Pengertian Protokol Jaringan dan Jenis Protokol Jaringan Komputer - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Pengertian Protokol Jaringan dan Jenis Protokol Jaringan Komputer

.
.
Komputerdia.com, Protokol jaringan komputer adalah suatu aturan yang telah di set untuk bisa mengatur sebuah komunikasi online yang terdiri dari beberapa komputer yang terdapat pada suatu jaringan. Perlu anda ingat bahwa peraturan tersebut memang menjadi salah satu pedoman yang harus diikuti dan dilaksanankan ketika kirta akan membuat sebuah jaringan komputer.

Namun ada juga yang mendefinisikan bahwa Protokol Jaringan Komputer adalah media yang digunakan untuk menghubungkan pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan akurat.

Tidak semua jenis protokol didalam sebuah jaringan memiliki fungsi atau fitur yang sama, namun ada juga beberapa protokol yang memiliki fungsi sama meski berada pada tingkat berbeda. Beberapa protokol bergabung dengan protokol lainnya untuk membangun sistem komunikasi yang utuh.


Pengertian Protokol Jaringan dan Jenis Protokol Jaringan Komputer

Fungsi Protokol Jaringan

  • Encapsulation
  • Pemisahan dan perakitan kembali
  • Connection control (Kontrol koneksi)
  • Pengiriman tersusun
  • Pengiriman perintah
  • Flow Control (alur kontrol)
  • Error correction (Kontrol Kesalahan)
  • Addressing (Pengalamatan)
  • Multiplexing
  • Layanan transmisi

Jenis - Jenis Protokol Jaringan

  •  Ethernet

Jenis protocol yang pertama ini merupakan sebuah protocol yang memang harus diakui paling banyak digunakan untuk saat ini, Ethernet sendiri menggunakan suatu metode aksesnya yang sering dikenal dengan istilah CSMA/CD ( Collision Detection / Carrier Sense Multiple Access ).

Kedua system ini merupakan suatu system yang digunakan  untuk menunggu suatu istruksi yang di transmisikan melalui sebuah kabel sebelum melakukan pengiriman pesan yang akan ditujukan melalui jaringan tersebut.

Jika dari hasil pengecekan jaringan memang lagi dalam kondisi stabil barulah system komputer tersebut akan menyampaikan suatu informasi, tetapi ketika pada saat sebelumnya node lain telah melakukan penyiaran pesan melaui transmisi kabel tersebut, maka system komputer akan melakukan aktivitas menunggu kemudian akan terus mencoba kembali sampai suatu rute sudah memberikan izin.


Baca Juga Artikel Lainnya :

Dalam masalah yang sering terjadi biasanya akan terdapat dua computer yang pada saat bersamaan akan melakukan pengiriman pesan, maka dalam menanggapi hal ini kedua computer tersebut pun akan melakukan penarikan kembali untuk sementara sebelum melakukan aktivitas pengiriman ulang.

Protokol jaringan Ethernet juga biasanya sering digunakan pada topologi dengan jenis Linear bus, serta jenis bintang atau star, suatu data akan bisa dikirim jika kabel tersebut telah menggunakan kabel dengan jenis twisted pair ataupun coaxial serta kabel fiber optic dengan kecepatan rata – rata mencapai 10 Mbps.

Tetapi untuk saat ini sudah hadir Ethernet dengan jenis fast Ethernet dimana jenis yang satu ini telah mendukung suatu kecepatan hingga mencapai 100 Mbps, Ethernet dengan tipe ini juga memang diperlukan suatu connector yang lebih mempunyai kapasitas atau kemampuan yang lebih dibandingkan dengan connector biasanya serta membutuhkan suatu network interface card dan kabel transmisi yang jadi rekomendasi adalah kabel dengan jenis twisted pair ataupun kabel fiber optic

  • Local Talk

Jenis jaringan yang satu ini merupakan sebuah protocol jaringan yang memang dikembangkan oleh perusahaan Apple computer dimana ditujukan untuk sebuah computer machintos, dimana metode yang digunakan pada tipe ini adalah jenis CSMA/CA ( Carrier Sense Multiple Access/Collision Avoidance), dimana cara kerja tipe ini hamper sama dengan apa yang ditunjukkan oleh tipe CSMA/CD terkecuali ketika komputer  akan memberikan suatu sinyal sebelum melakukan pengiriman data.

Perlu anda ingat bahwa adapter  dan kabel yang digunakan pada local talk biasanya media khusus yang memang digunakan untuk menghubungkan antara satu seri computer dengan menggunakan suatu port berisi. Machintos juga sangat memungkinkan penggunaan tipe peer to peer tanpa diperlukannya suatu perangkat lunak tambahan.

Pada local talk biasanya mengijinkan suatu topologi tree atau topologi linear bus dengan menggunakan media transmisi kabel yang mempunyai jenis psangan yang berpintal, namun kekurangan terjadi pada kecepatannya, yaitu kecepatan yang bisa dihasilkan untuk melakukan sebuah pengiriman suatu informasi hanya mencapai titik 230 Kbps


  • Token Ring

Protocol dengan jenis ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1980 yang dilakukan oleh perusahaan IBM, cara atau metode akses yang digunakan tipe ini adalah dengan cara menggunakan pengiriman suatu informasi yang memang berada didalam satu lingkaran tersebut.

Pada dasarnya didalam sebuah tipe token ring, beberapa perangkat komputer akan dihubungkan untuk memancing sebuah sinyal agar bisa masuk pada jalur online jaringan tersebut.

Didalam system kerjanya dimana satu token elektronik akan  melakukan suatu pergerakan mengililingi sebuah lingkaran yang menackup semua perangkat computer yang terpasang pada jaringan tersebut, sehingga ketika ditemukannya suatu computer yang memang tidak memiliki informasi sama sekali untuk dilakuka pengiriman maka system yang bergerak tersebut akan melewato computer tersebut untuk menuju ke stasiun  berikutnya.

Protokol dengan jenis ini hanya melayani topologi dengan tipe Ring dan star dengan media transmisi yang digunakan adalah kabel twisted pair atau kabel fiber optic, protol ini bisa mencapai suatu kecepatan antara 4 Mbps sampai dengan 16 Mbps

  • FDDI (Fiber Distributed Data Interface)

Jaringan protokol ini digunakan untuk menghubungkan beberapa computer dengan tipe area local yang meliputi wilayah dengan jarak yang jauh, metode yang digunakan pada jenis protocol ini adalah dengan melibatkan kinerja sebuah token, jenis protocol ini juga hanya menggunakan topologi dengan jenis ring kembar. Suatu pengiriman yang biasa terjadi dari suatu token.

Namun jika terjadi suatu kegagalan didalam jaringan tersebut maka dengan otomatis system akan melakukan pergerakan pada sebuah informasi dengan menggunakan jalan alternative untuk membuat suatu jaringan kedua.

  • TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

TCP/IP merupakan sebuah standar komunikasi data yang dimana biasa digunakan oleh komunitas internet untuk melakukan proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam suatu jaringan Internet.

Jenis protokol ini tidak dapat berdiri sendiri, karena protokol ini merupakan suatu kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan dibanyak jenis jaringan untuk saat ini. Perlu anda ketahui bahwa jaringan tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah umum yang sering diberikan kepada perangkat lunak jenis ini adalah TCP/IP stack

Protokol TCP/IP ini sendiri dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar yang difungsikan untuk menghubungkan perangkat komputer serta jaringan untuk bisa membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN).

TCP/IP ini sendiri merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang mempunyai sifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang sedang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja.

Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) dimana mempunyai tugas utama sebagai media untuk mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer agar dapat saling berhubungan satu sama lainnya di dalam jaringan Internet.

  • UDP (User Datagram Protocol)

UDP atu sering disebut juga dengan istilah User Datagram Protocol merupakan suatu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung sebuah komunikasi tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan tersebut yang menggunakan TCP/IP. Protokol ini  juga sering didefinisikan kedalam RFC 768.

  • Domain Name System (DNS)

Domain Name System atau sering dikenal dengan DNS merupakan sebuah distribute database system yang digunakan untuk melakukan penvarian suatu identitas komputer (name resolution) di dalam sebuah jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). 

DNS sendiri biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke jaringan Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu menempatkan suatu host name sebuah komputer ke dalam IP address.

  • Serial Line Internet Protocol (SLIP)


SLIP atau Serial Line Internet Protocol merupakan Sebuah protokol yang memungkinkan pemindahan data suatu alamat IP melalui saluran telepon. Alat bantu lainnya didalam SLIP adalah PPP yang mendeteksi suatu kesalahan dan konfigurasi. Sistem ini memerlukan satu komputer server sebagai tempat penampungnya, dan secara perlahan-lahan akan digantikan oleh standar PPP yang memiliki kecepatan proses yang cukup tinggi.

  • Internet Control Message Protocol (ICMP)

Perlu ditegaskan kembali bahwa ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP, dalam hal ini ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna, dengan syarat aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request serta menerima Echo Reply untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan. 

ICMP pada umunya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim sebuah  pesan kesalahan pada jaringan yang digunakan, sebagai contoh, "bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau".

  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web) sebagai suatu identitas utama dalam jaringan internet yang sering digunakan untuk mengakses sebuah situs atau website. 

HTTP sendiri mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client, serta difungsikan untuk melakukan pengaturan aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.

Untuk contoh sedrhananya, bila mana kita mengetikkan suatu alamat URL / Link pada internet browser maka web browser tersebut akan mengirimkan sebuah perintah HTTP ke web server. 

Kemudian Web server akan menerima perintah tersebut dan akan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.

  • HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

Seuai dengan nama yang diusungnya, HTTPS ini merupakan versi aman dari HTTP yang djadikan sebuah protokol komunikasi dari World Wide Web. HTTPS ini sendiri Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris, sehingga para pengguna layanan internet dengan tingkat pengamanan data yang sangat tinggi akan dapat terjaga dengan sangat baik.

Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS juga sudah menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

SMTP merupakan suatu  protokol yang umumnya sering digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di dalam jaringan Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.

  • POP3 (Post Office Protocol)

POP3 atau kepanjangan dari istilah Post Office Protocol version 3, dimana bisa didefinisikan sebagai suatu protokol yang biasa digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server untuk menampung email sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak menerimanya. Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

  • IMAP (Internet Message Access Protocol)

IMAP atau sering dikenal dengan istilah Internet Message Access Protocol merupakan suatu protokol standar yang digunakan untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. 

IMAP sendiri memungkinkan pengguna untuk memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. 

Kemampuan ini tentunya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada.

  • FTP (File Transfer Protocol)

File Transfer Protocol merupakan sebuah protocol internet yang dapat berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan interlokal (Internetwork). 

FTP atau Protocol Transmission Control Protocol (TCP) utamanya sering diaplikasilan untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibentuk sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. 

Dalam hal ini FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan User name dan Password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguana terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses ,men-dawnload ,atau bahkan meng-upload berkas- berkas yang akan mereka eksekusi. 
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment