Pengertian Kabel DFC, Fungsi Kabel USB DFC (Deep Flash Cable) dan Cara Membuatnya - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Pengertian Kabel DFC, Fungsi Kabel USB DFC (Deep Flash Cable) dan Cara Membuatnya

komputerdia.com - Kabel DFC atau kepanjangan dari istilah Deep Flash Cable merupakan sebuah kabel data / kabel USB biasa yang dimodifikasi dengan sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk melakukan keperluan flashing smartphone. 

Namun jika kita definisikan secara spesifik, Kabel DFC adalah kabel yang sengaja dibuat menjadi konslet, karena jika dilihat fungsionalnya memang kabel USB ini dibuat dan di setting menjadi konslet agar dapat membaca sistem smartphone secara paksa.

Umumnya kabel DFC ini dapat dipergunakan di jenis smartphone terbaru seperti saat ini, khususnya untuk smartphone xiaomi, agar bisa digunakan untuk melakukan flash Xiaomi yang mengalami masalah brick ataupun masalah lainnya, seperti tidak bisa masuk ke mode EDL (Mode 9008)


Baca Juga Artikel Lainnya :

Pengertian dan Fungsi Kabel USB DFC (Deep Flash Cable)

Cara Membuat Kabel DFC

Sebenarnya saat ini, kalian sudah tidak perlu repot untuk membuat kabel DFC sendiri. Karena saat ini sudah banyak para penjual accesoris smartphone yang menyediakan barang ini, atau kalian bisa mendapatkannya diberbagai toko online lokal. Tetapi, jika kalian ingin mencoba membuatnya sendiri, kalian bisa mengikuti cara-cara dibawah ini. 

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

  • Kabel data USB biasa yang masih bisa digunakan
  • Cutter atau silet yang digunakan untuk mengupas kulit kabel
  • Kabel ukuran kecil sebagai penghubung
  • Lakban atau Isolasi 

Cara Merakit Kabel DFC 


  • Langkah pertama silahkan kalian potong kabel yang akan digunakan sebagai sakelar/ switch secukupnya yang nantinya akan kita akan hubungkan dengan kabel data USB tersebut. 
  • Untuk masalah tombolnya, kalian bisa menggunakan bekas handsfree atau juga dapat menambahkan tombol sakelar ON / OFF yang di jual di toko elektronik agar lebih rapi. Berhubung tutorial yang saya buat ini, hanya menggunakan bahan ala kadarnya, sakelar tersebut tidak saya masukkan dalam bahan pembuatan kabel ini, dalam cara ini saya hanya menggunakan metode menghubungkan dua titik kabel
  • Langkah kedua silahkan kalian kupas bagian kulit kabel USB pada titik yang kalian inginkan, namun jangan terlalu mendekati pada konektor USB tersebut, usahakan pengelupasan tersebut berada di posisi tengah kabel atau 1/4 bagian kabel yang mendekati Micro USB yang intinya untuk mempermudah melakukan switch hubungkan / lepas [ON/OFF].
Pengertian Kabel DFC, Fungsi Kabel USB DFC (Deep Flash Cable) dan Cara Membuatnya
  • Jika sudah kalian kupas, maka kalian akan melihat beberapa bagian kabel seperti merah, putih, hijau dan hitam kemudian cari kabel hijau dan hitam yang nantinya kita akan hubungkan dengan kabel penghubung untuk dijadikan sebagai sakelar, untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat ilustrasi gambar dibawah ini
Pengertian Kabel DFC, Fungsi Kabel USB DFC (Deep Flash Cable) dan Cara Membuatnya
  • Setelah kalian menghubungkan masing - masing kabel tersebut dengan baik, s elanjutnya silahkan kalian beri lakban "isolasi"  yang fungsinya untuk melindungi kabel yang kita hubungkan tadi, agar tidak saling berdempetan atau terjadinya 'short". 
  • Langkah terakhir, silahkan kalian kupas kulit kabel yang menjadi pelindung lapisan pada bagian kabel yang menjadi sakelar tersebut yang nantinya kita jadikan [ON/OFF].
  • Jika semua telah dilakukan seperti langkah - langkah diatas, maka secara keseluruhannya akan terlihat seperti gambar dibawah ini
Pengertian Kabel DFC, Fungsi Kabel USB DFC (Deep Flash Cable) dan Cara Membuatnya
  • Sekedar tambahan, jika kalian yang tidak mau ribet. Kalian bisa membeli kabel DFC yang plug and play di toko-toko online
  • Selesai semoga bermanfaat untuk kalian semuanya
.
.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment