Penjelasan TOR Browser dan Alasan Kenapa Harus TOR Browser ?

komputerdia.com - Secara umum penjelasan atau pengertian TOR Browser bisa dikatakan sebagai peramban web seperti Mozilla, Chrome maupun opera yang digunakan untuk mencari suatu informasi didunia internet. Namun jika dilihat dari segi funsionalnya TOR bukan sembarangan browser, Tor Browser adalah aplikasi / perangkat lunak gratis serta memiliki lisensi opensource, yang bisa membantu melindungi kalian dari serangan spy (mata-mata) agar terhindar dari pencatatan serta pencurian data ketika sedang melakukan aktivitas browsing, dimana data tersebut bisa meliputi, kebebasan pribadi dan privasi, kegiatan bisnis rahasia dan hubungan, serta keamanan negara yang dikenal sebagai analisis lalu lintas.

Tor Browser pada awalnya dirancang dan disebarluaskan sebagai proyek "bawang" generasi ketiga routing dari US Naval Research Laboratory. Perlu kalian ketahui juga, bahwasannya pembuatan aplikasi ini dikembangkan untuk melengkapi peralatan elektronik Angkatan Laut Amerika Serikat, dengan tujuan utama untuk melindungi komunikasi pemerintah.

Didalam pengertian lainnya, TOR Browser juga bisa diartikan sebagai sebuah jaringan terowongan virtual yang memungkinkan orang atau sebuah kelompok untuk meningkatkan privasi mereka dan keamanan didunia Internet. Hal ini juga memungkinkan pengembang software untuk menciptakan alat komunikasi baru dengan built-in fitur privasi. 

Tidak hanya itu, Tor juga menyediakan dasar untuk berbagai aplikasi yang memungkinkan organisasi dan individu untuk berbagi informasi melalui jaringan publik tanpa mengorbankan privasi mereka, jadi dengan fitur ini kalian dapat melakukan aktivitas berselancar didunia maya tanpa harus takut terbongkar identitas asli kalian.

Baca Juga :

Penjelasan TOR Browser dan Alasan Kenapa Harus TOR Browser ?

4 Jargon TOR Browser


Dengan menggunakan TOR Browser, kalian bisa dengan leluasa membuka sebuah halaman atau situs yang notabennya memang tidak tampil di search engine "normal" atau bahkan situs yang sifatnya memang dilarang tampil diberbagai search engine karena telah melanggar suatu kode etik.

Nah, Sudah saatnya kita bicara tentang TOR (The Onion Routing Project) secara lebih mendetail, TOR yang merupakan jaringan anonimisasi aman dengan tujuan untuk menawarkan dan memberikan keamanan privasi serta perlindungan yang maksimal kepada siapa saja yang membutuhkannya dengan alasan apa pun.

Sebelum melangkah lebih jauh, pertama-tama kita harus mengenali dan memahami penjelasan sebuah "jargon" yang diusung oleh TOR Browser ini. Dibawah adalah beberapa poin yang kiranya bisa kalian pahami secara baik

1. Clearnet

Clearnet mengacu pada internet dengan basic non-Tor yang tidak terenkripsi dan tidak memberikan keamanan secara lebih. Inilah yang orang anggap sebagai 'normal' internet sebagai acuan standard dari dunia world wide web tradisional. 

Di mode clearnet, setiap situs yang kalian kunjungi akan mengetahui alamat IP kalian dan kalian akan mencapai situs web tersebut di tempat pertama dengan menggunakan alamat IP (URL) tersebut. Hal ini menandakan jalur yang transparan, maka disebutlah dengan istilah clearnet. Misalnya: Google.com, Facebook.com, Twitter.com dll semuanya ada di clearnet.


2. Permukaan Web (Surface Web)

Poin kedua ini, bisa dikatakan hampir sama dengan clearnet, namun mempunyai satu perbedaan utama. Dalam mode ini, Search Engine dapat mengindeks semua Surface Web namun tidak semua fitur dapat diaksesnya, seperti pada mode Clearnet. 


3. Deep Web

Kebalikan dari Surface Web. Bit internet (Tor dan non-Tor) yang tidak dapat diindeks oleh mesin pencari secara kolektif disebut Deep Web, dan dengan adanya fitur ini kalian dapat mengakses website atau situs yang pada search engine normal (semestinya) tidak dapat di akses.


4. Darknet

Darknet adalah bagian dari sisi dunia internet yang hanya bisa diakses dengan menggunakan bantuan software khusus, darknet berisi jaringan anonim seperti Tor, freenet dan i2p, serta aringan peer-to-peer swasta (katakanlah, koneksi langsung dari komputer kalian ke teman kalian), hal ini juga bisa disebut Darknet.

dari keempat "jargon" diatas dapat di simpulkan secara singkat, bahwa Tor bekerja dengan  cara 'memantulkan' hubungan kalian di seluruh dunia melalui relay Tor. Setiap relay hanya mengetahui dua hal, yakni: 
  • Relay sebelumnya yang berisi paket data dan relay berikutnya yang harus diteruskan. 
  • Karena tidak ada Relay tunggal yang bisa mengetahui tujuan akhir dan sumber aslinya, maka koneksi kalian akan bersifat pribadi.
Kedengarannya agak seperti proxy atau VPN. Jadi mengapa tidak proxy atau VPN ? Mengapa kita membutuhkan Tor?

Proxy servers dan Virtual Private Networks bertindak sebagai pihak ketiga yang menjadi perantara dimana kita bisa mengakses sebuah halaman yang "dilarang". Namun dengan kalian menggunakan VPN atau Proxy, percaya atau tidak bahwa penyedia layanan tersebut masih memberikan sedikit informasi kepada tujuan akhrnya, misalnya akan diberikannya informasi kepada penyedia layanan seperti google.com dsb. Namun ketika kalian menggunakan TOR, maka kalian dapat mengunjungi situs web tersebut tanpa mengungkapkan identitas kalian (alamat IP dan lokasi).


Alasan Kenapa Harus Menggunakan TOR Browser ?

  1. Alasan pertama yang bisa kalian pahami memang cukup sederhana, pasalnya TOR lebih teliti dan bisa memberikan tingkat keamanan yang lebih kepada para penggunanya. 
  2. Tor digunakan oleh banyak orang, dengan menggunakan TOR kalian bisa menghilangkan identitas kalian didunia maya, tanpa harus takut terbongkar.
  3. Aplikasi dibandrol dengan free (gratis) dan mempunyao lisensi open source
  4. Tidak memerlukan VPN, Jika kalian menggunakan VPN tentunya kalian harus menggunakan VPN yang berbayar, karena jika kalian menggunakan VPN Free, kalian sama saja memberikan informasi kalian pada penyedia layanan tersebut, dan terkadang penyedia layanan tersebut masih memberikan sedikit informasi kalian kepada pihak lainnya yang bersangkutan. Contohnya seperti Google.com, Facebook.com atau situs lainnya.
  5. Para pakar keamanan jaringan komputer diklaim menggunakan aplikasi ini, salah satunya seperti Edward Snowden .
  6. Tor dapat mencegah agar situs web tidak melacaknya, atau terhubung ke situs berita, layanan pesan cepat, atau sejenisnya saat diblokir oleh penyedia internet atau rezim yang menindas.
  7. Layanan tersembunyi Tor membiarkan pengguna mempublikasikan situs web dan layanan lainnya tanpa perlu mengungkapkan lokasi situs. 
  8. Dengan TOR kalian juga bisa melakukan hubungan komunikasi yang sensitif secara sosial.
  9. Instansi pemerintah menggunakan Tor untuk mengumpulkan intelijen. Instansi penegak hukum menggunakan Tor untuk mengunjungi atau memeriksa situs web tanpa meninggalkan alamat IP pemerintah di log lalu lintas mereka, dan untuk komunikasi yang aman selama operasi penyengatan.


Keuntungan dan Kerugian Menggunakan TOR

A. Keuntungan Menggunakan TOR
  • Menjaga data kalian didunia internet dan menjaga data transaksi seperti situs e-commerce yang mungkin bersifat rahasia.
  • Melindungi user dari segala bentuk pengintaian aktivitas ketika melakukan aktivitas browsing, seperti penyimpanan Log atau bahkan Spy
  • Menjelajah dunia maya secara tersembunyi tanpa diketahui identitas (Anonymous) meski tidak sepenuhnya.
  • Tersedia banyak IP Proxy yang bisa kalian gunakan untuk melakukan aktivitas browsing, entah itu dari tipe transparent proxy, elite atau bahkan anonymous.
  • Kecepatan dan akselerasi dari IP yang diberikan, sehingga kalian akan lebih nyaman menggunakan TOR.
  • Terdapatnya Auto Blocked Ads
  • Dengan TOR juga kalian masih bisa membuka situs-situs resmi seperti google, facebook, instagram, dan lain-lain.

B. Kerugian Menggunakan TOR
  • IP Free Proxy tidak akan selamanya memberikan sebuah kecepatan koneksi yang terus stabil, adakalanya kecepatan tersebut akan menurun secara tiba-tiba. 
  • Jika diperlukan, kalian harus cekatan untuk mengganti IP Proxy agar koneksi kalian selalu on-fire.

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment