Mengenal dan Memahami Lebih Jauh Struktur Serta Menu Di Blogger

komputerdia.com - Setelah kalian membuat akun blogger, langkah dasar selanjutnya yang perlu kalian perlajari adalah mengenal dan memahami struktur serta menu-menu yang terdapat pada blogger. Dengan memahami menu-menu tersebut, tentunya akan memudahkan kalian untuk menguasai apa yang sebenarnya harus kalian pahami betul didalam dunia blogging tersebut.

Bagi kalian yang belum membaca artikel sebelumnya, kalian dapat membacanya pada artikel terkait dibawah ini.

Baca Juga :

Mengenal dan Memahami Lebih Jauh Struktur Serta Menu Di Blogger

Memahami Menu-Menu Pada Blogger

Dalam pembahasan dibawah ini, saya akan membagikan beberapa bagian pada penjelasan secara umum dan spesifik, tujuan dibuatkannya metode seperti ini, saya sendiri berharap kalian dapat memahami menu-menu yang terdapat pada blogger ini secara detail.

A. Penjelasan Secara Umum 


Mengenal dan Memahami Lebih Jauh Struktur Serta Menu Di Blogger
Uraian ilustrasi gambar diatas, bisa kalian pahami pada penjelasan dibawah ini :
  1. Komputerdia, Tulisan komputerdia merupakan nama atau judul blog yang kalian miliki
  2. Lihat Blog, Menu ini merupakan link yang jika kalian klik, kalian akan diarahkan pada halaman interface atau tampilan utama (beranda) blog kalian.
  3. Pos, Menu ini berfungsi sebagai tempat dimana kalian dapat melihat daftar atau rangkaian artikel yang kalian miliki pada blog tersebut.
  4. Statistik, Merupakan halaman pengontrol, dimana dengan adanya halaman statistik ini kalian dapat melihat data Pengunjung (visitors), Page Views (Halaman Dilihat), Melihat daftar negara yang sering mengunjungi blog kalian, serta melihat laporan-laporan lainnya mengenai perkembangan blog kalian.
  5. Komentar, Halaman ini merupakan ruang kontrol yang bisa kalian gunakan untuk memilah dan memilih komentar dari para pengunjung blog
  6. Kampanye, Merupakan halaman yang disarankan google untuk kalian, yang ingin memasang iklan atau mengkampanyekan blog kalian dengan menggunakan metode periklanan dari google (halaman ini merupakan halaman premium) .
  7. Laman, Menu ini sering juga disebut dengan halaman statis. Fungsi utama dari menu ini adalah untuk membuat suatu konten yang hanya dapat diakses pada halaman tertentu dan halaman ini tidak akan tampil pada bagian beranda situs kalian. Menu ini biasanya digunakan untuk tempat SiteMap, Disclaimer, Privacy Policy, dan yang lainnya .
  8. Tata Letak, Halaman ini merupakan ruang kontrol yang difungsikan untuk mengedit Layout kerangka situs atau blog kalian.
  9. Tema, Menu ini bisa kalian gunakan ketika kalian akan mengganti dan Mengedit Theme atau penampilan / interface blog kalian.
  10. Setelan, Halaman ini digunakan untuk membuat suatu konfigurasi pada blog kalian
  11. Daftar Bacaan, halaman ini merupakan halaman yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan daftar bacaan artikel yang kalian ikuti pada blog lain.
  12. Bantuan, Bagian ini bisa kalian gunakan ketika kalian sedang membutuhkan bantuan atau support dari blogger.
  13. Entri Baru , Merupakan suatu menu atau tombol yang bisa kalian gunakan ketika kalian akan membuat suatu posting atau artikel baru.
  14. Kotak Ceklis, Kotak kecil ini berfungsi untuk menandai beberapa artikel yang kalian miliki.
  15. Publikasikan, Menu ini berfungsi untuk mempublikasikan artikel kalian yang masih berada dalam zona Draf .
  16. Kembali Ke Draf, menu ini bisa kalian gunakan untuk mengembalikan postingan yang sudah kalian publikasikan menjadi status draf, biasanya hal ini dilakukan ketika kalian akan merubah / mengedit suatu artikel
  17. Tombol Tong Sampah, Menu ini bisa kalian gunakan ketika kalian akan menghapus artikel pada blog kalian tersebut .

B. Penjelasan Secara Spesifik.


⤇ Postingan 

Mengenal dan Memahami Lebih Jauh Struktur Serta Menu Di Blogger
Penjelasan :
  1. Semua, Menu ini berfungsi untuk menampilkan semua jumlah postingan yang terdapat pada blog kalian
  2. Draf, Menu ini berfungsi untuk menampilkan daftar artikel kalian yang belum dipublikasikan
  3. Diterbitkan, Bagian ini menampilkan daftar artikel blog kalian yang sudah dipublikasikan


⤇ Statistik
Mengenal dan Memahami Lebih Jauh Struktur Serta Menu Di Blogger
Penjelasan :
  1. Ikhtisar, Merupakan menu yang menampilkan laporan perkembangan blog kalian secara menyeluruh. Mulai dari postingan, sumber lalu lintas dan pemirsa .
  2. Postingan, Menu ini difungsikan untuk melihat daftar artikel favorit atau paling banyak dibaca pada blog kalian
  3. Sumber Lalu Lintas, Menu ini digunakan untuk melihat daftar kalkulasi arah atau arus awal paling banyak yang mengarah pada blog kalian , sumber lalu lintas ini bisa berawal dari Serach engine (mesin pencari), Sosial Media, atau yang lainnya
  4. Pemirsa, Halaman ini digunakan untuk melihat daftar negara yang sring melihat artikel atau blog kalian .


⤇ Penghasilan dan Kampanye
Mengenal dan Memahami Lebih Jauh Struktur Serta Menu Di Blogger
Penjelasan :
  1. Penghasilan, Halaman ini ditujukan bagi kalian yang ingin menghasilkan rupiah dari kegiatan blogging kalian. Pada dasarnya halaman ini akan menampilkan daftar layout dari google adsense.
  2. Kampanye, Merupakan halaman yang dikhusukan bagi kalian yang ingin mempromosikan blog kalian tersebut, fitur ini tentunya bukan fitur yang gratis (free)


⤇ Layout / Tata Letak .

Mengenal dan Memahami Lebih Jauh Struktur Serta Menu Di Blogger

Jika kalian membuka menu tata letak, maka kalian akan melihat tampilan seperti pada gambar  diatas. Fungsi utama menu ini adalah untuk mengontrol dan merubah layout blog kalian yang nantinya akan berpengaruh ke tampilan utama beranda blog kalian.

Dalam menu ini juga kalian bisa memasukan berbagai komponen pelengkap kebutuhan blog, seperti Aechieve, Label, Widget, bahkan disini juga bisa dijadikan tempat untuk menyimpan kode iklan yang akan kalian pasang di blog kalian.

Metode yang digunakan pada halaman ini, hanyalah menggunakan Drag & Drop saja tannpa kalian harus mengetahui tentang masalah coding.



⤇ Theme / Tema .

Jika kalian membuka menu ini, maka kalian akan melihat tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Dalam gambar tersebut kalian akan melihat dua tombol dengan nama Sesuaikan dan Edit HTML. kedua tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda .

Mengenal dan Memahami Lebih Jauh Struktur Serta Menu Di Blogger

Penjelasan :
  • Sesuaikan
Tombol ini berfungsi sebagai ruang yang bisa kalian gunakan untuk melakukan penyetingan tampilan blog kalian. Mulai dari merubah warna tampilan, warna tulisan, jenis tulisan, ukuran tulisan, menambahkan kode Css, atau bahkan kalian akan merubah lebar dan tinggi tampilan blog kalian , tanpa harus menguasai masalah coding secara mendalam.

Mengenal dan Memahami Lebih Jauh Struktur Serta Menu Di Blogger


  • Edit Html
Jika kalian memilih untuk mengakses menu ini, diutamakan terlebih dahulu sedikitnya kalian sudah bisa mengerti tentang bahasa pemrograman (coding) seperti Html, Xml atau bahkan CSS dan JavaScript. Karena pada halaman ini kalian bisa melakukan pengeditan, penambahan dan penghapusan sebuah kode yang nantinya akan sangat berpengaruh ke tampilan blog kalian.

Mengenal dan Memahami Lebih Jauh Struktur Serta Menu Di Blogger


  • Seluler
Menu ini bisa kalian gunakan untuk menentukan tema yang akan kalian pasang pada mode mobile, dalam opsi ini kalian bisa memasang tema khusus mobile ataupun kalian bisa memasang tema asli desktopnya.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment