Pengertian dan Manfaat Fungsi Hash Di Dunia Bitcoin - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Pengertian dan Manfaat Fungsi Hash Di Dunia Bitcoin

.
.
komputerdia.com - Hash function atau Fungsi hash merupakan suatu teknik kriptografi untuk menghitung nilai unik dari sebuah data. Fungsi hash dapat diibaratkan sebagai sidik jari elektronik (digital fingerprint) dari informasi elektronik.

Sidik jari elektronik berguna untuk menetukan orisinalitas (keaslian) sebuah dokumen elektronik. Dua dokumen elektronik yang berbeda akan memiliki nilai hash yang berbeda, itulah sebabnya apabila sebuah dokumen telah mengalami perubahan, maka nilai hash juga akan berubah

Baca Juga Artikel Lainnya :

Pengertian Fungsi Hash Di Dunia Bitcoin

Sebuah dokumen dengan panjang berapapun akan menghasilkan nilai hash dengan panjang tertentu sesuai dengan spesifikasi fungsi hash yang diguankan

Pengertian Fungsi Hash Di Dunia Bitcoin

Manfaat dari fungsi hash adalah untuk menjaga integritas sebuah data. Apabila terjadi perubahan terhadap data tersebut walaupun 1 bit saja, maka nilai hash atas data yang berubah tersebut akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan nilai hash data semula.

Dengan demikian, nilai hash akan membantu mengidentifikasi apabila terjadi perubahan terhdapa suatu data. Bitcoin menggunakan beberapa fungsi hash didalam aplikasinya, diantaranya adalah sebagai berikut 

A. SHA256

SHA256 merupakan fungsi hash yang distandarisasi oleh NIST (National Institute of Standardsand Technology) pada tahun 2001 sebagai salah satu daru keluarga SHA generasi kedua. SHA256 akan menghasilkan output dengan ukuran 256 bit.

Contoh penggunaan SHA256 adalah pada bitcoin yang menggunakan algoritma SHA256 ganda, artinya algoritma SHA256 dilakukan sebanyak dua kali. Hal ini dilakukan karena terdapat sebuah permasalahan pada algoritma ini yang disebut dengan istilah Lenght Extension Attack.


B. RIPEMD160

RIPEMD (Race Integrity Primitives Evaluation Message Digest) merupakan agoritma hash yang dikembangkan berdasarkan MD4. Algoritma ini menghasilkan nilai hash dengan ukuran 160 bit. Contoh penggunaan RIPEMD160 diantaranya untuk membuat alamat bitcoin yang dikalkulasikan berdasarkan kunci publik.


C. Zero Knowledge Proof

ZKP atau Zero Knowledge Proof merupakan sebuah metode untuk membuktikan kepemilikan sebuah informasi tanpa menunjukkan informasi tersebut. Kedua pihak yang terlibat didalam skema ZKP selalu disebut dengan Prover dan Verifer.

Prover memiliki jawaban atas sebuah permasalahan dan Verifer bertugas untuk memberi pertanyaan terkait dengan permasalahan tersebut kepada prover dan kemudian memverifikasi jawaban yang diberikan oleh prover.

Ide ZKP ini dapat diterapkan didalam sistem bitcoin dengan menggunakan fungsi hash untuk mengikat transaksi dengan menggunakan password atau tanpa harus menginformasikan sebuah password.


D. Fungsi Hash Lainnya

Banyak sekali fungsi hash yang dikembangkan oleh para pajar kriptografi, beberapa fungsi hash lain yang dimanfaatkan dalam dunia Cryptocurrency diantaranya Keccak, Blake, Grostl, JH dan Skein yang digunakan didalam CryptoNote sebagai dasar teknologi untuk Monero. Masing-mamsing jenis hash tersebut memiliki pendekatan dan cara kerja yang berbeda-beda .
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment