Pembukaan Praktik H4cking Dengan Pembuatan Virus File Batch

komputerdia.com - Let the game begin , Dalam beberapa tutorial berikut, kita akan belajar tentang virus batch file. Dalam kasus ini akan melihat berbagai teknik untuk menurunkan daya kerja sistem komputer dengan menggunakan skrip kecil dan sederhana. Bahkan jika kalian sama sekali tidak memiliki latar belakang dalam pemrograman pun, kalian akan merasa sangat mudah untuk mengikuti langkah - langkah dibawah ini.

Saya sarankan jika kalian menggunakan mesin virtual, seperti yang saya bahas sebelumnya kalian bisa menjalankan OS Windows. Tutorial ini cukup aman, tetapi untuk tahapan  berikutnya kita akan mulai membangun virus. 

Virus pertama yang akan kita buat disini berfungsi untuk membebani memori komputer. Artinya, komputer akan kehabisan RAM dan kemungkinan akan membeku (hang) dan mati. Meskipun hal ini tidak mungkin menyebabkan kerusakan yang permanen. Namun didalam kenyataannya cara sederhana bisa menjadi suatu masalah kecil yang cukup merepotkan pengguna komputer.

Baca Juga :

Pembukaan Praktik H4cking Dengan Pembuatan Virus File Batch


Apa itu file batch?

File batch adalah nama yang diberikan pada jenis file skrip, sebuah file teks yang berisi serangkaian perintah yang akan dieksekusi oleh command interpreter. File batch memiliki ekstensi .bat atau bisa juga dengan ekstensi .cmd. Mereka dapat dengan mudah dibuat menggunakan editor teks seperti notepad atau Notepad++.

Sekarang mari kita lihat beberapa perintah ini.
echo Hello World
Perintah echo pada teks diatas digunakan untuk mencetak sebuah pesan, dalam hal ini saya menuliskan sebuah pesan  "Hello World", kemudian akan disimpan sebagai something.bat. Sekarang buka dan jendela perintahpun akan muncul, namun kalian akan melihat bahwa itu akan terbuka beberapa detik saja dan akan menutup sebelum kalian mendapatkan kesempatan untuk melihat hasilnya. Untuk mengatasi masalah tersebut mari kita memperbaikinya.
echo Hello World
pause
Perintah pause diatas akan menghentikan beberapa saat ketika eksekusi file batch sedang dilakukan , jika kalian akan mengeluarkan jendela tersebut kalian hanya perlu menekan sembarang tombol pada keyboard. Selanjutnya silahkan kalian perhatian file Output berikut ini :
C:\Users\komputerdia\Desktop>echo Hello World
Hello World

C:\Users\komputerdia\Desktop>pause
Press any key to continue . . .
C: \ Users \ komputerdia \ Desktop adalah tempat dimana saya menyimpan eksekusi yang terjadi. Dalam kasus ini, saya telah menyimpan file batch di bagian desktop. File batch tampaknya mencetak perintah sebelum menjalankannya. Hal ini akan terjadi ketika kalian pertama kali mencetak echo Hello World lalu benar-benar mengeksekusinya untuk output Hello World. Sekarang mari kita lihat apakah kita bisa membersihkan output tersebut .
@echo off
echo Hello World
pause
Dan berikut ini adalah hasil outputnya
Hello World
Press any key to continue . . .
Bisa dikatakan jauh lebih baik jika kalian menggunakan perintah yang satu ini, dimana @echo off digunakan untuk menghentikan perintah agar tidak dicetak dan hanya menyisakan output dari perintah tersebut. Sekarang mari kita tambahkan sedikit perilaku dinamis.
@echo off
set a=komputerdia
echo Hello %a%
pause
Perintah set digunakan untuk mendefinisikan variabel yang dapat menyimpan nilai yang berbeda, dalam hal ini string yang saya gunakan adalah "komputerdia". Nama variabel yang dilampirkan dalam kode %% adalah bagaimana kalian mengakses nilai yang tersimpan dalam variabel. Sekarang silahkan kalian jalankan file di atas dan kalian harus melihatnya, maka output yang dihasilkan kurang lebihnya akan menjadi seperti dibawah ini :
Hello komputerdia
Press any key to continue . . .
Untuk menghasilkan penyusunan kode yang sempurna, kalian harus hati-hati di sini, perintah set cukup peka tentang penggunaan spasi:
  • Set a = komputerdia berarti a memiliki nilai 'komputerdia'
  • Set a = komputerdia (dengan spasi setelah =) berarti 'a' memiliki nilai 'Xeus' (dengan spasi di depannya) dan
  • Set a = komputerdia (dengan spasi sebelum =) berarti bahwa variabel tidak didefinisikan sebagai a (a 'a' diikuti oleh spasi).

Beberapa perintah datang dengan pengubah yang sedikit mengubah tingkah lakunya, seperti pada contoh dibawah ini 
@echo off
set /a a=5
set /a b=10
set /a c=%a% + %b%
echo %c%
pause
Di set / a, bagian / a adalah memberitahukan bahwa ia harus memperlakukan nilai variabel sebagai sebuah angka, yang memungkinkan kalian untuk melakukan operasi matematika di dalamnya.
@echo off
set /p a=Enter your name: 
echo Hello %a%
pause
Pengubah / p memberitahukan suatu perintah yang ditetapkan bahwa ia harus memasukkan beberapa masukan dari pengguna dan akan menyimpannya di variabel a, dalam hal ini saya akan memasukan perintah untuk memasukkan nama pengguna komputer. Saat kalian menjalankan file batch tersebut, kalian akan diminta memasukkan sesuatu, yaitu username atau nama kalian. Outputnya seperti:
Enter your name: Kopi Hitam Basi
Hello Kopi Hitam Basi
Press any key to continue . . .

Contoh Batch Files

Itu cukup mudah, sekarang mari kita lihat beberapa file batch yang mungkin berguna dan kemudian kita akan pergi dan membuat beberapa virus. Dalam kasus ini saya akan membuat suatu kode atau script dengan jenis Pinger .
@echo off
title Pinger
set /p target=Enter IP address or URL: 
ping %target% -t
pause
Maka output yang akan dihasilkanpun akan terlihat seperti dibawah ini
Enter IP address or URL: google.com

Pinging google.com [216.58.220.206] with 32 bytes of data:
Reply from 216.58.220.206: bytes=32 time=26ms TTL=57
Reply from 216.58.220.206: bytes=32 time=25ms TTL=57
Reply from 216.58.220.206: bytes=32 time=27ms TTL=57
Reply from 216.58.220.206: bytes=32 time=25ms TTL=57
Reply from 216.58.220.206: bytes=32 time=26ms TTL=57

Untuk contoh yang script yang kedua, disini saya akan mencoba membuat wktu untuk mematikan komputer (shutdown), dalam kasus ini File batch akan menjadwalkan shutdown setelah waktu yang kalian tentukan. 
@echo off
title Shutdown Input
set /p mins=Enter number of minutes to wait until shutdown:
set /a mins=%mins%*60
shutdown -s -t %mins%
Contoh diatas hanyalah sekilas dari banyaknya jenis file batch yang bisa kalian buat. Hampir semua apapun yang dilakukan sistem operasi kalian dapat dilakukan melalui file batch, bahkan kalian dapat menggunakannya untuk mengotomatisasi tugas yang berulang dan kemungkinan besar akan membuat jengah para korban kalian. Batas dari seni ini hanya imajinasi kalian sendiri.

Salah satu kegunaan imajinatif ini adalah menciptakan virus batch file dan hanya itulah yang akan kita pelajari sekarang.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment