Pengertian dan Jenis-Jenis Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)

komputerdia.com -  Pengertian Wallet Bitcoin adalah dompet bitcoin yang merupakan tempat untuk menyimpan bitcoin. Seseorang tidak akan dapat mempunyai bitcoin tanpa memiliki tempat untuk menyimpan bitcoin (Wallet Bitcoin/ Dompet Bitcoin). Semua aktifitas kita tentang pengumpulan/ pembelian bitcoin itu disimpan dalam wallet Bitcoin. Jadi Wallet bit coin merupakan elemen yang penting dalam dunia cryptocoin.

Wallet bitcoin dapat menyimpan beberapa keypair kriptografi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan alamat bitcoin (bitcoin address). Wallet bitcoin sifatnya tidak sama dengan dompet konvensional yang biasa kita kenal seperti atm, yang berfungsi menyimpan sejumlah uang.

Sedangkan wallet bitcoin mempunyai fungsi yang berbeda yaitu mengorganisasikan sejumlah bitcoin address (alamat bitcoin) yang dimiliki seorang pengguna. Sementara itu dana yang dimiliki oleh pengguna bisa diakses dengan melakukan permintaan data jumlah dana yang terdapat dalam alamat-alamat bitcoin yang dimilikinya dan menjumlahkannya.

Dalam bitcoin, pengguna bitcoin dapat memiliki banyak alamat bitcoin. Dengan alamat bitcoin inilah pengguna dapat melakukan transaksi, baik melakukan pengiriman bitcoin ataupun penerimaan bitcoin dari pengguna yang lain. Untuk dapat membelanjakan bitcoin, pengguna memerlukan baris kode khusus yang disebut dengan “private key”.

Baris kode ini disimpan dalam dompet atau wallet bitcoin. Pada saat akan digunakan, barulah pengguna mengakses kode tersebut untuk menggunakannya dalam bertransaksi. Terdapat 2 hal yang perlu untuk diketahui yaitu tentang private key dan publick key.

Sebelum dapat menggunakan bitcoin, kita harus sudah mempunyai dompet bitcoin / wallet bitcoin  untuk mempermudah jalan kita dalam melakukan segala transaksi, baik untuk deposit, penarikan, maupun pengiriman bitcoin.

Walaupun disebut dengan istilah dompet,dompet bitcoin memiliki fungsi yang tidak sama dengan dompet rupiah kita. Uang crypto bitcoin tidak tersimpan sepenuhnya didalam Bitcoin wallet. semua hal ini dikarenakan informasi mengenai transaksi dan saldo bitcoin hanya terdapat di dalam jaringan saja.

Dompet bitcoin hanyalah media yang membantu pengguna untuk mengelola alamat-alamat bitcoin yang dimiliki serta mempermudah untuk melakukan segala aktivitas transaksi.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Pengertian dan Jenis-Jenis Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)


Ketika kita meminta informasi tentang jumlah saldo bitcoin yang kita miliki dalam dompet bitcoin, maka dompet bitcoin tersebut akan melakukan permintaan informasi atas total jumlah saldo yang kita miliki.

Dengan adanya dan dan kita menggunakan dompet bitcoin, kita tidak perlu repot untuk mengelola setiap alamat bitcoin yang kita miliki, menghitung jumlah saldo serta melakukan berbagai transaksi dengan begitu mudah tanpa harus dilakukan secara manual.

Jenis - Jenis Dompet Bitcoin

A. Dompet Web

Keunggulan dompet bitcoin yang menggunakan basis website adalah fleksibilitasnya, dengan menggunakan layanan dompet ini kita tidak perlu khawatir kehilangan data, sama seperti halnya dompet bitcoin berbasis desktop maupun smartphone.

Kita dapat mengakses dompet bitcoin berbasis web ini dengan menggunakan peramban (browser). Saat ini sudah banyak sekali dompet bitcoin berbasis web, namun dari sekian banyaknya dompet bitcoin berbasis website, berikut ini adalah beberapa dompet bitcoin berbasis web yang paling banyak digunakan.

1. Blockchain 

Pengertian dan Jenis-Jenis Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)

2. Indodax / Bitcoin Id 

Pengertian dan Jenis-Jenis Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)

3. Coinbase 

Pengertian dan Jenis-Jenis Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)

4. Luno 

Pengertian dan Jenis-Jenis Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)



B. Dompet Smartphone (Aplikasi)

Aplikasi berbasis ponsel cerdas semakin marak dikembangkan , hal ini disebabkan karena hampir semua orang memiliki smartphone dan 75% pekerjaan saat ini sudah melibatkan perangkat smartphone.

Dompet bitcoin juga tidak mau ketinggalan untuk mengembangkan versinya yang bisa diakses melalui smartphone yang dibundel kedalam bentuk aplikasi. Salah satu keuntungan dompet bitcoin smartphone adalah kemudahan pengoperasiannya, sebab secara umum ponsel akan selalu dibawa kemana-mana oleh para pemiliknya.

Pengertian dan Jenis-Jenis Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)

Terdapat banyak pilihan dompet bitcoin smartphone yang tersedia, baik untuk sistem operasi Android maupun iOS, diantaranya adalah AirBitz, Blockchain.info, Xapo, Indodax, Coinbase, Luno dan juga Jaxx.


C. Dompet Bitcoin Kertas

Dompet Kertas (paper wallet) merupakan jenis dompet yang sebenarnya hanya berupa kertas yang bertuliskan alamat bitcoin beserta kunci privat yang berasosiasi dengan alamat tersebut. Dalam sistem pemakaiannya pun dompet kertas juga saat ini sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi pada umumnya.

Salah satu situs yang memberikan layanan gratis untuk membuat dompet kertas ini adalah bitaddress.org dan berikut ini adalah contoh atau hasil generate alamat bitcoin kertas yang menggunakan password dan tidak menggunakan password

Pengertian dan Jenis-Jenis Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)
Dompet kertas yang tidak diberikan password

Pengertian dan Jenis-Jenis Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)
Dompet kertas yang sudah diberikan password
Untuk cara membuatnya, saya akan jelaskan pada bagian Tahapan Lanjutan di halaman Cryptocurrency Learning .


D. Dompet Bitcoin Otak

Dompet otak (Brain Wallet) merupakan salah satu dompet bitcoin yang diklaim mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, karena tidak ada seorang pun yang dapat mencurinya, kecuali pemilik dompet otak sendiri yang telah memberikan akses kepada orang lain.

Dompet otak merupakan suatu teknik untuk mengingat kunci rahasia dari dompet bitcoin, dan secara langsung dompet tersebut akan dihapus dalam versi elektroniknya.


E. Dompet Perangkat Keras

Dompet perangkat keras merupakan jenis dompet bitcoin yang dibentuk mejadi suatu alat yang secara khusus dikembangkan untuk melindungi kunci privat (privat key) bitcoin. Fitur yang paling diunggulkan dalam dompet perangkat keras ini adalah keamanan, terutama bagia kalian yang sudah mempunyai saldo bitcoin yang cukup banyak atau sangat banyak.

Dompet perangkat keras ini sangat aman teradap berbagai ancaman seperti, virus, keyylogger atau bahkan malware serta peretasan. Salah satu dompet perangkat keras yang paling banyak digunakan saat ini adalah Trezor

Pengertian dan Jenis-Jenis Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2