Mengkaji Hacking Dari Sudut Sejarah Dan Makna Sebenarnya

komputerdia.com - Siapa Hacker itu? Dalam dunia jaringan komputer, h4ck!ng merupakan suatu upaya teknis yang dilakukan untuk memanipulasi perilaku normal dari sebuah koneksi jaringan dan sistem yang terhubung. Seorang h4cker adalah orang yang terlibat langsung didalam kegiatan peretasan ini. Istilah "h4cking" sendiri secara historis mengacu pada suatu pekerjaan teknis yang konstruktif dan cerdas serta tidak harus berhubungan dengan sistem komputer.

Namun saat ini, bagaimanapun juga istilah h4cking dan h4cker paling sering dikaitkan dengan  suatu tindakan atau serangan dari sebuah pemrograman jahat didalam Internet dan jaringan lainnya. Sehingga anggapa orang awam tentang dunia h4cking selalu dikaitkan dengan tindakan kriminalitas.

Baca Juga :

Mengkaji Hacking Dari Sudut Sejarah Dan Makna Sebenarnya

Sejarah Singkat atau Asal Usul H4cking

M.I.T. engineers di tahun 1950an dan 1960an mempopulerkan istilah dan konsep yang sekarang di kenal dengan istilah h4cking. Dimulai dari "the model train club" dan kemudian di ruang komputer mainframe, apa yang disebut dengan "hacks" ini, pada awalnya dimaksudkan sebagai suatu eksperimen teknis yang tidak berbahaya dan kegiatan belajar yang sangat menyenangkan. Kemudian, di luar M.I.T. banyak pihak lain yang mulai mencoba menerapkan istilah ini untuk pencarian sesuatu yang kurang baik. Sebelum Internet menjadi populer, misalnya seperti beberapa peretas di A.S. bereksperimen untuk memodifikasi saluran telepon, dengan tujuan agar bisa melakukan sebuah komunikasi jarak jauh tanpa kabel yang disalurkan melalui saluran yang illegal. 

Baca Juga 


Namun seiring dengan populernya jaringan komputer dan jaringan Internet, maka proses h4cking yang dilakukan oleh para h4cker pun mulai merambak kedunia tersebut seperti melakukan pencarian dan pencurian suatu data atau file penting yang bisa digunakan kembali, guna untuk kepentingan yang mereka butuhkan.


H4cking vs. Cr4cking

Cr4cking adalah suatu aktivitas penyerangan pada sebuah jaringan komputer yang secara teknisnya dikenal dengan serangan yang berbahaya. Karena aktivitas cr4cking ini pada dasarnya bertujuan untuk melakukan pencurian data atau file. Sementara itu H4cking merupakan suatu prilaku atau aktivitas yang masih mempunyai gagasan yang baik, dimana konsep dasarnya h4cking ini merupakan suatu tindakan pencarian, pengamanan dan perbaikan pada suatu jaringan sistem komputer .

Namun kenyataannya sebagian besar orang non-teknis gagal membuat perbedaan akan dua kegiatan ini. Di luar akademis, sangat umum melihat istilah "h4ck" selalu identik dengan prilaku penyalahgunaan  suatu akses.



Teknik H4cking Jaringan Umum

H4cking pada jaringan komputer sering dilakukan melalui sebuah script atau pemrograman jaringan lainnya yang nantinya akan dapat berjalan pada suatu aplikasi berbasis web. Program ini umumnya dapat bekerja untuk memanipulasi data yang melewati koneksi jaringan komputer tersebut dengan cara yang dirancang untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang bagaimana sistem target bekerja. Banyak script pra-paket seperti itu diposkan di Internet untuk siapa saja, biasanya seorang h4cker tingkat pemulalah yang sering menggunakan teknik ini.

Sementara itu, untuk Peretas dengan tinngkat lanjutan (pro), biasanya mereka dapat mempelajari dan memodifikasi skrip tersebut, guna untuk melakukan suatu perkembangan ke metode yang lebih baru. Beberapa h4cker biasanya terampil bekerja untuk perusahaan komersial dengan pekerjaan sebagai seseorang yang mempunyai tugas untuk melindungi perangkat lunak dan data perusahaan dari aktivitas peretasan yang datang dari pihak  luar. 

Baca Juga


Sementara itu untuk tingkat serangan cr4cking pada suatu jaringan komputer biasanya akan berbentuk sebuah worm, atau bahkan melakukan serangan denial of service (DoS), serta biasanya mereka yang bergerak pada aktivitas cr4cking akan membentuk suatu remote jaringan yang tidak sah.


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment