Pengertian dan Memahami Multisignature Di Dunia Bitcoin - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Pengertian dan Memahami Multisignature Di Dunia Bitcoin

komputerdia.com - Multisignature adalah salah satu fitur bitcoin dimana user dapat membuat sebuah transaksi yang membutuhkan lebih dari satu (1) digital signature untuk dapat digunakan. Fitur satu ini dapat digunakan didalam skema escorow.

Escorow merupakan sebuah konsep dimanapihak ketiga menjadi penengah didalam sebuah transaksi ketika terjadi permasalahan baik dari sisi pembeli maupun dari sisi penjual.

Escorow dapat digunakan untuk melindungi pembeli maupun penjual. Dengan menggunakan transaksi 2-of-3 multisignature, apabila terjadi dispute (permasalahan) antara pembeli dan penjual, maka pihak escorow dapat ikut campur tangan untuk menentukan siapa yang mendapatkan uangnya.

Apabila penjual telah mengirimkan produk yang dipesan oleh pembeli, namun pembeli tidak mau membayar maka pihak escorow dapat menandatangani transaksi, sehingga penjual tetap mendapatkan uang pembayarannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Pengertian dan Memahami Multisignature Di Dunia Bitcoin

Apabila pembeli tidak mendapatkan prosuk yang dipesannya dan penjual tidak ingin mengembalikan uang yang telah dibayarkan pembeli, maka pihak escorow dapat membantu pembeli untuk mendapatkan kembali uangnya.

Multisignature dapat pula diguankan dalam skema perusahaan untuk dapat mengelola dana dengan lebih bertanggungjawab, dimana untuk membelanjakan dana tersebut diperlukan lebih dari satu pihak untuk memberikan tandatangannya. Skema multi signature dapat dideskripsikan dengan struktur sebagai berikut 

m <pubkey 1> <pubkey 2> _ <pubkey n> n OP_CHECKMULTISIG

dengan m ≤ n ≤  3

Multisignature dengabn struktur seperti diatas, dapat diselesaikan dengan struktur sebagai berikut

0 <signature 1> <signature 2> _ <signature n>

Nilai 0 merupakan data dummy yang diperlukan, sebab terdapat sebuah bug pada implementasi operasi OP_CHECKMULTISIG dimana bug tersebut akan membuang satu data lebih banyak dari pada seharusnya. Implementasi sistem bitcoin yang sekarang tidak mengizinkan data dummy selain nilai 0 seperti pada struktur diatas.


Transaction Signature

Untuk dapat menggunakan bitcoin yang diterima, penerima harus menandatangani transaksi tersebut  dengan menggunakan skema digital signature. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk dapat membuat multisignature tersebut.
  • Membuat kopian transaksi aslinya
  • Ganti isi <scriptSig> dengan <scriptPubkey> dari transaksi yang direferensikan oleh transaksi ini. Bagian <scriptSig> akan dibuat setelah proses penandatanganan, sebab bagian ini berisi digital signature
  • Hitung nilai hash dan tanda tangan menggunakan kunci privat
Transaction signature memiliki beberapa tipe hash, diantaranya :
  1. SIGHASH_ALL, yakni merupakan tipe hash yang memasukkan semua output, sehingga alamat tujuan tidak dapat diganti lagi
  2. SIGHASH_NONE, tipe ini merupakan tipe hash yang tidak memasukkan output, sehingga alamat tujuan dapat diganti
  3. SIGHASH_SINGLE, tipe hash yang satu ini hanya memasukkan 1 output saja, sedangkan alamat tujuan lain dapat diubah
Terdapat juga sebuah type lain yaiitu SIGHHASH_ANYONECANPAY yang dapat dikombinasikan dengan salah satu type-type diatas. Tipe ini dapat diartikan bahwa "siapapun dapat membayar", dimana input dapat ditambahkan meskipun sudah ditandatangani.

.
.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment