Penjelasan Biaya Transaksi Di Dunia Bitcoin - Komputerdia | Berbagi Tutorial

Penjelasan Biaya Transaksi Di Dunia Bitcoin

.
.
komputerdia.com -Biaya transaksi merupakan sejumlah bitcoin yang dibayarkan kepada para penambang. Biaya yang dibayarkan oleh para pengguna bitcoin merupakan salah satu komponen insentif yang diterima oleh para penambang.

Berbeda dengan transaksi kartu kredit, yang menghitung biaya transaksi atas dasar jumlah uang yang ditransaksikan, sementara itu biaya transaksi bitcoin dihitung berdasarkan besaran script transaksi yang dihitung kedalam suatuan byte.

Meskipun pengguna tidak dibebankan kewajiban untuk selalu mencantumkan biaya transaksi, saat ini sudah terbentuk kesepakatan umum yang menyatakan bahwa biaya transaksi bitcoin paling minimal adalah 10.000 satoshi (0.0001 BTC), untuk setiap 1.000 byte  script transaksi.

Baca juga artikel lainnya :

Penjelasan Biaya Transaksi Di Dunia Bitcoin

Apabila transaksi berukuran 1.001 byte, maka biaya transaksinya menjadi 20.000 satoshi atau setara dengan 0.0002 BTC, karena perhitungan biaya transaksi adalah kelipatan 1.000 byte yang selanjutnya akan dibulatkan keatas.

Penjelasan Biaya Transaksi Di Dunia Bitcoin

Sebagaimana dijelaskan dalam ilustrasi gambar diatas,bahwa biaya transaksi didalam bitcoin, biaya tersebut tidak dicantumkan secara eksplisit didalam sebuah transaksi bitcoin. Biaya tersebut akan dihitung berdasarkan selisih antara jumlah imput dan output.

Pada gambar diatas A dan B melakukan pembayaran pada C dengan masing-masing jumlah pembayaran 0.6 BTC dan 0.3 BTC. Kemudian C membuat transaksi kembali dengan hasil pendapatan dari A dan B yang berjumalh 0.9 BTC dan akan melakukan pembayaran sebesar 0.5 BTC.

Dengan demikian uang si C sekarang akan menjadi 0.3 BTC, sedangkan untuk selisih 0.1 BTC menjadi biaya transaksi yang telah dilakukan pihak C. Kemudian kemana biaya yang 0.1 BTC tersebut?  Biaya transaksi tersebut akan atau bisa diambil oleh siapapun penambang yang pertama kali berhasil memasukkan transaksi ini kedalam sebuah blok yang valid
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment