Mengenal Dan Memahami Jenis-Jenis Transaksi Bitcoin - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Mengenal Dan Memahami Jenis-Jenis Transaksi Bitcoin

komputerdia.com - Sebagai sebuah sistem yang modern, tentunya bitcoin memberikan dukungan terhadap berbagai metode pembayaran, tergantung dengan kebutuhan para penggunanya. Bitcoin memiliki tipe transaksi standar, namun juga dapat di modifikasi sesuai dengan keperluan.

Didalam artikel bagian ini, saya akan menjelaskan beberapa jenis atau type transaksi bitcoin yang pada umumnya sering kita temui di kehidupan sehari-hari pada saat ini, diantaranta banyaknya jenis transaksi yang akan saya jelaskan diantaranya P2A, P2PK, P2SH serta null data yang akan dibahas seperti dibawah ini

Baca Juga Artikel Lainnya :

Mengenal Dan Memahani Jenis-Jenis Transaksi Bitcoin

Jenis Transaksi Bitcoin

A. Pay To Address (P2A)

Pay To Address atu sering juga dikenal dengan istilah Pay to Public Kesy Hash (P2PKH) yang merupakan metode transaksi bitcoin paling banyak dilakukan, yakni metode pembayaran bitcoin yang ditujukan kepada sesama alamat bitcoin, serta merupakan nilai hash dari public key.

Untuk dapat menggunakan metode jenis ini, si calon penerima bitcoin harus memberikan alamat alamat bitcoin-nya kepada si pembayar. Hal ini sama seperti layaknya ketika kita akan melakukan pengiriman uang di instansi bank, yang mana kita harus mengetahui no rekening tujuan, agar dana yang kita kirim bisa sampai ke calon penerima

Sementara itu, informasi <ScriptPubKey> pada metode jenis ini, selalu disusun seperti pada struktur dibawah ini :

OP-DUP OP_HASH160 <hashPubKeyHex> OP_EQUALVERIFY OP_CHECKSIG

Skript diatas ditempatkan pada TxOut, yang akan memverifikasi TxIn dan akan menggunakan dana pada transaksi tersebut. TxIn yang dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan diatas tersusun atas <sig> dan <pubkey>, dimana <sig> merupakan digital signature yang dibuat oleh pemilik kunci privat atas transaksi yang menggunakan dana.

Sementara <pubkey> meruapakan suatu kunci publik yang berasosiasi dengan alamat bitcoin yang bersangkutan. Dan berikut ini adalah metode evaluasi script pada bitcoin

Mengenal Dan Memahani Jenis-Jenis Transaksi Bitcoin

Dan untuk langkah - langkahnya, kalian bisa perhatikan beberapa point penting dibawah ini :
  • Informasi <sig> dan <pubkey> dimasukkan kedalam stack dengan metode LIFO
  • Operasi pertama adalah OP_DUP yaitu melakukan sebuah duplikasi atas data terakhir didalam stack,yakni <pubkey>. Dengan demikian, dalam stack tersedia juga data <sig> <pubkey> <pubkey>.
  • Operasi berikutnya adalah OP_HASH160, yakni menghitung nilai hash dengan metode RIPEMD160 atas data terakhir dalam stack. Setelah operasi ini dilakuakan, maka didalam stack akan tersedia data <sig> <pubkey> <pubKeyHash>.
  • Data <HashPubKeyHex> dimasukkan kedalam stack, sehingga data didalam stack berubah menjadi <sig> <pubkey> <pubKeyHash> <hashPubkeyHex>
  • Operasi OP_EQUALVERIFY akan melakukan pengecekan, apakah dua (2) data terakhir pada stack memiliki nilai yang sama. Jika kedua data tersebut sama, maka akan dihilangkan dari stack
  • Operasi OP_CHECKSIG akan mengecek validitas digital signature <sig> dengan menggunakan <pubkey> yang tersedia.
  • Apabila operasi terakhir valid, maka script ini akan menghasilkan nilai akhir True (benar), namun jika tidak valid maka akan menghasilkan nilai akhir False (salah).

B. Pay To Public Key (P2PK)

Transaksi P2PK bekerja dengan cara yang hampir sama dengabn Pay To Address. Yang menjadi perbedaannya , pada P2PK hanya terdiri atas langkah terakhir (f) dari prosedur yang ada pada P2A. Pada P2PK, <scriptPubKey> disusun seperti dibawah ini

<pubkey> OP_CHECKSIG

Dengan demikian, untuk menggunakan dana yang tersedia hanya perlu meletakkan informasi <sig> yang menjadi digital signature, pada bagian <scriptSig>. Evaluasi script ini dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Data <sig> dimasukkan kedalam stack
  • Data <pubkey> dimasukkan kedalam stack
  • Operasi OP_CHECKSIG akan melakukan pengecekan validitas digital signature <sig> dengan menggunakan <pubkey> yang tersedia.
Meskipun operasi pada transaksi Pay to Public Key tampak lebih sederhana jika dibandingkan dengan transaksi Pay To Address, namun skema ini akan menghasilkan data transaksi yang lebih besar ketimbang dengan skema pay to address.

Dengan demikian biaya transaksi akan membengkak pula. Kemudian ditambah lagi dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa skema ini lebih rentan serangan yang dilakukan menggunakan komputer quantum, skema ini juga sudah tidak dapat dipakai lagi, kecuali jika digabungkan dalam skema Pay To Script Hash (P2SH).


C. Pay To Script Hash (P2SH)

P2SH merupakan metode lain untuk melakukan transaksi dalam sistem bitcoin. Metode ini didefinisikan sebagai metode standard dengan spesifikasi BIP16 yang menjelaskan detail dari P2SH. Dengan metode ini, user bitcoin dapat mengkonstruksikan sebuah script sebagai persyaratan sebelum dapat menggunakan uang yang dibayarkan.

Tujuan utama dukungan terhadap P2SH dalam sistem bitcoin, adalah untuk metode multisignature tanpa perlu mendeskripsikan seluruh detailnya didalam scriptPubKey. Dengan menggunakan metode ini, pengiriman uang hanya perlu menuliskan nilai hash dari script yang diinginkan pada scriptpubkey dan oleh karena itu akan membuat biaya transaksi menjadi lebih murah bagi pengirim. Transaksi metode ini selalu ditandai dengan formt seperti berikut ini 

OP_HASH160 <20 byte hash> OP_EQUAL

Sementara itu, script yang memiliki nilai hash yang telah ditentukan tersebut harus dapat dipenuhi oleh penerima. Selain script, penerima juga harus menyajikan input-input yang diminta pada P2SH , kemudian input-input tersebut akan dievaluasi untuk menentukan apakah memenuhi kriteria script atau tidak


D. Null Data

Null Data merupakan salah satu fitur didalam dunia bitcoin yang dananya tidak dapat digunakan. Null Data merupakan salah satu cara utnuk mengirim pesan menggunakan sistem bitcoin. Null Data dapat disusun mengguankan struktur sebagai berikut :

OP_RETURN <data>

Dengan data bisa berupa apa saja dengan format BASE16 dengan panjang maksimum 80 Byte. Dengan menggunakan transaksi Null Data, kalian dapat menuliskan pesan kalian ke dalam blockchain bitcoin.

Seperti halnya data transaksi dalam bitcoin, pesan kalian akan terus ada secara permanen. Salah satu hal unik yang menggunakan fasilitas transaksi Null Data adalah penulisan janji nikah yang dilakukan CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan.

Mengenal Dan Memahani Jenis-Jenis Transaksi Bitcoin

Peristiwa ini mendapatkan penghargaan MURI sebagai pernikahan pertama yang dilakukan di blockchain di indonesia, untuk lebih lanjutnya silahkan kalian lihat di bitcoinwedding.com.
.
.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment