Android Studio VS Eclipse, Manakah Yang Lebih Unggul ?

komputerdia.com - Bagi kalian yang kesehariannya berkecimpung di dunia coding tentu saja tidak asing lagi dengan nama Android studio dan Eclipse, terlebih bagi kalian yang sudah malang melintang menjadi GoDev (Google Developer). Kedua software ini memang sudah menjadi "primadonanya" para godev selain dengan fiturnya yang lengkap kedua aplikasi ini juga memang bisa dikatakan cukup user friendly.

Lantas apakah kedua software ini mempunyai perbedaan? Dalam artikel kali ini saya akan sedikit mengupas perbedaan, kekurangan serta kelebihan antara Android Studio VS Eclipse. Namun sebelumnya bagi kalian yang belum sempat membaca artikel saya sebelumnya, kalian dapat membacanya di list berikut ini :

Baca Juga :

Android Studio VS Eclipse, Manakah Yang Lebih Unggul ?

Android Studio VS Eclipse


A. Android Studio


Android Studio adalah sebuah IDE yang diperuntukkan untuk Android Development, dimana android studio ini dikenalkan oleh pihak google pada acara Google I/O di tahun 2013. Android Studio merupakan suatu pengembangan dari Eclipse IDE, dan dibuat berdasarkan IDE Java populer, yaitu IntelliJ IDEA. Android Studio merupakan IDE resmi untuk pengembangan aplikasi Android.

Sebagai media yang menjadi pengembangan dari aplikasi Eclipse, Android Studio tentunya sudah dilengkapi dengan gaya baru serta mempunyai banyak fitur-fitur baru dibandingkan dengan Eclipse IDE. Berbeda dengan Eclipse yang menggunakan Ant, Android Studio menggunakan Gradle sebagai build environment. Fitur-fitur lainnya yang sudah disematkan pada Android Studio adalah sebagai berikut :
  • Menggunakan Gradle-based build system yang fleksibel.
  • Bisa mem-build multiple APK .
  • Template support untuk Google Services dan berbagai macam tipe perangkat.
  • Layout editor yang lebih bagus.
  • Code Editor Pintar
  • Built-in support untuk Google Cloud Platform, sehingga mudah untuk integrasi dengan Google Cloud Messaging dan App Engine.
  • Sistem build yang Handal dan Fleksibel
  • Import library langsung dari Maven repository
  • Instant Run
  • dan masih banyak lagi yang lainnya


Mengapa Harus Belajar dan Memilih Android Studio

Untuk menyikapi hal ini, kenapa Android Studio menjadi rekomdasi yang harus dipilih? Karena  android studio memiliki banyak fitur yang memudahkan para pembuat program terutama untuk para programmer level dasar yang ingin belajar lebih tentang android. 

Walaupun pada proses penggunaanya Android Studio ini memang cukup banyak memakan ruang RAM pada perangkat PC kalian. Namun untuk mengatasi hal tersebut android studio juga telah menepis masalah tersebut dengan hal-hal berikut ini :

1. Smart Code Editor

Android Studio VS Eclipse, Manakah Yang Lebih Unggul ?

Editor Code cerdas yang dimiliki android studio dapat membantu kalian untuk menulis kode dengan lebih baik, lebih cepat, dan tentunya lebih produktif. Android Studio memiliki fitur intelligent code editor yang memberikan kemudahan dalam melakukan analisis kode dan menyediakan saran kode yang akan digunakan dengan sistem auto complate. 

Disaat kalian akan mengetik suatu kode, maka Android Studio akan memberikan saran secara otomatis bila ada kelas yang telah terpasang dan kalian dapat menekan tombol TAB untuk memasukkan kode tersebut bila sesuai dengan apa yang kalian butuhkan. Dengan adanya fitur - fitur ini tentunya mempercepat waktu pembuatan program sehingga kinerja pembuat program menjadi lebih produktif dan sesuai dengan planning.


2. Instant run

Android Studio VS Eclipse, Manakah Yang Lebih Unggul ?
Ketika kalian akan menjalankan program yang telah dibuat melalui perintah run (compile), disini kalian akan meng-compile program Android untuk membuat APK dan kemudian mengirimkannya ke perangkat yang akan digunakan untuk menjalankannya (bisa emulator atau perangkat real). 

Fitur instant run dapat membuat program dapat berjalan dengan cepat tanpa harus meng-compile ulang aplikasi atau membuat kembali APK saat melakukan perubahan kode. Instant Run sendiri dapat berjalan apabila pembuat program menggunakan versi Gradle 2.0.0 keatas serta versi SDK 15 keatas.


3. Emulator yang Cepat & Handal

Android Studio VS Eclipse, Manakah Yang Lebih Unggul ?
Telah kita ketahui, bahwa Android Studio menyediakan Emulator yang lebih handal, hal ini memungkinkan pengujian aplikasi di berbagai perangkat Android seperti perangkat ponsel, tablet, smartwatch, dan smart TV. 

Kalian juga dapat mensimulasikan berbagai fitur perangkat keras seperti lokasi GPS, latensi jaringan, sensor gerak, baterai dan masukan multi-sentuh. Jadi jika teman-teman tidak memiliki perangkat sebenarnya, kalian bisa menggunakan Emulator dalam Belajar Android Studio.


4. Didesain Untuk Tim

Android Studio VS Eclipse, Manakah Yang Lebih Unggul ?

Android Studio memiliki suatu integrasi dengan beberapa version control populer seperti Git dan Subversion. Bahkan untuk membuat project kolaborasi, kalian juga dapat menggunakan layanan Github langsung yang di intergrasikan didalam Android Studio. 


5. Sistem Versi Yang Fleksibel

Android Studio VS Eclipse, Manakah Yang Lebih Unggul ?

Selain fitur-fitur diatas, Android Studio juga menawarkan otomatisasi versi, manajemen dependensi, dan konfigurasi versi yang bisa disesuaikan. dalam hal ini kalian bisa mengonfigurasi proyek untuk menyertakan library lokal dan di-host, serta mendefinisikan varian versi yang menyertakan kode berbeda. 

Kalian juga dibebaskan untuk melakukan konfigurasi memasang library yang memudahkan kalian dalam membuat aplikasi android, fitur ini merupakan bagian fleksibelitas dari android studio.



6. Pengoptimalan Untuk Semua Perangkat Android


Android Studio VS Eclipse, Manakah Yang Lebih Unggul ?
Android Studio memberikan tempat bagi kalian untuk membuat aplikasi dengan berbagai macam perangkat, namun dalam konteks ini perangkat tersebut haruslah berbasis android seperti tablet Android, Android Wear, Android TV, dan Android Auto. Fungsi terstruktur ini memungkinkan kalian untuk membagi proyek menjadi unit-unit fungsi yang bisa kalian buat, uji, dan dilakukan proses debug sesuai dengan keinginan yang kalian kehendaki


7. Integrasi Firebase dan Cloud

Android Studio VS Eclipse, Manakah Yang Lebih Unggul ?

Perlu kalian ketahui bahwa Firebase Assistant membantu menghubungkan aplikasi yang kalian buat dengan Firebase dan menambahkan layanan seperti Analytics, Autentikasi, Notifikasi, serta yang lainnya dengan prosedur sesuai dengan urutan di dalam Android Studio. 

Selain itu tools bawaan untuk Google Cloud Platform juga dapat membantu kalian untuk membuat dan menerapkan backend untuk aplikasi Android, seperti penggunaan layanan Google Cloud Endpoints dan modul proyek yang dirancang khusus untuk Google App Engine.



8. Pembuatan Aplikasi Terkoneksi dan Lengkap

Android Studio VS Eclipse, Manakah Yang Lebih Unggul ?

Android Studio mendukung sepenuhnya untuk melakukan pengeditan file proyek yang menggunakan bahasa C/C++ sehingga kalian dapat dengan cepat membuat komponen-komponen JNI dalam aplikasi. IDE ini pun menyediakan sintaks dan mem-faktorkan ulang untuk C/C++, serta debugger berbasis LLDB sehingga kalian bisa melakukan debug kode Java dan C/C++ secara bersamaan.



B. Eclipse

Eclipse merupaka Integrated Development Environment (IDE). Fungsi uatama dari software Eclipse adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi Java, namun untuk saat ini sudah dapat kalian gunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam bahasa pemrograman lain melalui media plugin.

Diantara bahasa pemrograman tersebut adakah sebagai berikut :
  • ABAP, 
  • C atau C ++
  • COBOL
  • Fortran
  • Haskell
  • JavaScript
  • Lasso
  • Lua
  • ALAMI
  • Perl
  • PHP
  • Prolog
  • Python
  • R dan Ruby
  • Scala
  • Clojure
  • Groovy
  • Skema
  • Dll
Selain itu, software Eclipse ini juga dapat kalian gunakan  untuk mengembangkan aplikasi android. Untuk melakukan itu diperlukan tambahan tools pengembang lainnya, seperti Eclipse Java JDT untuk Java dan Scala, Eclipse CDT untuk C / C ++, Eclipse PDT untuk PHP, dan yang akan dibahas Eclipse ADT untuk Android, serta masih banyak lagi.

Basis kode awal untuk aplikasi Eclipse berasal dari IBM VisualAge. Eclipse software development kit (SDK), yang termasuk kedalam alat pengembangan Java, dimaksudkan untuk pengembang Java. Pengguna dapat menambah kemampuannya dengan menginstal plug-in yang telah tertulis untuk Eclipse Platform, seperti toolkit pengembangan bahasa pemrograman lainnya. Kita juga dapat berkontribusi untuk membuat modul plug-in sendiri.

Eclipse dirilis di bawah persyaratan dari Eclipse Public License, Eclipse SDK gratis dan open source, mungkin karena ini Eclipse merupakan salah satu IDE favorit, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini.


Kelebihan dan Kekurangan  Eclipse

  • Menggunakan Gradle build system yang lebih fleksible
  • Desing tampilan editornya sangat bangus dan modern
  • Memiliki template untuk support GoogleService dan perangkat mobile android yang lainnya.
  • Dapat mengintegrasikan kedalam google dengan menggunakan Google Cloud Platform built-in support
  • Berasal dari Eclipse Opensource IDE
  • Pluging Android Development Tools (ADT) bisa di install di semua versi eclipse
  • Lebih mudah di gunakan untuk pemula
  • Lebih banyak library lama yang mendukung eclipse
  • Satu hal yang menjadi kendala pada eclipse adalah IDE android studio ini memang cukup enteng, namun dikarenakan emulator untuk menjalankan aplikasinya yang harus mencari dari sumber lain, maka kecepatan pada komputer atau laptop yang kalian gunakan akan mengalami penurunan yang sangat signifikan.
  • Resource text tidak bisa di preview di xml dan di source java
  • Untuk melihat tampilan layout yang telah dibuat di source xml harus menggunakan toggle.  tidak bisa dilihat bersamaan.


C. Perbandingan dan Kesimpulan

Fitur
Android Studio
Eclipse ADT
Build system
Gradle
Ant
Maven-based build dependencies
Yes
No
Build variants and multiple-APK generation
Yes
No
Advanced Android code completion and refactoring
Yes
No
Graphical layout editor
Yes
Yes
APK signing and keystore management
Yes
Yes
NDK support
Yes
Yes

Menurut uraian yang telah saya jelaskan diatas dan dari hasil pengalaman sayasaat menggunakan kedua IDE tersebut, dari segi grafik Android Studio lebih unggul dibandingkan dengan Eclipse tetapi Adroid Studio lebih berat dibandingkan Eclipse karena membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. 

Dan karena Android Studio memang dikhususkan untuk pengembangan android saja sedangkan Eclipse tidak (multi programming), jadi Android Studio lebih nyaman untuk direkomendasikan dalam hal pengkodingan untuk membuat sebuah aplikasi android.



Tags :



.
.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment