Pengenalan Dasar Sistem Jaringan Komputer

komputerdia.com - Dengan semakin majunya teknologi komputer dan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan teknologi ini, telah menciptakan berbagai konsekuansi, antara lain peningkatan ketergantungan terhadap teknologi.

Bagi sebagaian besar kalangan masyarakat, pekerjaan mereka saat ini harus diselesaikan dengan komputer dan perangkat pendukung lainnya. Salah satu penerapan bentuk teknologo komputer tersebut adalah sistem jaringan komputer.

Sistem jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer sendiri antara lain sebagai berikut :


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Penegnalan Dasar Sistem Jaringan Komputer

Tujuan Jaringan Komputer

  1. Memberi sumber daya, contohnya berbagi pemakaian hardware (perangkat keras) dan berbagi koneksi internet
  2. Mudah dalam berkomunikasi antara komputer , contohnya penerapan e-mail atau surat elektronik
  3. Kegiatan instant messaging atau chatting
  4. Akses informasi, contohnya web browsing
  5. Dasar acuan dalam membangun sistem jaringan warnet atau game online serta membangun sistem jaringan dalam suatu instansi atau suatu perusahaan
Dengan penggunaan jaringan komputer, beberapa keuntungan  yang didapat diantaranya adalah :

1. Hardware Sharing

Menerapkan sistem jaringan komputer sudah sangat memungkinkan untuk berbagi pakai hardware (perangkat keras) secara bersama-sama. Dengan kata lain, dalam jaringan komputer sebuah hardware printer dapat digunakan bersama-sama oleh lebih dari satu pengguna selama masih terhubung dalam jaringan komputer tersebut. Begitu juga dengan penggunaan hardware scanner, CD/DVD ROM, HardDrive dan perangkat keras lainnya.

2. High Performance

Dengan menggunakan jaringan komputer, kalian dapat meningkatkan tingkat kemampuan yang tinggi dengan memiliki sumber data alternatif. Misalnya, data yang diguankan dapat disimpan atau di copy  ke beberapa perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan komputer.

Sehingga bila salah satu perangkat komputer tersebut mengalami kerusakan, maka salinan data pada komputer yang lain masih dapat kalian gunakan sebagai cadangan terhadap data asli yang rusak sebelumnya.

3. Resource Sharing

Sistem jaringan komputer sangat memungkinkan untuk berbagi data dan informasi, termasuk juga berbagi koneksi internet sehingga sangat berguna sekali dalam menangani masalah saat beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan komputer tidak bisa terhubung ke internet secara individual.

4. Data Security

Dalam sistem jaringan komputer memungkinkan seorang administrator (Orang yang mempunyai tugas untuk mengatur jaringan komputer) untuk dapat mengontrol data-data penting agar dapat diakses oleh para pengguna yang berhak saja, sehingga data di dalamnya akan lebih lebih terjamin keamanan dan keutuhannya.

5. Saving Money

Manfaat lain dari sistem jaringan komputer adalah penghematan biaya pengeluaran untuk pembelian hardware, karena peralatan peripheral dalam sistem jaringan komputer bisa dibagi dan pakain secara bersama-sama. Contohnya Printer, HardDrive, Scanner dll. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca artikel Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Perbaikan Peripheral.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2