Pengertian Floppy Drive, Fungsi Floppy Drive dan Cara Kerja Floppy Drive - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Pengertian Floppy Drive, Fungsi Floppy Drive dan Cara Kerja Floppy Drive

.
.
komputerdia.com, Floppy Drive merupakan salah satu perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media pembaca sebuah disket atau Floppy disk, dimana pada dasarnya floppy drive ini memiliki fungsi yang sama dengan perangkat CD / DVD Rom. namun untuk saat ini floppy drive sudah sangat jarang sekali penggunanya.

Dimasa era jayanya perangkat keras ini merupakan sesuatu komponen yang bisa dikatakan wajib terpasang pada sebuah komputer, dimana pada waktu dulu para pengguna komputer masih menggunakan Floppy disk sebagai tempat untuk menyimpan data atau besar karena pada masa itu perangkat keras seperti flashdisk dan CD belum tercipta.

Namun kekurangan dari penyimpanan Floppy disk ini adalah ruang penyimpanannya yang snagat minim sehingga para pengguna komputer pun tidak bisa leluasa untuk menyalin semua filenya ke dalam Floppy Disk tersebut.


Baca Juga Artikel Lainnya : 

Pengertian Floppy Drive, Fungsi Floppy Drive dan Cara Kerja Floppy Drive


Perlu anda ketahui bahwa Floppy Disk pertama di ciptakan oleh IBM pada tahun 1967 dan berukuran 8 inch. Kemudian di kembangkan menjadi 5.25 inch. karena sifat kemasan yang fleksibel maka di beri nama disket. Tidak sampai pertengahan era tahun 1980-an Floppy Disk berkembang lagi menjadi 3.5 inch yang kemudian mengontrol pasar sepanjang era 90-an.

Pada tahun 1971 IBM memperkenalkan ” memory disk ” pertama, yang kemudian terkenal dengan floppy disk atau disket. floppy pertama merupakan disk plastik yang di lapisi besi magnetik oksida; data di tulis dan di baca dari permukaan disk. Nama “floppy” di ambil karena sifatnya yang fleksibel.

Fungsi Floppy Drive

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Floppy Drive ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan perangkat keras CD / DVD Rom, yakni sebagai media pembaca sebuah perangkat penyimpanan data yang dibuat didalam bentuk disk, namun media penyimpanan yang digunakannya adalah Floppy Disk.

Kekurangan dan Cara Perawatan Ploppy Drive

Disk drive sangat mudah terkena debu atau kotoran yang terbawa oleh disket sehingga dapat menganggu fungsionalitas disk drive. Biasanya gejalagejala yang muncul akibat disk drive kotor adalah disket tidak dapat dibaca dan kadang-kadang error.

Langkah-langkah pembersihannya adalah sebagai berikut:

  • Operasikan sistem komputer.
  • Masukkan disk cleaner yang telah diberi cairan pembersih ke drive A.
  • Pilih drive A:\ sehingga komputer akan membaca drive A.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment