Pengertian Processor, Fungsi Processor dan Cara Kerja Processor - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Pengertian Processor, Fungsi Processor dan Cara Kerja Processor

komputerdia.com , Processor adalah sebuah perangkat keras komputer atau hardware yang menjadi otak utama dari sebuah perangkat komputer, dimana tugas utama processor adalah sebagai media yang menerima segala permintaan yang dikirimkan oleh sistem komputer dan sebagai tempat dimana segala pemrosesan aktivitas yang sedang berjalan pada komputer.

Pada dasarnya sebuah Processor akan dapat berjalan dengan baik pada sistem komputer jika semua komponen pelengkapnya sudah terpasang, processor juga  merupakan sebuah IC yang mempunyai kemampuan untuk mengontrol seluruh jalannya semua aktivitas pada sistem komputer juga sebagai tempat untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas dari sistem komputer. Letak sebuah processor terdapat pada bagian socket yang telah disediakan dan disetting pada bagian mainboard atau papan induk.


Otak komputer atau lebih familiar dengan nama Processor ini memang sangat mempunyai peranan penting untuk sebuah perangkat komputer. perangkat keras yang satu ini juga menjadi perangkat keras yang sangat vital selain untuk kelancaran proses dari perangkat komputer.

Jika kita lihat dari namanya saja, perangkat keras yang satu ini, bisa didefinisikan sebagai suatu perangkat keras yang berfungsi sebagai media untuk melakukan proses yang diminta oleh suatu sistem komputer dan sebagai media yang menjadi wadah segala aktivitas yang sedang berjalan pada perangat komputer.

Pengertian Processor, Fungsi Processor dan Cara Kerja Processor

Sejarah Singkat Processor


Pada tahun 1971, komponen yang disebut sebagai mikroprocessor untuk pertama kalinya dibuat oleh para teknisi dari perusahaan elektronik Intel. Mikroprosesor merupakan sebuah IC  atau Integrated Circuit yang difungsikan sebagai otak atau media pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Untuk pertama kalinya chip tersebut diberi nama Intel 4004 dan didesain oleh Ted Hoff, Federico Faggin, dan Stan Mazor.


Dibawah ini merupakan garis besar perjalanan dan perkembangan sejarah microprocessor dari generasi ke generasi :
  • Tahun 1971, Intel meluncurkan mikroprocessor pertama di dunia, 4-bit 4004,yang didesain oleh Federico Faggin.
  • Tahun 1974, Intel memperkenalkan processor 8-bit 8080, dengan4.500 transistor yang memiliki kinerja 10 kali pendahulunya.
  • Tahun 1980, Intel memperkenalkan 8087 math co-processor.
  • Tahun 1982, Intel memperkenalkan processor 16-bit 80286 dengan 134.000 transistor.
  • Tahun 1985, Intel keluar dari bisnis RAM dinamis untuk fokus pada mikroprocessor, dan akhirnya ia mengeluarkan processor 80386, sebuah chip 32-bit dengan 275.000 transistor dan kemampuan menjalankan berbagai macam program sekaligus.
  • Tahun 1998, Intel memperkenalkan processor Celeron.
  • Tahun 2004, AMD mendemonstrasikan x86 dual-core processor chip.
  • Tahun 2005, Intel menjual processor Dual-Core pertamanya.
  • Tahun 2006, Intel memperkenalkan processor core 2 duo.
  • Tahun 2007, Intel memperkenalkan processor core 2 quad.

Perkembangan Generasi Processor Komputer
  • Microprocessor 4004 (1971)
  • Microprocessor 8008 (1972)
  • Microprocessor 8080 (1974)
  • Generasi Pertama (processor 8088 dan 8086)
  • Generasi Kedua (processor 80286)
  • Generasi Ketiga (processor 80386 DX dan 80386 SX)
  • Generasi Keempat (80486 DX, 80486 SX, Cyrix 486SLC, dan IBM 486SLC2)
  • Generasi Kelima (Cyric 6×86, AMD, AMD K5, Pentium MMX, IDT Winchip, AMD K6, Cyric 6×86 MX, dan AMD K6-2.)
  • Generasi Keenam (Pentium II, Celeron A:Medocino, Celeron PPGA:Socket 370, Xeon, AMD K6-3, dan Katmai.)
  • Generasi Ketujuh (AMD K7 Athlon)
  • Generasi Kedelapan (Intel core 2 duo, Conroe, Conroe XE, AMD Athlon 64, dan Pentium 4 Prescott.)
  • Generasi Kesembilan (Intel core i3, Intel core i5, Intel core i7 Intel core i9.)


Bagian - Bagian Penting Processor

  • ALU atau Aritcmatics Logical Unit , adalah sebuah alat yang mempunyai tugas dasar untuk menjalankan fungsi aritmatika, seperti tambahan, perkalian dan sebagainya. digunakan juga untuk fungsi logis seperti NOT, AND, OR dan yang terakhir sebagai fungsi perbandingan seperti melakukan perbandingan isi dari dua slot untuk melakukan kesetaraan.
  • CU atau Control Unit , merupakan suatu media untuk melakukan sebuah pengontrolan dimana pada dasarnya adalah sebagai tempat untuk memberitahukan unit masukan mengenai suatu jenis data, tempat dan waktu pemasukkan sebuah penyimpanan didalam penyimpanan utama.
  • MU atau Memory Unit, merupakan bagian dari vital dari sebuah processor yang dimana mempunyai tugas untuk menyimpan suatu alamat-alamat register sebuah data yang sebelumnya telah  diolah oleh bagian ALU dan bagian CU.

Jenis - Jenis Processor

  • Jenis Socket, jenis yang satu ini mempunyai bentuk fisik yang berbentuk persegi sama sisi yang dimana pada bagian bwahnya mempunyai sebuah pin yang menjadi konektor
  • Jenis Slot, jenis yang kedua ini berbentuk seperti batangan yang pemasangannya ditancapkan pada bagian port khusus yang telah disediakan oleh slot model processor. pada dasarnya processor dengan jenis slot ini banayk dtemukan pada komputer yang masih mempunyai jenis pentium II dan III


Fungsi Utama Processor

Perlu anda ketahui, bahwa Fungsi Processor dan Bagiannya terdiri dari tiga bagian utama yakni:

Control Unit (CU)

Semua peralatan pada sistem komputer dikendalikan dan diatur oleh bagian ini. Perpindahan data dari memori utama dieksekusi di bagian CU ini. Untuk kemudian dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu layar monitor akan menampilkan hasil outputnya atau harddisk akan menyimpan data hasil olahan tersebut.


Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Perhitungan matematika / aritmatika  semuanya dilakukan pada Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, apabila program / software yang sedang kita gunakan mengalami masalah maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor, yang kesemuanya itu dilakukan di bagian ALU ini. Intinya, bagian ALU ini merupakan bagian LOGIKA (pengambil keputusan).


Registry (Register)

Register merupakan tempat ngantri data-data yang akan diproses, sebelum data tersebut masuk ke memori utama. Walaupun bagian ini merupakan media penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses tinggi.


Penjelasan Sepesifik Fungsi Processor

Fungsi Processor jika dilihat dari dominasinya, tentu processor ini sangat dominan dan utama, sebab tanpa Processor maka komputer sama saja seperti manusia yang kehilangan otaknya. Karena pada processor itulah semua pengendalian dan pemrosesan terjadi. Bedanya processor dengan otak yaitu processor hanya berfungsi sebagai pemroses data saja, kemudian data tersebut dikirimkan ke memori utama kembali. Processor tidak bisa menyimpan data seperti halnya otak manusia.

Pada umumnya fungsi processor (prosesor) adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output.

prosesor tidak dapat bekerja sendiri namun membutuhkkan dukungan maupun terus berhubungan dengan komponen lain terutama hardisk dan RAM. Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut.

Untuk saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz (GHz) artinya dapat membaca kurang lebih sekitar 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi didunia. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas prosesor sebuah komputer.

Untuk segi pengembang atau perusahaan khusus produksi prosesor ada 2 perusahaan terkenal yaitu intel dan AMD. Dari 2 perusahaan inilah banyak membanjiri pasaran processor. Produk ke-2nya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Ada yang bilang kalau ketahanan untuk di pakai berjam-jam maupun berhari-hari intel lebih dapat diandalkan sedangkan bagi para gamers AMD jadi pilihannya karena lebih baik dalam memproses grafik.

Cara Kerja Processor

Perlu anda ketahui sebelumnya, bahwasannya processor ini tidak dapat bekerja tanpa adanya suatu komponen pelengkap seperti RAM dan harddisk, dari ketiga kompnen komputer diatas, merupakan suatu komponen yang mempunyai jalur kinerja yang saling terhubung satu sama lain dalam melakukan suatu proses data atau dokumen pada komputer.

Fungsi utama dari sebuah Processor bisa diartikan sebagai otaknya perangkat komputer, yang dimana tugas utamanya menerima sebuah data yang kemudian akan diproses untuk dikirimkan ketempat penyimpanan RAM bahkan harddisk sekalipun.

Dalam konteks yang sebenarnya, bahasa yang bisa dikenali dan dideteksi oleh processor adalah berupa angka 1 dan angka 0 yang mana kedua angka tersebut dikenal dengan bilangan biner.
.
.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment