Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Cara Kerja RAM (Random Access Memory) - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Cara Kerja RAM (Random Access Memory)

.
.
komputerdia.com, Random Acces Memory atau RAM adalah sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk penyimpanan data dan sebuah instruksi - intruksi program yang sedang kita jalankan dan sebelumnya sudah di eksekusi oleh sebuah Processor.

Sementara itu sifat penyimpanan pada RAM adalah bersifat sementara, dalam arti yang luas ketika kita masih melakukan suatu proses pada sebuah komputer, data yang kita jalankan untuk sementara di simpan pada RAM namun jika komputer sudah dimatikan maka data yang tersimpan di RAM tersebut secara otomatis akan hilang dan jika akan melakukan penyimpanan terhadap suatu data, maka data tersebut akan dilakukan penyimpanan pada Hard Disk, dimana hard disk merupakan sebuah perangkat keras komputer yang difungsikan sebagai media penyimpanan utama (permanen).

Jika dilihat secara umum RAM atau Random Access Memory bisa didefinisikan sebagai perangkat dalam sebuah perangkat komputer atau gadget yang dapat mengakses memori secara acak dengan cepat, perlu anda ketahui bahwa terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat.

Kemampuan RAM sendiri pada dasarnya difungsikan untuk mengakses data secara acak sehingga dapat menampilkan data secara lebih cepat. Selain itu RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk. Dapat dikatakan bahwa RAM adalah perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive


RAM juga pada dasarnya telah disetting sebagai memori utama atau primary memory pada sebuah perangkat komputer maupun gadget, yang artinya jika sebuah RAM mempunyai kapasitas lebih besar maka sudah bisa dipastikan kinerja komputer atau gadget pun akan semakin lancar.

Fungsi RAM Secara Umum

  • Fungsi dari RAM adalah sebagai media yang digunakan untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer ataupun laptop. Semakin besar RAM yang kita miliki, maka semakin cepat juga proses kinerja komputer tersebut.
  • Fungsi yang kedua adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara pada komputer, ketika si pengguna komputer sedang melakukan sebuah perintah didalam aplikasi sebelum disimpan pada penyimpanan utama atau hard disk

Fungsi RAM Secara Khusus

  • Sebagai Media Untuk Membaca Data
Perlu anda ketahui bahwa suatu data yang tersimpan dalam harddisk biasanya akan lebih lama ditampilkan karena bisa dikatakan harddisk adalah perangkat memori penyimpanan yang bekerja dengan lamban.

Hal ini dikarenakan dalam harddisk tersimpan banyak data dan diperlukan waktu untuk menemukannya terutama jika data mengalami fragmentasi (Pemecahan Data/Bagian). Untuk mengurangi kelambatan dalam sebuah proses pemanggilan data, setelah suatu file atau data pertama kali dibuka, data akan dibaca dan disimpan terlebih dahulu pada RAM dengan sifat sementara sehingga data tersebut akan lebih cepat diakses saat program masih berjalan dan komputer belum dimatikan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa RAM berfungsi dengan sangat cepat, bahkan lebih cepat dari solid state drive sehingga data yang sedang dibaca dan dibuka dalam sebuah program akan tetap berjalan dan dapat dibuka kembali dengan cepat saat berpindah dari satu program ke program lainnya (Multitasking) selama program tersebut tidak ditutup.


  • Sebagai Media Untuk Penyimpanan Sementara
Selain membaca data, RAM juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat suatu program sedang dijalankan.

Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Cara Kerja RAM (Random Access Memory)

Dalam kasus ini saya contohnkan, Misalnya ketika kita sedang melakukan pengetikan text pada Microsoft Word atau program lainnya, maka kata-kata yang dituliskan akan tersimpan pada program tersebut meskipun penyimpanan bersifat sementara dan tidak permanen. Dengan menyimpan data secara sementara pada RAM maka program dapat berjalan dengan lebih cepat dan responsive.

Mengingat sifat penyimpanan pada RAM adalah sementara, untuk melakukan safety dalam pekerjaan, sebaiknya jangan lupa untuk menyimpan data dalam format yang permanen karena kejadian yang tidak diinginkan misalnya listrik mati atau hal-hal lain bisa menyebabkan data hilang dan tidak bisa diakses kembali, karena belum mempunyai softcopy-nya.


Baca Juga Artikel Lainnya : 


Cara Kerja RAM (Random Acces Memory)

Pada saat kita menyalakan komputer, device yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor.

Tapi prakteknya hal ini sulit dilakukan karena perbedaan teknologi antara Processor & Hard Disk. Processor sendiri adalah komponen digital murni, dan akan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 saat ini 6,4 GB/s dengan FSB 800MHz).

Sedangkan Hard Disk sebagian besar teknologinya merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s). Secara teoritis kecepatan data Processor berkisar 46x lebih cepat dibanding HDD. Artinya, apabila Processor menunggu pasokan data dari HDD akan terjadi “Bottle-Neck” yang sangat parah.

Untuk mengatasi keadaan itu, diperlukan device Memory Utama (Primary Memory) atau disebut RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat” yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital, karena seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital.

Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Saat ini RAM DDR2 mempunyai bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat melipatgandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok data dalam jumlah yang pas ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

3 Responses to "Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Cara Kerja RAM (Random Access Memory)"