Penjelasan Alamat Bitcoin (No rekening bitcoin) - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Penjelasan Alamat Bitcoin (No rekening bitcoin)

Komputerdia.com - Sebagai sistem uang, dalam prosedurnya bitcoin juga mengenal dengan istilah pecahan mata uang. Jika didalam rupiah kita mengenal beberapa pecahan mata uang seperti 100ribu, 50ribu, 20ribu, 10ribu dan seterusnya, dalam dunia bitcoin juga mata uang tersebut dapat dipecah.

Satu satuan utuh untuk bitcoin yang bersimbol BTC adalah 1BTC, dimana 1BTC tersebut dapat dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil seperti dibawah ini :
  1. mBTC (mili-Bitcoin), yang bila mana dikonversikan menjadi BTC utuh maka aturannya adalah 1BTC = 1.000 mBTC
  2. บBTC (Mikro-BTC), yang bila mana dikonversikan menjadi BTC utuh maka aturannya adalah 1BTC = 1.000.000 บBTC
  3. Satoshi, yang bila mana dikonversikan menjadi BTC utuh maka aturannya adalah 1BTC = 100.000.000 Satoshi.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Memahami Alamat Bitcoin

Alamat bitcoin bertindak seperti nomor rekening bank, seperti pada umumnya untuk memulai brtransaksi di suatu bank, tentunya kita harus membuka rekening terlebih dahulu. Demikian halnya dengan Bitcoin, dimana kita harus memiliki alamat bitcoin (bitcoin address) agar dapat melakukan pengiriman dan penerimaanbitcoin.

Meskipun memiliki fungsi yang serupa, terdapat perbedaan yang cukup "mencolok" antara konsep no rekening alamat bitcoin. Untuk mendapatkan nomor rekening bank, kita tentunya harus mendaftarkan identitas diri, pengisian data diri, penyerahan dokumen identitas, yang semua hal itu harus dilakukan secara real (harus datang langsung ke lembaga bank), serta harus tunduk patuh pada ketentuan yang sudah ditentukan oleh masing-masing bank.

Sementara itu, di sistem bitcoin setiap orang bisa membuat alamat bitcoin dengan bebas tanpa harus mendaftarkan diri pada suatu lembaga yang "nyata", dalam kata lain kita bisa bebas mendaftarkan alamat bitcoin secara online dan gratis. Namun disisi lain juga kita memang diharuskan untuk melakukan verifikasi identitas diri, guna untuk keperluan keamanan alamat bitcoin yang kita miliki.

Dengan menggunakan dompet bitcoin (Bitcoin wallet), maka alamat bitcoin bisa dibuat sebanyak apapun yang kita inginkan. Alamat bitcoin sendiri terdiri atas 34 karakter dengan kombinasi huruf kecil, huruf kapital, dan angka.

Hal ini tentunya akan menjadi kesulitan tertentu untuk menghafal dan menulis alamat bitcoin yang kita miliki. Oleh karena itu, pada umumnya penyedia layanan dompet bitcoin akan selalu menyertakan Scanner QRcode (kode batang) dan juga tombol atau kotak box untuk penyalinan nomor wallet sipengguna dompet bitcoin tersebut.

Dibawah ini adalah contoh tampilan dari beberapa dompet bitcoin yang pada umumnya sering digunakan di indonesia

Penjelasan Alamat Bitcoin (No rekening bitcoin)
Contoh alamat bitcoin di Indodax

Penjelasan Alamat Bitcoin (No rekening bitcoin)
Contoh alamat bitcoin di Blockchain
Perlu kalian ketahui, bahwa alamat bitcoin bukanlah kuci publik dalam skema Public Key Cryptography (PKC) seperti yang telah dibahas. Terdapat sebuah prosedur lain dalam bitcoin untuk menghitung alamat bitcoindarimkunci publik yang telah dibuat. Prosedur tersebut diantaranya melibatkan fungsi hash RIPEMD160 dan SHA256 sebagaimana telah dibahas pada artikel sebelumnya

Penjelasan Alamat Bitcoin

Perlu kalian ketahui, bahwa alamat bitcoin juga sering disebut dengan istilah Public Key Key Hash, karena alamat bitcoin memang merupakan nilai hash dari kunci publik pasangan kunci yang disimpan didalam dompet bitcoin.

Meskipun alamat bitcoin dapat dibuat secara otomatis oleh dompet bitcoin, alamat bitcoin dapat juga dibuat menjadi bentuk alamat bitcoin yang menarik, sama halnya seperti pada plat nomor kendaraan yang dapat dimodifikasi. ALamat bitcoin yang sudah tekustomisasi ini sering disebut dengan Vanity Bitcoin Address. Jika kalian tertarik dengan hal ini, kalian dapat mencobanya di Bitcoinvanitygen 

Penjelasan Alamat Bitcoin (No rekening bitcoin)
.

.
.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment