Pengertian, Fungsi RSSFeed dan FeedBurner untuk Blog / Website

komputerdia.com - Mungkin bagi kalian yang telah lama malang melintang di dunia internet, khusunya dunia website dan blogger, nama RssFedd dan FeedBurner ini mungkin sudah tidak asing lagi tentunya. Namun bagi kalian yang masih belum memahami sepenuhnya tentang masalah ini, Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan dan memaparkan apa itu RSSFeed / FeedBurner

FeedBurner yaitu sebuah layanan yang dikhususkan untuk tehnologi internet dimana salah satu peranannya adalah bisa menopang para blogger atau yang memiliki website untuk memfasilitasi dalam hal mempublikasikan serta mempromosikan dengan segera pada tiap-tiap artikel yang telah mereka publikasikan.

Ada juga yang mendefinisikannya sebagai berikut, FeedBurner Merupakan Sebuah layanan teknologi internet yang memiliki Fungsi untuk membantu para blogger atau pemilik situs dalam memfasilitasi,mempublikasikan,dan mempromosikan setiap artikelnya yang terbaru yang sudah di posting di situs mereka. Teknologi yang disediakan oleh FeedBurner hampir sama dengan Teknologi RSS Feed yaitu mempersatukan hal tertentu dengan sangat mudah.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Pengertian, Fungsi RSSFeed dan FeedBurner untuk Blog / Website

RSSFeed dan FeedBurner adalah hal yang serupa dan memiliki tujuan yang sama hanya saja nama yang membedakan. Tujuan dari kedua tools diatas adalah Memberikan Informasi kepada pembaca setia dari blog kita melalui layanan email milik pribadi dari si pembaca dimana email tersebut berisi artikel terbaru yang sudah diterbitkan oleh penulis blog tersebut.

Memberikan FeedBack atau umpan balik kepada si pembuat artikel mengenai aktifitas pembaca terhadap artikel yang sudah mereka buat, dan hal ini juga dapat meningkatkan traffic pengunjung pada web tersebut.

Dengan adanya FeedBurner ini pembaca setia bisa mengetahui artikel terbaru yang diterbitkan oleh blog yang mereka jadikan langganan atau Blog Favorite mereka tanpa harus mengunjungi situs blog mereka sudah bisa membuka artikel terbaru hanya dengan membuka email mereka dan mengklik tautan yang tersedia didalamnya.

Teknologi Yang Digunakan FeedBurner

Teknoligi yang disediakan Feed Burner pada dasarnya sama dengan teknolgi yang disajikan oleh RSS Feed (really simple syndication) yaitu satu tehnologi yang dipakai juta-an pemakai internet di semua dunia untuk selalu mendapatkan info paling baru dari situs (blog) atau situs favoritnya, pada Feed Burner serta RSS Feed yaitu hal yang sama serta mempunyai maksud yang sama, cuma arti yang membedakan di antara keudanya, mengenai maksudnya yaitu : 

  • Memberi info pada pembaca atau pengunjung blog yang sudah berlangganan, lewat service e-mail milik pembaca tentang artikel paling baru yang telah di buat atau publikasikan oleh pemilik Situs (blog) atau Website, 
  • Memberi Feed back atau umpan balik pada pembuat artikel tentang kegiatan pembaca pada artikel yang telah mereka buat, sekalian bisa meningkatkan trafik kunjungan website situs/situs (blog) yang mereka miliki tersebut.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Cara Kerja FeedBurner

A. Cara Kerja FeedBurner untuk Pemilik Situs

  • Untuk Memperoleh serta memakai service Feed, Yang memiliki Situs (blog) atau website harus lakukan registrasi ke satu layanan feed untuk mendaftarkan alamat situs (blog) atau website miliknya, satu diantara service feed yang dapat dipakai yaitu feedburner. com satu service gratis punya google yang cukup di kenal sekarang ini. 
  • Dengan melakukan Registrasi tersebu, Pemilik Situs (blog) dapat peroleh script Code Widget yang dapat ditambahkan atau ditempel dalam script situs (blog) miliknya, satu diantara script widget yang dapat didapat yaitu script widget untuk subscrib e-mail, (Sarana Berlangganan Lewat E-mail), saat pembaca berita memasukan e-mail miliknya lewat sarana ini, pembaca berita dengan automatis bakal memperoleh berita paling baru tentang artikel yang diterbitkan lewat e-mail yang mereka daftarkan.

B. Cara Kerja FeedBurner untuk Pengunjung Situs

Untuk satu situs (blog) yang telah menggunakanservice Feed, situs (blog) tersebutbakal menghidangkan widget spesial untuk para pembaca artikelnya, yang didapat dari service Feed, Pembaca berita dapat memakai Widget itu, Contoh Widget untuk Subcribe E-mail.

Beberapa pembaca yang tertarik dengan artikel yang diterbitkan, bila tertarik untuk jadi pelanggan, pembaca bisa berlangganan lewat cara memasukan e-mail miliknya lewat widget subscribe e-mail yang disiapkan.

Dengan hal tersebut setiap artikel paling baru yang diterbitkan oleh pemilik situs (blog) atau website, bakal dengan automatis diberitakan pada para pembaca setia lewat e-mail milik pembaca yang telah didaftarkan tersebut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2