Pengertian Modem GSM, Fungsi Modem GSM dan Cara Kerja Modem GSM

komputerdia.com, GSM atau kepanjangan dari Global System for Mobile merupakan salah satu standard sistem komunikasi tanpa menggunakan transmisi kabel (nirkabel) yang mempunyai sifat tebuka. Jadi Modem GSM ini dapat didefiniskan sebagai salah stau perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media untuk menghubungkan sebuah perangkat komputer ke suatu jaringan internet dengan menggunakan jasa telepon selular sebagai sistem transmisi datanya

Modem GSM ini pada umumnya berbentuk USB Drive yang mudah digunakan dimana saja tanpa harus menggunakan transmisi kabel seperti pada jenis modem ADSL yang harus menggunakan transmisi kabel pada port LAN card atau LAN Onboard.

Sebagian besar pada jenis modem GSM ini sudah diintegrasikan dengan SIM card bawaannya atau biasa kita kenal dengan kartu handphone dengan dukungan provider tertentu, bahkan untuk saat ini modem GSM sendiri telah banyak yang dilengkapi dengan slot untuk pemasangan sebuah memory card atau sd card layaknya sebuah kartu pembaca memori atau card rider.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Modem GSM adalah sebuah modem yang pengoperasiannya menggunakan kartu seluler. Artinya modem ini akan bekerja dengan baik jika sudah terpasang kartu seluler GSM yan sudah di registrasi dan mempunyai paket data internet.

Dalam hal ini, kartu gsm yang bisa digunakan adalah kartu seluler seperti Telkomsel, Indosat, 3, XL Axiata dan masih banyak lagi


Baca Juga Artikel Lainnya: 

Jika kita membicara masalah biaya  yang bisa dikeluarkan oleh modem dengan jenis GSM ini biasanya sudah tergantung pada tiap-tiap penyedia layanan internet GSM itu sendiri, bahkan dari sekian banyak operator sudah melakukan tindakan implementasi tariff flat untuk melakukan sebuah transfer data yang dimana kapasitas tersebut tidak terbatas atau unlimited, tetapi dalam hal ini juga beberapa operator telah melakukan suatu pembatasan jumlah maksimum akan jumlah data yang ditransferkan setiap perBulannya.

Sedangkan dari masalah yang sudah banyak terjadi untuk saat ini para operator layanan internet telah menggunakan metode pengenaan tarip yang tetap dalam setiap data – data yang ditransferkan dengan jenis kilobyte atau megabyte rata-rata besar suatu unduh ataupun upload.

Pengertian Modem GSM, Fungsi Modem GSM dan Cara Kerja Modem GSM

Penjelasan Detai Modem dan Pembagiannya

Modem adalah sebuah perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk melakukan sebuah komunikasi dua arah dimana modem ini dapat merubah sinyal digital menjadi sinyal analog untuk bisa mengirimkan suatu pesan ke alamat yang akan dituju

Modem atau singkatan dari Modulator Demodulator yang jika di definisikan menurut suku katanya maka Modulator adalah Bagian yang mempunyai fungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sebuah sinyal carrier yang siap dikirimkan.

Sedangkan untuk Demodulator adalah bagian yang mempunyai fungsi untuk memisahkan antara sinyal informasi dengan sinyal pembawa yang selanjutnya sebuah informasi dapat dikirmkan dengan baik.

Jika didefinisikan dari arti kedua elemen diatas, Modem adalah penggabungan dari 2 alat tersebut yang artinya modem merupakan suatu alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh 2 arah pada umumnya memakai bagian yang disebut "modem", seperti Microwave Radio dan sebagainya, namun pada umumnya istilah modem dikenal sebagai sebuah Perangkat keras yang digunakan untuk keperluan komunikasi pada komputer untuk dapat terhubung ke jaringan internet.

Untuk penjelasan mendetailnya, kalian bisa membaca artikel Pengertian Modem, Fungsi Modem dan Jenis - Jenis Modem


Penjelasan Singkat Modem GSM

Perlu anda ingat bahwa pada akhir bulan April tahun 2011, jumlah para pengguna modem GSM ini makin menunjukan data yang terus meningkat dimana pada teknologi modem GSM sekarang sudah ditanamkan teknologi 3G serta teknologi 4G dengan tingkat rasio 3:01, tetapi suatu jenis modem baru sudah mulai tertanam ketika penjualan PC tablet telah melakukan suatu penyusutan yang signifikan untuk tambahan modem, dari analisa ini sudah bisa diperkirakan pada tahun 2016 ini bahwa suatu rasio bisa berubah dengan sangat drastis hingga mencapai 1:1


Fungsi Utama Modem GSM

Jika diartikan secara garis besar, modem gsm atau cdma merupakan suatu alat jaringan komputer yang membantu untuk menghubungkan komputer client dan komputer server melalui koneksi jaringan internet, dengan kata lain modem gsm atau cdma berguna untuk bertukar data elektrik  melalui signal jaringan yang di pancarkan oleh tower BTS provider setempat untuk saling bisa terhubung satu sama lain melalui jaringan internet, yang fungsinya sangat bermanfaat untuk umat manusia karena bisa mempermudah komunikasi satu sama lain.


Cara Kerja Modem GSM / CDMA

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian atas, bahwa modem GSM ini biasanya diperjual belikan dengan Kartu SIM bawaannya meskipun sekarang sudah banyak jenis modem yang bisa menggunkan banyak jenis kartu (multicard). Penggunaan modem ini jika dilihat dari cara pengoneksiannya, alat ini hanya perlu memasukan modem tersebut pada salah satu port USB yang terdapat pada komputer atau laptop.

Sedangkan untuk masalah Drivernya sendiri, pada umumnya modem GSM ini sudah mempunyai autoplay yang akan langsung memberitahu anda untuk menginstall driver jenis modem tersebut, dan drivernya sendiri sudah terdapat pada modem tersebut, jadi anda tidak perlu lagi mencari driver modem tersebut.

Demikian artikel pada kesempatan kalai ini yang bisa kami sampaikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2