Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

.
.
komputerdia.com, Dunia era modern ini kian semakin canggih dan elegan, dahulu kecanggihan dunia maya hanya bisa didapatkan lewat teknologi komputer saja. Namun sekarang kepopuleran smartphone mampu menyaingi pamor dari teknologi komputer, berbagai macam fitur yang biasanya bisa di akses melalui komputer untuk saat ini fitur - fitur komputer sudah bisa dirasakan di perangkat smartphone, salah satunya adalah fitur OTG yang ada pada smartphone.

Apa itu OTG ? OTG ( On The Go) adalah sebuah standarisasi perangkat agar dapat terkoneksi dengan USB sehingga memungkinkan perangkat membaca data dari USB tanpa harus membuka nya dulu dari PC.

OTG merupakan salah satu fitur pada smartphone yang mempunyai suatu kemampuan untuk membaca perangkat flashdisk melalui port USB OTG (Universal Serial BUS). Perlu anda ketahui bahwa OTG ini sudah ada sejak dulu yang hanya bisa diakses melalui Handphone tertentu saja, seperti Nokia dengan Type N900 dan itu juga bisa dilakukan dengan bantuan swithc cable OTG.

Namun, untuk saat ini fitur OTG sudah sangat leluasa bisa diakses melalui perangkat smartphone apapun yang sudah mendukung langsung tanpa harus menggunakan switch cable OTG dan tentunya juga telah didukung oleh perangkat flashdisk yang sudah mempunyai dua sisi konektor yang berbeda.


Baca Juga Artikel Lainnya :

Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Pengertian Flashdisk OTG

Pada dasarnya pengertian Flashdisk OTG sama saja dengan Flashdisk biasa yaitu sebagai media yang digunakan untuk penyimpanan data atau file portable yang bersifat permanen, namun pada perangkat Flashdisk OTG mempunyai dua ujung konektor yang berbeda, dimana konektor pertama bisa kalian akses melalui port USB komputer sedangkan sisi konektor lainnya dapat kalian gunakan pada port USB Smartphone

Fungsi Utama Flashdisk OTG

  • Sebagai alat atau media untuk penyimpanan data
  • Sebagai media yang dipergunakan untuk melakukan penyalinan dan pemindahan data pada komputer atau smartphone
  • Dapat menghubungkan Memory Card Reader, Flashdisk atau Hard Disk Eksternal secara langsung lewat Android
  • Dapat melakukan transfer data langsung dari flash disk tanpa butuh Komputer dulu. Sehingga dengan adanya fasilitas ini dapat lebih hemat waktu dan tempat dalam pemindahan data.
  • Mempermudah pekerjaan kita, seperti misalnya dengan hanya menancapkannya flashdisk USB OTG ke android atau iphone anda, maka anda bisa menemukan pekerjaan yang anda cari. anda dapat mengetik dengan dengan keyboard dan mouse fisik.

Rekomendasi Flashdisk OTG Terbaik Saat ini

Merk flashdisk yang bagus dan Aksesphone rekomendasikan adalah Flashdisk otg sandisk. Mengapa harus sandisk? Ga merk lain. Hal utama memilih sandisk adalah karena kualitas dan keawetannya.

Berikut alasan komputerdia.com memilih flashdisk otg sandisk:

  • Sandisk perusahaan besar dengan kualitas yang bagus
Siapa pengguna gadget yang tidak kenal sandisk, ya sandisk sudah bertahun-tahun berpengalaman dibidang flash memory storage (kartu memory, ram, flashdisk, dll)

  • Super Cepat,  transfer Kecepatan dari Drive ke Komputer
Transfer dari flash drive dual Anda ke port komputer USB 3.0 memiliki kecepatan hingga 130MB / s Menulis kecepatan rendah dan berbeda dengan kapasitas drive. Port USB 3.0 diperlukan. Berdasarkan pengujian internal; (Kinerja mungkin lebih rendah tergantung pada perangkat utama). 1MB = 1.000.000 byte.

Kecepatan seperti ini memungkinkan untuk memindahkan seluruh film, buku audio, atau perpustakaan musik hanya dalam hitungan detik. Dan yang membantu membuat smartphone Android on-the-go anda ke perangkat hiburan serta kamera favorit Anda.

  • Kapasitas hingga 128GB
Menawarkan hingga 128GB Penyimpanan pengguna yang sebenarnya kurang. Penyimpanan, flashdisk otg SanDisk USB 3.0 memberikan Anda lebih dari kapasitas yang cukup untuk foto atau musik perpustakaan digital besar dan banyak ruang untuk bergerak video kemarin off ponsel Anda sehingga Anda memiliki ruang untuk menangkap apa yang terjadi hari ini.

  • SanDisk Memory Zona App Mengelola File
Unduh aplikasi SanDisk Memory Zona dari Google play store Dan menggunakannya untuk memantau memori yang tersedia dengan efisien mengelola, mengatur, dan cadangan file yang tersimpan di smartphone Android Anda.

  • Secara otomatis Terdeteksi Ketika Terhubung
Flashdisk otg yang satu bersifat "plug and play" flash drive otg secara otomatis terdeteksi ketika Anda terhubung ke sebuah smartphone Android OTG atau tablet.

  • Kompatibilitas dan Garansi
Flashdisk otg SanDisk Ultra Ganda Drive USB 3.0 kompatibel dan bekerja langsung dengan PC dan komputer Mac yang menjalankan Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Mac OS 10.6. Flashdrive otg  ini didukung oleh garansi lima tahun.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

4 Responses to "Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG"

  1. Thanks sangat membantu infonya..👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama mas, terima kasih juga sudah berkunjung

      Delete
  2. brti tu fashdick otg tinggal colok langsung ke hp gan ?...btuh aplikasi tambahan ngak ngan u f1s, @apkah f1s jg mendukung otg ?...

    ReplyDelete
  3. @Baonk Kenyi : ngga perlu tambahan aplikasi apa2 mas, langsung tancap aja (Plug and Play)

    ReplyDelete