Pengertian Modem ADSL, Fungsi Modem ADSL dan Cara Kerja Modem ADSL - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Pengertian Modem ADSL, Fungsi Modem ADSL dan Cara Kerja Modem ADSL

Komputerdia.com , ADSL merupakan kepanjangan dari Assymmetric Digital Subscriber line yang bisa didefinisikan sebagai suatu bentuk teknologi yang digunakan pada sebuah komunikasi, baik itu berupa data ataupun yang lainnya dengan cara mentransmisikan data tersebut dengan kecepatan yang sangat tinggi melalui sebuah kabel tembaga telepon.

Moden dengan jenis ADSL juga memiliki sifat yang Asimetrik yakni data yang ditransferkan sudah menggunakan kecepatan yang berbeda pada satu sisi ke sisi yang lainnya.

Selain itu modem ADSL bisa didefinisikan sebagai suatu alat yang difungsikan untuk perangkat komputer agar bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Suatu teknologi paket yang tertanam pada modem ADSL ini bisa dipastikan dapat menggunakan suatu bandwith yang cukup optimal karena pada dasarnya model ADSL ini bisa dipergunakan lebih dari satu sambungan jaringan.

Dengan hadirnya modem ADSL ini, maka kemungkinan besar dapat difungsikan untuk melakukan splitter, dimana pembicaraan telepon bisa tetap berjalan ketika modem sedang terhubung ke dalam jaringan internet. Sementara itu, jarak pancar dari ADLS ini cenderung sempit, dimana hanya berada pada rentang kira – kira 4 kilometer, dan biasanya digunakan di dalam area lingkungan tertentu seperti Perkantoran dan Usaha lokal.


Baca Juga Artikel Lainnya :


Pengertian Modem ADSL, Fungsi Modem ADSL dan Cara Kerja Modem ADSL

Penjelasan Singkat Modem ADSL

Sebuah teknologi ADSL juga dapat mengirimkan sebuah data dengan rata - rata kecepatan 1,8 s/d 10 Mbps untuk suatu arah dari sentral menuju pelanggan yang biasa dikenal dengan istilah Downstream , serta kcepatan dengan rata - rata 16 Kbps sampai dengan 680 Kbps untuk arah sebaliknya dan istilah ini sering disebut dengan Upstream

Didalam system kerjanya ADSL telah menentukan dua saluran yang terpisah untuk sebuah layanan komunikasi data dan suara , tetapi masih tetap dalam suatu ikatan kabel yang sama. Sementara jika kita bandingkan dengan teknik DSL yang lainnya memang masih menggunakan dua buah kabel yang pasti terpisah agar bisa memberikan suatu layanan yang berbeda antara data dengan komunikasi.

Sementara itu jika kita melihat sinyal telepon yang sudah digabungkan dengan sinyal ADSL didalam satu kabel yang sejenis akan tetap diberikan suatu daya oleh suatu perusahaan telepon tersebut, jadi pada saat jalur modem dan perangkat komputer dalam keadaan mati, akses telepon masih bisa dipergunakan dengan baik.

Fungsi Modem ADSL

Fungsi dari modem ADSL adalah suatu bentuk teknologi yang digunakan dalam komunikasi data untuk bisa melakukan transfer sebuah data atau dokumen dengan kecepatan yang sangat cepat dan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam ber-internet yang mana secara fisiknya menggunakan media line telepon.

Namun jika kita uraikan secara spesifik, fungsi dari modem ADSL ini mempunyai dua fungsi utama, seperti pada penjelasan dibawah ini :


  • Membagi penghantaran frekuensi

Fungsi modem ADLS yang pertama adalah dapat membagi penghantar frekuensi. Ketika melakukan koneksi dial up, maka frekuensi yang diterima tidak dapat terbagi, sehingga menyebabkan percakapan melalui telepon tidak dapat dilakukan ketika sedang melakukan koneksi internet.

Namun demikian, berkat adanya modem ADSL ini, frekuensi bisa terbagi menjadi 2, yaitu frekuensi tinggi yang digunakan untuk menghantarkan data dan melakukan koneksi internet, serta frekuensi rendah untuk percakapan melalui telepon dan juga Fax.

Dengan menggunakan modem ADSL ini, maka anda sekarang sudah bisa melakukan percakapan sambil melakukan koneksi internet dengan menggunakan telepon anda secara bersamaan.


  • Memberikan koneksi internet menggunakan telepon rumah

Sebagai perangkat keras jaringan komputer, Fungsi modem ADSL kedua ini adalah memberi kepraktisan bagi user. Hampir semua rumah memiliki jaringan kabel telepon rumah, yang nantinya bisa dikoneksikan ke dalam internet. Jaringan ini dengan menggunakan modem ADSL membuat pemilik rumah dapat dengan mudah melakukan koneksi internet, tanpa perlu repot melakukan setting. Karena biasanya, ketika seseorang akan berlangganan,modem ADSL sudah termasuk di dalam paket sehingga tidak perlu melakukan instalasi sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Modem ADSL

Kelebihan yang dimiliki oleh Modem ADSL :
  • Memiliki pembagian frekwensi menjadi 2 (dua) macam diantaranya frekwensi tinggi untuk menghantarakna data dan frekwensi rendah untuk menghantarkan suara maupun fax.
  • Untuk di Indonesia pelanggan yang menggunakan Spidiy, maka ADSL membuat kegiatan ber-Internet menjadi lebih hemat. Sehingga dapat melakukan akses internet tanpa mengkhawatirkan tagihan yang terlalu mahal.
  • Layanan komunikasi antara data dan suara diberikan melalui 2 (dua) kanal yang memang terpisah akan tetapi tetap pada satu kabel yang sama.
  • Koneksi ADSL selalu tersambung dengan internet setiap saat dan telepon tetap dapat digunakan kapan saja.
  • Dan kecepatan internet yang selalu stabil.


Kekurangan yang dimiliki oleh Modem ADSL
  • Jarak dapat berpengaruh pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan komputer atau saluran telepon dengan gardu telepon, maka akan berpengaruh pada kecepatan dalam menakses internet.
  • Adanya load coils yang digunakan untuk memberi layanan ke plosok-plosok daerah, sehingga load coils akan menggeser frekwensi suara ke frekwensi yang biasanya digunakan ADSL. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya interfensi maupun ketidak cocokan jalur pada ADSL.
  • Adanya bridge tap yang merupakan kabel tidak berada pada jalur langsung antara pelanggan dengan CO. Jadi bridge tap dapat menimbulkan noise yang nantinya dapat mengganggu kinerja dari ADSL.
  • Kaerena seiring berkembangnya jaman penggunaan kabel fiber optik pada saluran telepon digital sudah mulai digunakan. Hal ini tidak sesuai dengan sistem teknologi ADSL yang masih menggunakan saluran analog (kabel tembaga), sehingga pada saat ini masih cukup sulit mengirimkan sinyal melalaui kabel fiber optik.
  • Kecepatan koneksi modem ADSL hingga saat ini masih sangat tergantung dengan tiang telepon atau DSLAM dan tidak semua sistem operasi komputer dapat menggunakan ADSL.
.
.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment