Pengertian Bitcoin, Sejarah dan Pembahasan Perjalanan Bitcoin Terlengkap

komputerdia.com - Pengertian Bitcoin adalah aset digital atau lebih tepatnya bisa disebut dengan uang digital yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Aset digital ini seperti halnya emas, namun hanya tersedia di dunia digital. Konsepnya mungkin terdengar seperti eGold, walaupun sebenarnya jauh berbeda dari konsep tersebut

Dengan menggunakan bitcoin, kalian bisa melakukan transfer bitcoin ke mana saja di dunia asalkan terkoneksi dengan internet. Secara konsep dasar Bitcoin akan disimpan ke dalam Bitcoin Wallet Wallet ini harus terinstall di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone.

Bitcoin baru diciptakan dengan proses yang disebut dengan istilah “mining”. Para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks untuk menemukan block baru Bitcoin, sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin.

Hadiah per ditemukannya 1 block awalnya ada 50 BTC, sekarang 25 BTC/block, selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahkan sirkulasi Bitcoin. Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia adalah 21 Juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi.

Setelah menginstall wallet, kalian akan mendapatkan Bitcoin Address. Untuk transfer bitcoin dengan sangat mudah, buka aplikasi wallet, masukan Bitcoin Address dari lawan transaksi kemudian masukkan jumlah bitcoin yang ingin ditransfer, dan tekan tombol akses kirim

Perjalanan bitcoin dimulai dari terciptanya Genesis Block, yakni blok bernomor 0 yang dibuat pada tanggal 3 januari 2009 oleh Satoshi Nakamoto dengan nilai hash 000000000019d6689c085ae165831e934ff763ae46a2a6c172b3f1b60a8ce26f

Didalam coinbase block tersebut, Satoshi Nakamoto menyisipkan kalimat seperti dibawah ini, yang mana kata tersebut merupakan satir bahwa kegagalan perbankan akan ditanggung oleh para pembayar pajak melalui dana bailout yang dikeluarkan pemerintah

The Times 03/Jan/2009 Chancellor on brink of second bailout for banks

Sejak pertama bitcoin dikembangkan, berbagai perbaikan diterapkan berdasarkan saran dan masukan dari para anggota Chyperpunk, diantaranya seperti Finney yang terpukau dengan ide mata uang virtual baru ini.

Bitcoin yang pada awalnya tidak mempunyai nilai, lambat laun mendapatkan tempat yang sangat spesial di berbagai komunitas sebagai sebuah komoditas virtual yang dijalankan oleh sebuah sistem yang independen. Harga bitcoin menjadi kian melambung setelah ikut terdorong oleh banyaknya pengguna yang terlibat.

Kini setelah menginjak usia ke 8 (delapan) tahun (terhitung pada 28/04/2018) sejak genenis block, bitcoin telah menjadi mata uang virtual dengan valuasi pasar terbesar diduia dan memimpin jauh jika dibandingkan dengan rival terdekatnya yakni Ethereum.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Pengertian Bitcoin, Sejarah dan Pembahasan Perjalanan Bitcoin Terlengkap


Didunia internet sendiri, selain dari situs-situs yang kita kenal selama ini, terdapat juga sebuah area yang tidak banyak diketahui keberadaannya yang disebut dengan deep web atau sering juga dikenal dengan istilah dark web. Hal ini dapat diartikan sebagai situs yang berada didalam sebuah kegelapan yang tidak bisa di akses oleh mesin pencari biasa bahkan oleh mesin pencari sekelas Google, atau Bing.

Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali layanan pada deep web yang menggunakan jalur ilegal serta melawan aturan hukum. Deep web menjadi terkenal setelah terjadi penangkapan atas pemilik silk road, sebuah toko yang menjual barang-barang terlarang seperti narkoba. Dalam hal ini yang menjadi daya tariknya adalah Bitcoin yang disangkut pautkan dengan silk road, sebab pada transaksi jual beli tersebut melakukan mata uang digital Bitcoin.

Alasan utama bitcoin digunakan sebagai alat pembayaran utama di silk road adalah karena keamanan pengguna dan penjual, sebab dengan menggunakan bitcoin semua data pengguna serta alur transaksi sangat sulit untuk dilacak.

Dengan demikian tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dunia deep web termasuk didalamnya silk road, memilikitempat khusus dalam sejarah bitcoin. Bahkan deep web dianggap sebagai suatu media yang berkontibusi besar terhadap meningkatnya harga bitcoin di pasaran global.


Mengenal Satoshi Nakamoto Pencetus Bitcoin

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa satoshi nakamoto merupakan tokoh sentral seklaigus tokoh paling misterius yang pernah ada didalam sejarah bitcoin. Satoshi Nakamoto merupakan orang pertama yang mencetuskan protokol bitcoin, pengembang pertama software bitcoin dan peramu konsep-konsep kriptografi untuk diterapkan dalam sistem pembayaran elektronis.

Siapapun tokoh asli dibalik nama "Satoshi Nakamoto" tidak ada yang mengetahui, meskipun Gavin Andresen dan Jhon Matonis, dimana mereka merupakan dua tokoh yang pernah melakukan komunikasi secara langsung dengan satoshi namun tidak bertatap muka langsung karena mereka melakukan komunikasi hanya melalui telepon.

Namun disisi lain, meskipun mereka berdua tidak bertatap muka secara langsung, mereka sudah mempunyai kesimpulan bahwa orang yang sering disebut Satoshi Nakamoto tiada lain adalah  Craig Wright.

Setelah berita itu tebuka ke khalayak umum, telah banyak para peneliti berita yang membongkar profil Craig Wright. Pada saat itu sudah hampir menemukan titik terang dari seorang Craig Wright karena profilnya sangat meyakinkan untuk diduga sebagai satoshi nakamoto, sebab latar belakangnya yang kental dengan dunia riset serta kriptografi termasuk belasan paten yang diajukannya terkait dengan blockchain dan mata uang digital lainnya.

Namun semua dugaan tersebut serta bukti-bukti elektronik yang diajukan oleh craig wright tampak meragukan, dan analisis pakar bitcoin menyatakan bahwa bukti-bukti tersebut masih diragukan. Sehingga sampai detik ini, belum ada keterangan dan penjelasan yang pasti untuk menunjuk siapakah jati diri satoshi nakamoto yang asli

Sebelum craig wright, terdapat beberapa orang yang diduga sebagai satoshi nakamoto, diantaranya adalah Nick Szabo, Dorian Nakamoto, dan Hal Finney, namun ketiga orang tersebut telah menyangkal bahwa mereka bukanlah satoshi nakamoto

Sejarah dan Pembahasan Perjalanan Bitcoin Terlengkap

Beberapa orang memang sangat menyayangkan kenapa satosho nakamoto tidak pernah membocorkan identitas aslinya kepada khalayak umum, karena banyaknya pertanyaan yang akan diajukan kepadanya termasuk pendapatnya tentang debak skalabilitas yang panas.

Namun demikian, banyak juga pihak yang memuji satoshi nakamoto yang menyembunyikan identitas dirinya, karena menurut mereka keadaan bitcoin jauh lebih penting dari pada identitas asli satoshi nakamoto. Dengan tiadanya informasi tentang satoshi nakamoto, maka demokrasi akan benar-benar bisa berjalan dengan baik dan seimbang


Fitur Mata Uang Digital Bitcoin


Transfer instant secara peer to peer.

Peer-to-peer sendiri artinya Bitcoin berjalan tanpa memiliki server pusat. Server penyimpanannya bersifat desentralisasi dan terdistribusi—dibagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang terhubung ke dalam jaringan.


Transfer ke mana saja

Tidak seperti emas, Bitcoin bisa dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik, kapanpun dan darimanapun yang Anda mau. Pengiriman dengan Bitcoin bisa terjadi hanya dengan modal sebuah smartphone dan koneksi internet.


Biaya transfer sangat kecil.

Biaya pengiriman pun bisa dihilangkan sampai gratis, namun untuk mempercepat transaksi, biasanya dompet Bitcoin Anda akan memotong biaya sekitar 500 – 3,000 rupiah, tidak peduli berapa jumlah bitcoin yang dikirimkan.


Transaksi bersifat irreversible

Bitcoin diberikan ke tangan orang lain, transaksi tidak dapat dibatalkan kecuali orang itu bersedia mengirimkan Bitcoinnya kembali;


Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous.

Semua transaksi yang pernah dilakukan sekaligus saldo Bitcoin yang dimiliki seseorang bisa kita lihat, namun kita tidak tahu siapa pemilik alamat Bitcoin tersebut bila si pemilik tidak memberitahukannya. Setiap pengguna Bitcoin sebenarnya bisa memilih apakah namanya ingin dimunculkan atau tidak, namun meskipun si pengguna ingin merahasiakan identitasnya, semua transaksinya tetap tercatat dan dapat dipantau oleh publik.


Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah.

Bitcoin yang menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Mereka yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin, harus meretas jutaan server tersebut di saat yang bersamaan.


Jumlahnya terbatas

Suplai Bitcoin hanya akan ada 21 juta Bitcoin di seluruh dunia. Sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali ini menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply bitcoin, harga bitcoin cenderung naik.


Tag :
Sejarah Cryptocurrency bitcoin
Sejarah Bitcoin
Sejarah Bitcoin Dunia
Sejarah Bitcoin Indonesia
History of bitcoin
Pengertian Bitcoin
Definisi Bitcoin
Bitcoin adalah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2