Mengenal dan Memahami Dasar Algoritma dan Struktur Data

komputerdia.com - Saat ini bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh banyak pihak, pasalnya sadar tidak sadar kita tengah berada didalam zona dimana manusia sedang dikuasai oleh canggihnya dan megahnya teknologi modern. Sehingga bagi sebagian pelaku usaha, sudah merupakan hal yang wajib untuk menguasai bahasa pemrograman, dengan tujuan agar dapat bersaing dan memenangkan persaingan dikancah usaha atau bisnis yang saat ini sudah hampir sepenuhnya menggunakan metode Online ketimbang dengan metode Offline.

Didalam bahasa pemrograman sendiri kita sering mendengar istilah Algoritma dan Struktur Data. Apa itu algoritma dan Struktur data ?
Didalam ilmu komputer dan ilmu matematika, Algoritma merupakan urutan atau langkah-langkah untuk melakukan perhitungan atau juga bisa digunakan dan diimplementasikan untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Baca Juga :

Mengenal dan Memahami Dasar Algoritma dan Struktur Data

Mengenal Lebih Dekat Dengan Algoritma

Sedangkan jika kita analogikan pengertian algoritma ini ke tingkat yang lebih spesifik, maka Algoritma bisa diartikan sebagai kumpulan langkah-langkah, yang dinyatakan dengan jelas dan tidak keliru, untuk mencapai suatu tujuan atau memecahkan masalah ,dalam rentang waktu tertentu. Algoritma di dunia nyata bisa mencakup bahasa apapun , Misalnya kita asumsikan algoritma ini kedalam kegiatan sehari-hari, Seperti ketika kalian ingin pergi sekolah ,kuliah atau kerja, dimulai dari bangun tidur , terus mandi , kemudian sarapan , lalu pergi dengan kendaraan , dalam perjalanan ,setelah itu kalian sampai tujuan. 

Didalam pemrograman komputer, hal yang paling penting untuk dipahami adalah bagaimana cara logika kita dalam mengolah pola pikir untuk menemukan suatu solusi, inovasi, bahkan untuk memecahkan suatu masalah pemrograman yang akan dibuat. Sebagai contoh, banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah.


Baca Juga :


Berikut ini saya gambarkan untuk contoh algoritma dalam perhitungan matematika yang mungkin pernah kita lewati ketika kita masih berada di bangku sekolah :

Algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 3x + 8, Maka algoritmanya adalah sebagai berikut:

Mulai
Tentukan nilai x
Hitung nilai y = 3x + 8
Cetak nilai x dan y
Selesai

Penyajian algoritma secara garis besarnya dapat dibagi dalam dua bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, C, C++, Java dan lain sebagainya, sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.

Sedangkan untuk algoritma yang disajikan dengan gambar adalah dengan flowchart. Flowcart adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau merupakan prosedur sistem secara logika. Flowcart digunakan untuk alat bantu komunikasi dan untuk membuat sebuah dokumentasi.


Mengenal Lebih Dekat Dengan Struktur Data

Secara sederhana Stukur data dapat diartikan sebagai suatu cara yang dilakukan atau dikerjakan dengan menggunakan bahasa pemrograman (programatically), untuk menyimpan dan mengorganisasi sebuah data ,agar dapat digunakan secara efesien, dan menjadi suatu bentuk yang kasat mata. 

Mengenal dan Memahami Dasar Algoritma dan Struktur Data
  
Namun jika kita jabarkan secara cukup terperinci, pengertian struktur data dibagi menjadi dua kata tersendiri yang masing - masing kata tersebut mempunyai tujuan, arah dan fungsi masing-masing.
Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara penyimpanan , pengorganisasian , dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien. 

Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data,baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) ataupunkolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. 

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment