Cara Root dan Install TWRP Di Samsung Galaxy Note 8 Dengan Mudah

komputerdia.com - Untuk melakukan root dan install TWRP Recovery pada perangkat samsung galaxy Note 8, memang agak sedikit berbeda dari perangkat samsung lainnya. Dimana pada perangkat galaxy note 8 ini, kombinasi tombol yang digunakan untuk masuk ke mode download dan recovery nya tidak menggunakan tombol home melainkan dengan tombol Bixby .

Apa itu Bixby , Bixby adalah sebuah fitur asisten digital layaknya seperti Siri yang terdapat pada dperangkat iOS atau Cortana pada Windows yang bertujuan untuk membantu kalian dalam menggunakan perangkat pintar.

Pengertian Root adalah suatu sistem account yang memiliki kekuasaan absolut atau akses yang mutlak untuk mengakses dan mengeksekusi serta memodifikasi semua file command, sistem dan sistem operasi berbasis lunux.

Pada dasarnya root mempunyai  akses tanpa batas yang bisa menghapus, menambah bahkan memodifikasi semua file yang terdapat pada sistem android, arti sebenarnya aktivitas nge-root ini bisa disandingkan dengan istilah nge-hack sistem smartphone agar bisa mengakses ke account root smartphone tersebut.

Dengan adanya aktivitas rooting ini, kita bisa dengan bebas "mengoprek" atau memodifikasi smartphone tersebut. Namun perlu kalian ingat, jika kalian melakukan aktivitas root ini secara otomatis garansi dari smartphone tersebut akan hilang.

Seperti yang dilakukan oleh asisten virtual lainnya, Bixby akan terus belajar mengenali sebuah kebiasakan yang sering kalian lakukan, agar bisa memberikan suatu rekomndasi terbaik dalam segala hal. 

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Cara Root dan Install TWRP Di Samsung Galaxy Note 8 Dengan Mudah

Cara Root dan Install TWRP di Samsung Galaxy Note 8

  • Sebelum melangkah ke tahap pengerjaan, terlebi dahulu kalian harus megunduh bahan - bahan kelengkapan dibawah ini
  TWRP Galaxy Note 8
  Magisk Galaxy Note 8
  Odin V.3.9
  Magisk APK
  Samsung USB Driver

  • Silahkan kalian install Samsung USB Driver di komputer kalian, dan tunggu proses hingga selesai
  • Selanjutnya silahkan kalian hubungkan smartphone kalian ke komputer dengan menggunakan kabel data, kemudian copy file Magisk-v14.0.zip dan File MagiskManager-v5.1.1.apk ke SdCard kalian serta letakan kedua file tersebut di luar folder.
  • Cabut kabel data dari komputer, selanjutnya silahkan kalian aktifkan mode USB Debugging dan OEM Unlock dengan cara masuk ke menu setting → about device → gulir ke bagian bawah dan ketuk sebanyak 7 - 8 kali pada menu Build number , sehingga kalian akan mendapatkan keterangan "you are now a developer", lihat keterangan gambar
Cara Root dan Pasang TWRP Di Samsung Galaxy Note 8
  • Setelah kalian mendapatkan notifikasi sudah menjadi seorang pengembang, silahkan kembali kemenu sebelumnya dan tekan menu Developer Options atau Opsi Pengembang dan silahkan aktifkan mode USB Debugging dan OEM Unlock .
Cara Root dan Pasang TWRP Di Samsung Galaxy Note 8
  • Matikan galaxy Note 8 kalian, dan pastikan dalam keadaan mati total
  • Silahkan masuk ke menu download dengan menekan kombiansi tombol Power + Volume - (bawah) + Bixby .
Cara Root dan Pasang TWRP Di Samsung Galaxy Note 8
  • Maka kalian akan diarahkan pada halaman seperti dibawah ini
Cara Root dan Pasang TWRP Di Samsung Galaxy Note 8
  • Setelah itu silahkan kalian tekan tombol volume + (atas), untuk masuk kemode download seperti pada gambar dibawah ini
Cara Root dan Pasang TWRP Di Samsung Galaxy Note 8

  • selanjutnya silahkan kalian sambunngkan kembali galaxy note 8 kalian dengan komputer menggunakan kabel data dan tunggu beberapa saat hingga system telah benar-benar membaca ponsel kalian
  • Kemudian kalian buka aplikasi odin, hilangkan centang pada bagian Auto Reboot, dan pada kolom AP silahkan kalian masukkan file Galaxy note 8 twrp-3.1.1-0-greatlte.img.tar .
  • Selanjutnya, kalian Klik tombol START, tunggu proses pemasang twrp recovery beberapa menit dan jika sudah selesai kalian akan melihat keterangan dengan tulisan PASS
Cara Root dan Pasang TWRP Di Samsung Galaxy Note 8
  • Setelah proses pemasangan twrp selesai, selanjutnya silahkan kalian tekan tombol Power + Volume - (bawah) + Bixby kembali untuk mematikan smartphone kalian .
  • Langkah seterusnya silahkan kalian masuk ke mode twrp recovery dengan cara menekan tombol Power + Volume - (bawah) + Bixby .
  • Setelah masuk kemode Recovery untuk pertama kalinya, silahkan kalian tekan dan geser tombol swipe right to allow modifications .
Cara Root dan Pasang TWRP Di Samsung Galaxy Note 8
  • Lanjut dengan menekan tombol install, dan kalian pilih file Magisk-v14.0.zip 
Cara Root dan Pasang TWRP Di Samsung Galaxy Note 8
  • Selanjutnya silahkan tekan dan geser tombol Swipe to confirm Flash , untuk mengkonfirmasi proses rooting dan tunggu proses hingga selesai 
  • Setelah selesai, silahkan kalian restart galaxy note 8 kalian dan setelah nyala kembali silahkan kalian install aplikasi MagiskManager-v5.1.1.apk seperti biasanya.
  • Buka aplikasi tersebut dan lihat hasilnya
  • Selesai, semoga bermanfaat untuk kalian semuanya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2