Pengertian ICMP, Fungsi ICMP dan Jenis - Jenis ICMP - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Pengertian ICMP, Fungsi ICMP dan Jenis - Jenis ICMP

komputerdia.com, Istilah ICMP didalam dunia jaringan, bagi kita mungkin masih terlalu asing didengar pasalnya istilah satu ini tidak perrnah keluar dan dibahas didunia pendidikan setara SMK, namun jika melihat dari fungsionalnya kita juga harus bisa memahami hal yang satu ini.

ICMP atau Internet Control Message Protocol adalah bagian dari istilah internet protocol yang pada umumnya digunakan oleh sebuah peralatan yang terhubung dengan jaringan internet untuk keperluan penganalisaan sebuah jaringan, salah satu penggunaan ICMP yang cukup pavorit adalah ping dan traceroute .

Mungkin jika nama ping untuk kebanyakan kita semua udah pada paham, jadi dalam artikel ini tidak usah di bahas terlalu dalam tentang ping ini, sederhananya konsep ping ini jika kita ng-Ping di komputer A yang akan mengirimkan echo request ke komputer B, maka secara otomatis komputer B pun akan membalas ICMP dengan jenis echo Reply .

Pengertian ICMP, Fungsi ICMP dan Jenis - Jenis ICMP

Dalam istilah ICMP juga sering dikaitkan dengan Router, Router adalah suatu perangkat keras jaringan komputer yang secara fungsionalnya dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer yang sama atau bahkan berbeda dan router juga merupakan suatu hardware atau perangkat keras yang digunakan untuk mengirimkan sebuah paket data melalui jaringan internet dimana jika melihat pada tujuan awalnya adalah untuk bisa menuju pada satu titik tujuannya yang kemudian selanjutnya proses tersebut yang sering kita kenal sebagai proses routing.

Sedangkan fungsi utama dari router ini sendiri adalah sebagai alat atau media untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP  kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut.


Didalam masalah ini kita dapat mengasumsikan sebuah malasah ketika pada saat melakukan sebuah pengiriman data yang gagal, media host atupun router tidak dapat tersambung bahkan tidak tersedia untuk mengirim pesan yang menunjukkan kesalahan, ICMP juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut , yang pada umumnya ICMP dapat  mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus.esan permintaan, Hal ini ditugaskan pada protokol nomor 1. ICMP untuk Internet Protocol versi 4 (IPv4) juga dikenal sebagai ICMPv4. IPv6 memiliki protokol yang sama, ICMPv6

Baca Juga Artikel Lainnya : 


Jenis - Jenis Pesan ICMP

  1. Jika anda mengalamai sebuah kesalahan yang diakibatkan oelh kesalahan jaringan maka jenis pesan ICMP yang akann anda dapatkan adalah notifikasi sebagai berikut "ICMP Error Message"
  2. Pada masalah yang kedua jika anda menerima sebuah pengiriman paket yang mengirimkan suatu informasi  tertentu dimana informasi tersebut ada kaitannya dengan kondisi suatu jaringan maka notifikasi yang akan anda terima adalah sebagai berikut "ICMP Query Message"
  3. Jika anda mengalami masalah time out berarti sessi pada jaringan anda sudah habis karena diakibatkan tidak adanya respon dari jaringan tersebut
  4. Kemacetan sebuah jaringan
  5. Kesalahan yang diakibatkan oleh jaringan misalnya sebuah host atau jaringanyang tidak terjangkau

Fungsi - Fungsi ICMP

  • Membantu proses error handling / melaporkan apabila terjadi error pada sebuah jaringan
Error disini merupakan salah satu gejala yang paling mungkin terjadi di dalam sebuah jaringan komputer. Error yang terjadi disini biasanya ketika pesan dan juga request tidak dapat tersampaikan ke host tujuan, ataupun koneksi terputus ketika sedang melakukan proses transmisi data di dalam jaringan komputer.

Dengan adanya protocol ICMP ini, maka setiap error yang terjadi dapat dihandle atau ditangani langsung oleh protocol ini, dimana protocol ICMP ini bertugas untuk melakukan tindakan – tindakan ketika terjadi yang namanya error di dalam sebuah jaringan komputer.


  • Membantu control procedure atau prosedur pengaturan pada sebuah jaringan
Control procedure atau prosedur pengontrolan merupakan tugas dan fungsi utama dari protocol ICMP ini. Secara fungsionalnya ICMP bertugas untuk mengatur dan mengontrol segala macam bentuk pengaturan pada sebuah jaringan kompter. 

Dengan adanya ICMP , maka setiap jaringan komputer dapat berjalan sesuai dengan prosedur juga ketentuan yang ada, sehingga tidak mengalami sebauh kesalahan didalam proses transmisi jaringan tersebut.


  • Menyediakan pengendalian error dan pengendalian arus pada network layer atau lapisan jaringan
Pengendalian error atau error handling sudah dibahas pada poin sebelumnya. Namun, selain melakukan pengendalian error atau error handling , ICMP juga diketahui memiliki tugas lainnya, seperti melakukan pengenalan serta pengidentifikasian terhadap arus informasi yang ditransmisikan pada network layer atau lapisan jaringan.

Contoh sederhananya, ketika sebuah jaringan memiliki beberapa macam lapisan atau layer – layer tertentu yang mana setiap paket data harus melewatinya. Disaat inilah ICMP bertugas untuk melakukan pengendalian terhadap arus yang akan masuk ke dalam masing – masing layer tersebut.


  • Mendeteksi terjadinya error pada jaringan, seperti connection lost, kemacetan jaringan dan sebagainya
Tugas pendeteksian dan juga pelaporan akan terjadinya error juga merupakan tugas dan fungsi utama dari ICMP ini. ICMP merupakan protocol yang memilki peran penting ketika terjadi error pada sebuah jaringan atau network. Ketika ICMP mendeteksi terjadinya error, biasanya router atau perangkat keras jaringan lainnya akan memberikan tanda kepada ICMP, misalnya host tidak dapat dijangkau, atau koneksi terputus.

Pelaporan Kesalahan Diluar ICMP

  1. Permintaan dan suatu tanggapan terhadap Timestamp sangat memungkinkan sebuah sistem untuk bisa meminta satu sama lain pada waktu yang bersamaan
  2. Alamat mask [ Address mask ] and reply digunakan oleh sebuah workstation diskless yang berguna  untuk mendapatkan sebuah subnet mask-nya ketika sedang melakukan boot
  3. Penjelasan tentang Echo request serta echo reply digunakan oleh suatu program ping untuk melakukan pengujian yang ditujukan untuk melihat apakah unit lain akan merespon ICMP yang berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP yang tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik seorang pengguna. salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang ketika melakukan pengiriman  pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer yang dituju bisa dijangkau dan berapa lama suatu paket yang dikirimkan akan mendapat balasan dari komputer tujuan.

.
.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment