!

Masalah tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut dan perhatian cara memperbaikinya : 
  • Sebelumnya kalian pernah melakukan installasi bluestacks dengn versi yang berbeda
Cara Memperbaikinya adalah sebelum kalian mencoba melakukan installasi bluestacks usahakan folder bluestacks sebelumnya sudah terhapus semua pada perangkat komputer kalian, dan cara yang efektif untuk menghapus folder tersebut silahkan kalian ikuti cara berikut ini : Tekan ogo windows + R pada keyboard kalian, kemudian ketikan perintah regedit dan tekan enter .

setelah masuk pada halaman regedit, silahkan kalian cari dengan ikuti langkah berikut ini : HKEY_LOCAL_MACHINE → Software → dan hapus folder Bluestacks

  • Aplikasi NET Framework belum terpasang dikomputer kalian.
Solusi untuk mengatasi masalah ini, silahkan kalian download terlebih dahulu aplikasi Net Framework versi 3.5 keatas, bisa kalian download di halaman resmi microsoft atau kalian juga bisa mencari di beberapa sumber referensi lainnya . 

Setelah aplikasi net framework telah kalian download, silahkan kalian install aplikasi tersebut seperti biasanya, dan tunggu hingga proses selesai. Lama proses installasi Net Framework biasanya akan memakan waktu 3 sampai dengan 5 menit.

  • Kesalahan atau Error Dengan Keterangan Dock Conflict
Jika terjadi masalah pada Dock Conflict, itu artinya kalian memasang aplikasi dock seperti Rocket Dock, StarDock pada komputer kalian .

Baca Juga :

Jika yang kalian alami berada pada masalah "Dock Conflict", itu artinya kalian harus menghapus aplikasi dock yang terpasang pada komputer kalian. Aplikasi dock ini berfungsi untuk menghias halaman desktop komputer agar lebih menarik, aplikasi dock tersebut diantaranya adalah StarDock, RocketDock .


6. Mengatasi Masalah Error Install Zero Parameter

Jika yang kalian hadapi adalah masalah dengan keterangan "Failed to install bluestack. error: length cannot be less than zero. parameter name: length", maka kalian bisa mengikuti cara dibawah ini :
  • Gejala pertama biasanya diakibatkan ketika file installer menggunakan bagian dari nama file itu sendiri ketika akan melakukan eksekusi suatu file. Dengan kata sederhana, ini bisa dikatakan sebuah kesalahan runtime, dan Cara Mengatasi Masalah ini :Setiap kali kalian mendownload Bluestack, secara otomatis file akan diberi nama seperti bluestack_native, Bluestack2, BlueStacks4, dll. ( Berdasarkan versi dan sumbernya .)

    Cara yang paling sederhana untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara me-Rename atau mengganti nama file tersebut, misalnya menjadi BlueStacks_ThinInstaller.exe .
  • Bagi kalian yang mengalami Error Bluestack 0 , maka silahkan kalian lakukan hal seperti berikut ini : Tekan tombol “Windows key + R”. Kemudian ketikkan “Regedit” dan tekan enter. Dari pojok kiri klik “HKeyLocalMachine”. Buka dan cari “Software folder”. Di bawah folder “Software”, buka folder folder “Bluestacks”, kemudian hapus Folder 0
Cara Lengkap Menangani dan Memperbaiki Masalah Error Pada Bluestacks

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment