Cara Mengaktifkan Tulisan atau Font Arabic Di Windows 7

komputerdia.com - Sebagai seorang yang hoby menulis, terkadang kita membutuhkan jenis tulisan arabic yang di khususkan untuk membuat tulisan-tulisan dengan huruf arab. Misalnya ketika kita akan membuat suatu makalah tentang agama, pastinya didalam artikel akan terdapat sebuah ayat Al-Qur'an atau dalil yang diharuskan menggunakan font atau huruf arab.

Huruf hijaiah adalah tulisan atau aksara bahasa Arab yang telah dikodifikasi untuk penulisan bahasa Arab. Abjad Arab ditulis dari kanan ke kiri bergaya kursif dan terdiri dari 28 huruf.

Asalnya, abjad ini adalah abjad murni, yaitu yang hanya terdiri dari konsonan, tetapi sekarang bukan lagi. Sama halnya dengan sistem penulisan abjad yang lain, seperti abjad Ibrani, para penulis kemudian merancang indikator suara vokal menggunakan tanda vokal terpisah.

Abjad Arab berasal dari Aksara Aramea (dari bahasa Syria dan Nabatea), di mana abjad Aram terlihat kemiripannya dengan abjad Koptik dan Yunani. Terlihat perbedaan penulisan antara Magribi dan Timur Tengah. Di antaranya adalah penulisan huruf qaf dan fa. Di wilayah Arab Maghrib, huruf qāf dituliskan dengan memiliki titik di bawah dan fā' dengan satu titik di atasnya.

Dalam kasus ini, selain kalian menggunakan bantuan tools atau alat alainnya, sebenarnya pada fitur bawaan windows 7 sendiri telah meneydiakan fitur tersebut. Biasanya fitur ini telah di bundel didalam format bahasa, dan untuk bisa menikmati fitur ini kalian harus mengaktifkan beberapa bahasa di windows kalian seperti ID, EN, dan ARB.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
Cara Mengaktifkan Tulisan atau Font Arabic Di Windows 7

Cara Mengaktifkan Tulisan Arab Di Windows 7

  • Langkah pertama silahkan kalian buka menu control panel .
  • Setelah masuk pada halaman control panel, silahkan kalian cari dan pilih menu Clock, Language, and Region .
Cara Mengaktifkan Tulisan atau Font Arabic Di Windows 7
  • Langkah selanjutnya kalian pilih menu Keyboard or other Methods Input , untuk melakukan pengauran input dari keyboard
Cara Mengaktifkan Tulisan atau Font Arabic Di Windows 7
  • Tahap selanjutnya kalian tekan tombol Change Keyboards.., setelah berada dihalaman tersebut kalian pilih tombol Add .
Cara Mengaktifkan Tulisan atau Font Arabic Di Windows 7
  • Lalu pilih font Arabic (Saudi Arabia) , kemudian kalian silahkan tekan icon  (+). Maka akan muncul beberapa pilihan yang harus kalian ceklis, pada pilihan ini silahkan kalian cek menu Keyboard dengan sub menu Arabic (101), jika sudah maka kalian Klik  tombol OK .
Cara Mengaktifkan Tulisan atau Font Arabic Di Windows 7
  • Maka kalian akan diarahkan ke halaman sebelumnya. dan dihalaman ini silahkan kalian tekan tombol apply untuk menyimpan settingan yang telah kalian ubah .
  • Demikian artikel kali ini yng bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Jika ada pertanyaan atau saran yang ingin kalian sampaikan, silahkan kalian bisa berkomentar dikolom yang sudah saya sediakan di akhir postingan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2