Manfaat dan Keuntungan Jaringan Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Manfaat dan Keuntungan Jaringan Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari

.
.
komputerdia.com, Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian dan fungsi dari jaringan komputer. Membicarakan masalah jaringan komputer, tentunya kita sudah paham betul dengan istilah yang satu ini.

Terlepas dari segala kecanggihan yang ada, tanpa kita sadari bahwa jaringan komputer ini memiliki banyak manfaat  dan keuntungan di dalam berbagai aspek kehidupan sehari – hari kita, dan tanpa kita sadari juga kontribusi jaringan komputer ini telah memberikan dan melakukan perubahan pada dunia pendidikan dan dunia bisnis untuk saat ini.

pada kesempatan ini komputerdia akan mencoba memaparkan dan menjelaskan manfaat serta keuntungan yang dimiliki oleh jaringan komputer.

Manfaat dan Keuntungan Jaringan Komputer

Manfaat Dan Keuntungan Jarinngan Komputer

1. Dilihat dari segi pendidikan
Tidak bisa dipungkiri lagi jika kehadiran teknolgi saat ini, tidak terkecuali hadirnya jaringan komputer ini telah banyak memberikan dampak positif dan kemajuan bagi dunia pendidikan, hal ini bisa kita lihat dari perubahan system dunia pendididkan , muali dari cara penerimaan calon siswa baru yang sudah menggunakan basic online, update kurikulum yang sudah menggunakan system online serta akses lainnya yang sudah menggunakan basic online dengan menggunakan metode website


2. Dilihat dari segi keamanan data dan segi ekonomis
Pada jaringan Jaringan komputer, selain bermanfaat untuk dunia pendidikan, sisatem jaringan komputer ini juga dapat mengurangi suatu biaya pengadaan perangkat lunak (software) karena berbagai potongan dan berbagai event lainnya yang diberikan oleh pengembang jika membeli perangkat lunak untuk dipakai pada suatu jaringan. 

Selain keuntungan finansial, perlu anda ketahui bahwasanya pemutakhiran suatu perangkat lunak dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa harus memerlukan suatu instansi / lembaga khusus untuk melakukan proses tersebut, itu semua dikarenakan system yang satu ini cukup dilakukan sekali saja, yaitu di komputer server yang mana anda cukup mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pengembang perangkat lunak tersebut.

Jaringan komputer  juga sangat memungkinkan penerapan kebijakan keamanan jaringan komputer yang terpadu dan seragam yang bisa meningkatkan suatu keamanan pada perangkat komputer yang anda miliki.

File dan perangkat lunak dapat ditandai sebagai salah satu “rahasia” atau “memang dilarang untuk dipindahkan maupun dilakukan sebuah penyalinan ” sehingga mengurangi risiko pembobolan yang dilakukan oleh pihak - pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab maupun pembuatan salinan secara illegal yang dapat dilakukan oleh pihak yang tidak mempunyai kewenangan sama sekali.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan dan memanfaatkan fasilitas security keys atau yang sering kita kenal dengan password / kata sandi yang mana fasilitas ini juga dapat diberlakukan untuk melindungi jaringan komputer dari akses yang tidak diinginkan dari orang-orang yang tidak berhak untuk melakukan suatu akses pada perangkat komputer yang anda miliki


Baca Juga Artikel Lainnya : 


3. Dilihat dari segi efektifitas dan efisiensi
Jika dilihat dari segi efektifitas dan segi efisiensnyai, jaringan komputer sendiri dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian, berikut ini adalah beberapa bagian dari jaringan komputer tersebut :
  •  Berbagi Sumber Daya (Resource Sharing)
    Pada bagian yang pertama ini anda bisa melihat dan mengetahui bahwasannya jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai suatu pusat dari aktivitas berbagi sumber daya dalam satu jaringan yang didalam strukturnya sendiri telah di atur sedemikian rupa sehingga membentuk suatu jaringan / komunitas didalam suatu wilayah / ruangan, dalam masalah ini kita bisa ambil contoh seperti koneksi jaringan Internet, berbagi pakai printer, dan lain-lain, yang mana semua fasilitas tersebut dapat digunakan secara bersama-sama dalam waktu yang sama juga dan tidak ada batasan tertentu kecuali jaringan tersebut mengalami trouble shoot.

    Misalnya pada sebuah jaringan komputer yang memiliki 30 perangkat komputer atau bahkan, maka anda tidak  perlu menyediakan satu printer untuk setiap perangkat komputer tersebut, tetapi anda hanya Cukup menyediakan satu atau beberapa printer saja yang terhubung ke jaringan untuk dipakai secara bersama-sama.
  • Berbagi File  (File Sharing)
    Istilah kedua ini, mungkin bagi anda bukan menjadi hal yang asing untuk dibahas lagi, dengan memanfaatkan suatu jaringan komputer, anda juga bisa memudahkan pengguna komputer lainnya untuk melakukan berbagai aktifitas yang diantaranya seperti melakukan aktivitas berbagi file seperti file gambar, file video, file musik, file dokumen, dan berbagi lembar kerja.

    Pada intinya anda membuat suatu wadah penampungan seperti folder sharing dimana didalam sistemnya folder tersebut telah anda atur untuk bisa digunakan dan diakses secara bersama – sama dalam suatu jaringan komputer yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet
  • Berbagi Aplikasi (Application Sharing)
    Perlu anda ketahui salah satu keuntungan jaringan komputer dengan berbagi aplikasi yang diinstal pada satu atau lebih dari komputer juga dapat digunakan secara bersama-sama. Seperti halnya dengan data sharing, tetapi kemampuan fitur yang satu ini hanya bisa anda gunakan untuk melakukan application sharing yang dimana tujuan dari fitur ini adalah agar dapat menghemat pemakaian media storge harddisk. 

  • Selain itu juga, memungkinkan pamakaian perangkat lunak [software] yang mempunyai versi yang sama. Permainan  komputer yang memiliki kategori multi player merupakan salah satu contoh yang sangat populer dari perangkat lunak yang bisa dilakukan metode berbagi aplikasi .


Keuntungan dan Keuntungan Jaringan Komputer Secara Garis Besar

  • Dapat saling berbagi (sharing) sumber daya peralatan (devices) secara bersama seperti hard disk, printer, modem, dan lain sebagainya tanpa harus memindahkan peralatan-peralatan tersebut kepada yang membutuhkan.
  • Dapat saling berbagi (sharing) penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing-masing workstation.
  • Komunikasi antar pemakai melalui e-mail atau LAN Conference.
  • Aplikasi dapat dipakai bersama-sama secara bersamaan (multiuser).
  • Akses ke jaringan memakai nama, kata sandi, dan pengaturan hak untuk data-data rahasia, sehingga masing-masing pengguna memiliki otorisasi.
  • Pengontrolan pemakai ataupun pemakaian data secara terpusat dan oleh orang-orang tertentu, sehingga meningkatkan keamanan dan dapat melakukan pendelegasian pekerjaan yang sesuai.
  • Mudah dalam melakukan backup data, karena manajemen yang tersentralisasi.
  • Tidak tergantung kepada orang yang menyimpan data (apabila orangnya tidak ada) karena penyimpanan data tersentralisasi dengan adanya sharing data.
  • Data yang selalu up to date karena server senantiasa memutakhirkan data bergitu ada input (Data Entry) diterima.
  • Seorang supervisor/administrator dapat melakukan pengontrolan pemakai bersasarkan: waktu akses, tempat akses, kapasitas pemakaian hard disk, mendeteksi pemakai yang tidak berhak, monitor pekerjaan setiap pemakai.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment