Mengenal istilah Script Dalam Transaksi Bitcoin

komputerdia.com - Untuk dapat membuat transaksi bitcoin yang terkustomisasi, pengguna bitcoin tidaklah memerlukan izin apapun, yang diperlukan hanyalah pengetahuan tentang bagaimana cara pembuatan script transaksi yang terdiri atas ScriptPubKey dan ScriptSig.

Dalam hal ini, tentunya diperlukan sebuah pengalaman, skill, serta ketelitian yang cukup matang, karena ketika kalian menggunakan script terkustomisasi dan terjadi error maka dana atau bitcoin yang berada didalamnya akan hilang secara misterius dan tidak dapat diambil kembali untuk selamanya.

Prlu kalian ketahui, bahwa Rantai-blok (blockchain) adalah sebuah catatan transaksi publik di mana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi yang telah dikonfirmasi tersimpan di dalam rantai-blok. Sehingga, wallet Bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan serta transaksi-transaksi baru dapat diverifikasi untuk memastikan bahwa memang dimiliki oleh pengguna itu. Integritas dan urutan kronologis rantai-blok diterapkan menggunakankriptografi.

Disisi lain juga, kalian harus benar-benar berhati-hati  ketika menggunakan script yang tidak menggunakan tanda tangan elektronik, karena tanpa adanya tanda tangan elektronik, dana yang kalian miliki akan mudah dicuri oleh pihak lain.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Mengenal istilah Script Dalam Transaksi Bitcoin

Penjelasan Script Transaski Bitcoin

Sebelum melangkah ke inti pembahasan, alangkah baiknya kalian mengetahui istilah pertambangan bitcoin. Pengertian Pertambangan adalah sebuah sistem konsensus terdistribusi yang digunakan untuk melakukan konfirmasi antrian transaksi dengan memasukkannya ke dalam rantai-blok.

Proses ini menegaskan urutan kronologis rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer lain untuk menyetujui keadaan sistem. Agar dapat dikonfirmasi, transaksi haruslah dirangkai dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan.

Aturan tersebut dimaksudkan untuk mencegah manipulasi blok sebelumnya karena hal itu membuat semua urutan blok berikutnya menjadi tidak valid. Pertambangan juga seperti sebuah lotre yang kompetitif dalam mencegah setiap individu menambahkan blok baru dengan mudah secara berturut-turut ke dalam rantai-blok. Sehingga, tidak ada individu atau kelompok yang dapat mengendalikan apa yang dimasukkan ke dalam rantai-blok atau mengganti sebagian dari rantai-blok untuk memutar kembali transaksi mereka.

Selain penjelasan diatas, kalian juga harus memahami Transaksi-Private Keys. Transaksi bitcoin adalah transfer nilai antar wallet Bitcoin yang dimasukkan ke dalam rantai-blok. Wallet Bitcoin menyimpan sebagian data rahasia yang disebut kunci pribadi atau seed, yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa memang benar berasal dari pemilik wallet.

Tanda tangan juga mencegah transaksi diubah oleh siapapun setelah diterbitkan. Semua transaksi disiarkan ke dalam jaringan dan biasanya akan mulai dikonfirmasi dalam waktu 10-20 menit, melalui proses yang disebut pertambangan.

Transaksi bitcoin yang tersusun atas script direpresentasikan kedalam kode-kode hexadecimal, dan berikut ini adalah contoh script transaksi bitcoin yang menggunakan struktur multisignature.

Mengenal istilah Script Dalam Transaksi Bitcoin

Ilustrasi script diatas tentu saja sanga sulit untuk dibaca apalagi untuk dipahami, karena pada dasarnya script diatas hanya ditujukan untuk perangkat lunak komputer saja. Untuk dapat membaca script diatas, diperlukan alat bantu perangkat lunak lainnya yang dapat menterjemahankan menjadi suatu informasi yang lebih mudah dibaca seperti berikut ini

Mengenal istilah Script Dalam Transaksi Bitcoin
Terdapat dua (2) bagian besar didalam script transaksi diatas, yakni untuk bagian pertama disebut dengan inputs yang mana inputs ini merupakan bagian yang merujuk pada transaksi sebelumnya, atas alamat bitcoin pengirim.

Bagian yang kedua disebut dengan outputs, dimana bagian ini merupakan bagian yang mengatur tujuan pengiriman dana. Pada bagian ini juga dapat diatur Change Address yakni alamt untuk mengirim sisa uang pembayaran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2