11 Cara Terbaik Menulis Artikel Seo Friendly Untuk Blog

komputerdia.com - Apakah kalian pernah membaca artikel serupa yang pernah saya tulis sebelumnya ? Jika memang kalian sudah pernah membacanya, lalau apa tujuannya saya menulis artikel dengan pembahasan yang sama lagi ? Jawabannya simpel, blogging adalah ilmu yang tidak pasti, sudah seharusnya kita "keep update" ke suatu cara yang lebih relevan dan mempunyai sifat Power Full .

Rekomendasi artikel lain yang bisa kalian baca, antara lain :

11 Cara Terbaik Menulis Artikel Seo Friendly Untuk Blog

Membuat Artikel Seo Friendly


1. Masukan Keyword Dalam Penulisan Judul

Hal pertama ini busa dikatakan hukumnya "wajib" bagi kalian yang menginginkan artikel tersebut bisa bersaing di google serp, karena pada dasarnya judul merupakan elemen pertama yang akan di crawl atau di rayap oleh mesin pencari (search engine).

Jika kalian tidak memasukkan keyword pada judul artikel kalian, hal ini tentu sudah menjadi bumerang buat kalian. Karena jika sampai demikian, itu artinya kalian membiarkan google untuk menebak secara asal tema postingan atau artikel yang kalian buat tersebut. 

Perlu kalian garis bawahi, bahwa peletakkan keyword yang baik adalah berada diawal kalimat atau setelah satu sampai dua kata pembuka, misalnya keyword kalian "install windows 7" maka judul potensial yang bisa kalian buat adalah "Cara Mudah Install Windows 7 Lengkap Dengan Gambar" .

Dalam masalah pembuatan judul, meskipun kalian membuat dengan metode Long Tail Keyword. Kalian harus bisa memperhatikan jumlah suku kata pada pembuatan judul tersebut, dan jumlah suku kata yang baik dalam pembuatan judul artikel adalah kurang dari 71 karakter .

Sebagai bahan pertimbangan, kalian juga bisa membaca alternatif cara menulis artikel seo friendly di 13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari .


2. Pengalaman Pengguna (User Experience)

Apa yang dimaksud dengan User Experience itu? Dalam menjelaskan hal ini, saya akan mengambil garis besarnya saja, User Experience bisa diartikan sebagai sebuah tindakan atau  respon dari para pengunjung blog dalam menjelajahi blog yang kalian miliki. 

Istilah "menjelajahi blog" disini bisa didefinisikan sebagai tingkah laku yang dilakukan oleh para pengunjung blog, seperti :
  • Berapa lama mereka membaca sebuah artikel
  • Respon terhadap artikel yang dibaca
  • Berapa banyak halaman yang mereka buka
  • Bagian-bagian web mana yang mereka klik
  • Berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk "stay" diblog tersebut
  • Dll

Untuk menyikapi hal tersebut, bisa kita ambil kesimpulan, bahwa semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka semakin berkualitas juga isi dari web tersebut. Meski masalah ini masih menjadi suatu perdebatan, tetapi sudah banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melakukan pelacakan di hampir seluruh aktivitas browsing yang kita lakukan, meskipun tanpa menggunakan properti yang direkomendasikan mereka seperti Google analytic, Google toolbar maupun Google chrome.

Jadi dengan demikian, meskipun banyak usaha yang kalian lakukan untuk membuat suatu konten yangs seo friendly, jika kalian melupakan pengalaman pengunjung, maka nilai yang kalian dapatkan adalah Nol Besar. Satu hal yang harus kalian tahu, dalam hal ini kalian juga jangan terlalu memfokuskan diri untuk selalu update masalah User Experience setiap harinya, tetapi alangkah lebih baiknya jika kalian melakukan pengoptimalan masalah "User Experinece" ketika kalian pertama kali merancang dan membangun blog tersebut, karena faktor lain yang mendukung pengalaman pengguna diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Desain atau tampilan blog yang professional
  • Pembuatan Navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung
  • Ukuran dan jenis tulisan yang mudah dibaca oleh para pengunjung
  • Kurangi kesalahan ejaan (typo) dalam pembuatan artikel
  • Lakukan Interaksi yang baik melalui sebuah komentar, diskusi, share, dll
  • Fast Loading atau Kecepatan loading blog
  • Tampilan blog yang responsive
  • Tampilan blog yang user friendly dan seo friendly
  • dsb.


3. Tulis Artikel  Cukup Panjang dan Jelas

Poin ketiga ini bisa dikatakan benar, bisa juga dikatakan salah. Pasalnya sudah banyak sekali para pemain blogger yang mematahkan mitor poin ketiga ini, banyak para blogger yang sukses menaikkan popularitas blog mereka hanya dengan konten seadanya yang ditaksir jumlah suku kata mereka hanya mencapai 300 sampai dengan 500 suku kata saja.

Jika kita menilik pada sebuah analisa yang dilakukan Backlinko.com terhadap Satu Juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah sebanyak 1.890 kata .

Dalam menanggapi masalah ini saya berkesimpulan, jika kalian mampu membuat artikel dengan jumlah suku kata yang panjang dan tetap memperhatikan faktor User Experience, hal ini tentu akan jauh lebih bagus. Perlu kalian perhatikan,  Jangan menambahkan suatu kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk  mengejar jumlah kata agar artikel kalian menjadi panjang. Justru hal inilah yang akan menjadi kendala buat kalian, untuk mengatasi hal ini sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang kalian bahas bisa lebih luas dan lengkap

Tetapi jika kalian tidak mampu membuat hal seperti itu, dan kalian hanya membuat konten artikel kalian hanya memutar ulang kata saja. sebaiknya kalian kalian buat artikel singkat dengan jumlah suku kata antara 500 sampai dengan 700 kata, namun dengan penjelasan yang sangat jelas dan lugas.

Contoh kecilnya seperti artikel yang saya buat, terkadang saya membuat artikel dengan jumlah kata yang minim, kadang juga saya membuat artikel dengan jumlah kata yang sangat panjang. Tentunya faktor ini dilatar belakangi oleh topik yang saya bahas.

Jika kalian  sudah mengerjakan hal ini sesuai dengan prosedur, tentunya kalian tidak usah memikirkan hal yang semestinya tidak perlu kalian pikirkan, biarkan saja pihak google yang menilai kualitas blog dan isi artikel kita. Jika kalian masuk kedalam kategori yang dimaksud, google pun dengan sendirinya akan memberikan reward untuk kalian, atas apa yang telah kalian berikan kepada pengunjung, seperti faktor pengalaman pengunjung dan kualitas artikel.

Seperti yang akhir minggu ini saya dapatkan, dengan kondisi umur blog masih 8 Bulan, data rata PV 13K /Hari dan Jumlah Visitor sekitar 7K /Hari, alhamdulillah saya sudah mendapatkan reward program baru dari adsense, dan isi email tersebut adalah sebagai berikut :

11 Cara Terbaik Menulis Artikel Seo Friendly Untuk Blog
11 Cara Terbaik Menulis Artikel Seo Friendly Untuk Blog

4. Gunakan Judul Yang Menarik dan Mengundang Klik

Poin selanjutnya untuk membuat artikel yang seo friendly, kalian harus bisa membuat judul artikel yang menarik dan bisa mengundang klik. Artinya disini silahkan kalian buat judul artikel yang menurut kalian bisa menjadikan artikel tersebut viral, namun tidak melupakan isi artikelnya.

Contoh kecilnya, saya akan membuat artikel tentang penulisan artikel yang baik, maka disini saya bisa saja menggunakan judul artikel "Cara paling mudah untuk membuat artikel viral dan seo friendly" Namun didalam isi artikelnya juga, usahakan kalian harus membahas poin-poin penting tentang bagaimana cara membuat artikel tersebut, dan usahakan juga pembahasan artikel kalian dibuat dengan jelas dan dengan struktur bahasa yang menarik, sehingga para pengunjug bisa nyaman dan lupa dengan judul yang kalian berikan.

Kok, biar pengunjung lupa dengan judul? Ya, ini merupakan suatu kepastian yang harus didapat. Masalahnya tidak semua pelaku bisa menjadikan artikel yang mereka buat bisa se-Viral dalam pembahasan artikel tersebut, hal ini tergantung bagaimana cara kita share, cara kita mengundang dan mengajak pengunjung dll.


5. Masukan dan Buat Internal Link

Internal link disini merupakan sebuah tautan atau artikel terkait yang terhubung dengan tulisan artikel kalian yang lainnya dan masih berada didalam ruang lingkup blog tersebut, hal ini juga merupakan salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat artikel kalian menjadi lebih baik, pasalnya dengan kalian mencantumkan internal link, tentunya pengunjung kalian akan sangat dengan mudah bisa melakukan eksploring didalam situs kalian.


6. Membuat Eksternal Link ke Situs Dengan Page Authority Yang Relevan

Banyak spekulasi tentang hal ini, karena sudah banyak yang mengatakan jika pada situs kita tedapat beberapa eksternal link yang menuju situs lain, maka situs kita akan mendapatkan dampak yang kurang baik.

Hal itu memang benar adanya, jikalau kalian memasukan link eksternal ke situs lain dan situs tersebut mempunyai reputasi yang kurang bagus maka situs kalian juga akan ikut "amblas". Namun jika link eksternal yang kalian buat menuju situs yang mempunyai predikat baik dan sudah mempunyai nama besar maka situs kalian pun akan ikut melejit dengan sendirinya, sebab situs yang sudah populer merupakan situs langganan pada search engine dan paling penting google juga menyukai hal tersebut.


7. Gunakan Elemen Tag H1, H2 dan H3

Ketiga tag H tersebut, merupakan faktor yang sangat krusial didalam dunia blogging, karena dengan adanya tag tersebut, situs atau artikel kalian bisa cepat dilakukan pengindeksan oleh mesin pencari (Search engine) untuk pembahasan masalah Tag H1, H2 dan H3, bisa kalian baca disini .


8. Maksimalkan Pembuatan URL

Dalam pembuatan url artikel usahakan kalian membuat tautan tersebut pada menu Tautan Permanen Khusus, sebab jika kalian Membuat alamat URL pada menu Tautan Permanen Otomatis kalian tidak bisa menyesuaikan alamat URL tersebut.

Misalnya, jika kalian membuat artikel dengan judul "Panduan cara membuat blogger terbaru dilengkapi dengan gambar" maka jika kalian menggunakan Tautam permanen otomatis, url artikel kalian paling tidak akan menjadi seperti ini http://www.domain-kalian.com/2017/07/panduan-cara-membuat-blogger-terbaru-dilengkapi.html , dan url otomatis tersebut tentunya tidak termasuk kedalam url yang baik.

Tetapi jika kalian menggunakan Tautan Permanen Khusus, maka url artikel kalian bisa kalian sesuaikan sendiri, misalnya kalian akan merubah url kalian dengan judul seperti diatas, bisa menjadi seperti ini http://www.domain-kalian.com/2017/07/cara-membuat-blog-dengan-blogger-terbaru.html, tentunya cara kedua ini lebih simpel bukan ?

11 Cara Terbaik Menulis Artikel Seo Friendly Untuk Blog


9. Maksimalkan Penggunaan Gambar

Dalam opsi ini, banyak sekali yang mengatakan bahwa jika kita mengambil gambar di google akan terkena sebuah klaim hak cipta? argumen itu memang benar adanya, karena gambar juga merupakan suatu konten ber-hak cipta. Banyak yang menyarankan jika kita ingin menggunakan gambar yang free, kita bisa menggunakan layanan gratis dari situs Pixabay.

Namun setelah saya perdalam, mengambil gambar di google pun juga tidak akan menjadi masalah dan tidak akan kena hak cipta, dengan syarat kalian harus menjalankan beberapa poin dibawah ini :
  • Gambar yang kalian ambil di google tersebut harus di edit terlebih dahulu untuk mengurangi resiko terkena ha cipta
  • Jika kalian menguasai photoshop, corel draw atau aplikasi editing yang lainnya, kalian bisa menggunakan software tersebut untuk mengedit gambar, dan kalian bisa menggabungkan beberapa gambar yang berkaitan sehingga menjadi satu, salah satu contohnya adalah gambar yang saya buat untuk cover artikel ini
  • Jika kalian tidak merasa ribet, usahakan menggunakan sebuah watermark dari logo blog kalian sendiri ( buat gambar sedikit transparan)
  • Silahkan kalian simpan gambar tersebut dengan menggunakan huruf acak yang dicampur dengan simbol dan angka. contohnya iugbg%TFVh7644FGR#$ghj.png .
  • Untuk masalah format gambar yang harus kalian gunakan, alangkah baiknya gunakanlah format png .
  • Jika kalian bisa membuat gambar sendiri, mungkin hal ini bisa menjadi opsi yang sangat baik untuk kalian gunakan
Selain poin - poin diatas, usahakan juga kalian harus meminimalisir banyaknya gambar yang kalian gunakan didalam suatu artikel, gunakanlah gambar secukupnya dengan kapasitas atau ukuran gambar yang tidak terlalu besar.
Gambar didalam artikel juga harus kalian kasih tag deskripsi atau keterangan, dengan cara klik gambar tersebut kemudian kaian pilih menu properties , dan pada properties itu silahkan kalian isi dengan judul artikel yang kalian buat, untuk contohnya silahkan kalian simak gambar dibawah ini :

11 Cara Terbaik Menulis Artikel Seo Friendly Untuk Blog

10. Tambahkan Media Pendukung

Untuk menambah kualitas artikel, kalian juga bisa menambahkan faktor pendukung lainnya seperti Video, tabel, chart, infographics ataupun maps, jika memang hal ini perlu kalian tambahkan untuk membuat artikel kalian kaya dengan informasi dan kaya dengan visualisasi, dengan kalian menambah elemen ini tentunya menjadi poin Plus bagi para pengunjung kalian.


11. Tambahan.

Jika informasi ini, kalian rasa belum cukup untuk membuat kalian memahami hal ini, ada baiknya kalian bisa meluangkan untuk membaca informasi tambahannya pada artikel ini .

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

3 Responses to "11 Cara Terbaik Menulis Artikel Seo Friendly Untuk Blog"

  1. thanks gan, keep update
    artikel yang sangat Menarik untuk dibaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa bermanfaat mas, insya allah saya akan update terus

      Delete
  2. Jos min, pembahasan yang menarik. Salam

    ReplyDelete