Memahami Syntax Dasar Pada Pemrograman C++

komputerdia.com - Dalam linguistik, kata syntax berasal dari bahasa Yunani yang merupakan gabungan dari kata syn yang berarti “bersama”, dan kata taxis yang berarti “rangkaian”, “urutan”. 

Jadi syntax adalah salah satu dari cabang ilmu linguistik yang mempelajari kaidah yang menentukan bagaimana kata membentuk frasa dan frasa membentuk kalimat. 

Secara etimologis istilah syntax adalah menempatkan bersama kata-kata menjadi kelompok kata atau kalimat dan kelompok-kelompok kata menjadi kalimat.

Ketika kita mempertimbangkan program C ++, itu dapat didefinisikan sebagai kumpulan objek yang berkomunikasi melalui memanggil metode masing-masing. Sekarang mari kita melihat secara singkat apa yang dimaksud dengan kelas (class), objek (object), metode (methods), dan variabel instan (instant variables).

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Memahami Syntax Dasar Pada Pemrograman C++
  1. Objek (object) → Objek memiliki status dan perilaku. Contoh: Seekor anjing memiliki status - warna, nama, jenis dan perilaku - mengibas, menggonggong, makan. Objek adalah turunan dari kelas.
  2. Kelas (class) → Kelas dapat didefinisikan sebagai template / Blueprint yang menggambarkan perilaku atau menyatakan bahwa objek mendukung tipenya.
  3. Metode (object) → Metode pada dasarnya adalah perilaku. Kelas dapat berisi banyak metode. Didalam metode inilah di mana logika akan ditulis, data dimanipulasi dan semua tindakan  akan dieksekusi.
  4. Variabel Instans (instant variables) → Setiap objek memiliki set variabel instance yang unik. Keadaan objek dibuat oleh nilai yang ditetapkan untuk variabel instan ini.

Struktur Program C ++

Untuk contoh kecilnya, mari kita lihat kode sederhana yang akan mencetak kata-kata Hello World, seperti dibawah ini :
#include <iostream>
using namespace std;

// main() is where program execution begins.
int main() {
   cout << "Hello World"; // prints Hello World
   return 0;
} 
Untuk memahami bagian-bagian yang terdapat pada contoh diatas, silahkan kalian pahami penjelasan berikut ini :

  • Bahasa C ++ mendefinisikan beberapa header, yang berisi informasi yang diperlukan atau berguna untuk program kalian. Untuk program ini, header <iostream> sangatlah diperlukan.
  • Baris menggunakan namespace std; , kode ini berfungsi untuk memberitahu kompiler untuk menggunakan namespace std. namespace adalah tambahan yang relatif baru untuk C ++.
  • Baris berikutnya // main() is where program execution begins adalah komentar satu baris yang tersedia di C ++. Komentar baris tunggal dimulai dengan // dan berhenti di akhir baris.
  • Line int main () adalah fungsi utama di mana eksekusi program dimulai.
  • Baris berikutnya cout << "Hello World"; menyebabkan atau akan menghasilkan pesan "Hello World" yang akan ditampilkan pada layar.
  • Baris berikutnya return 0; kode ini merupakan kode untuk mengakhiri fungsi utama () dan akan memberikan pengaruh untuk mengembalikan nilai 0 ke proses panggilan.


Compile dan Menjalankan Program C ++

Untuk bisa meng-Compile dan menjalankan program c++, sebelumnya kalian harus membuat kode program seperti pada contoh kode pertama (dibagian atas) pada aplikasi khusus seperti Notepad atau Notepad++. Untuk lebih memahami, silahkan kalian perhatikan poin-poin berikut ini :
  • Buka editor teks seperti notepad atau notepad++ kemudian tambahkan atau tuliskan kode seperti pada contoh di atas.
  • langkah selanjutnya, silahkan kalian simpan file dengan nama dan ekstensi hello.cpp
  • Selanjutnya, silahkan buka aplikasi command prompt dan pergi ke direktori tempat kalian menyimpan file tersebut. Misalnya kalian menyimpan pada Drive E, maka perintahnya silahkan kalian ketikan E: kemudian enter
Memahami Syntax Dasar Pada Pemrograman C++
  • Selanjutnya silahkan kalian ketikan perintah g ++ hello.cpp dan tekan enter untuk mengkompilasi kode yang tadi kalian buat. Jika tidak ada kesalahan dalam kode kalian, maka command prompt akan membawa kalian pada baris berikutnya dan akan menghasilkan file executable a.out.
  • Langakah selanjutnya silahkan ketik perintah a.out kemudian enter untuk menjalankan program.
  • Jika berhasil, maka kalian akan dapat melihat Hello World di jendela.
  • Untuk susunan perintah yang jelasnya, kalian bisa melihat pada perintah berikut ini
$ g++ hello.cpp  
$ ./a.out
Hello World 

Titik koma dan Blok di C ++

Dalam C ++, titik koma adalah terminator pernyataan. Artinya, setiap pernyataan individu harus diakhiri dengan tanda titik koma. Ini menunjukkan akhir dari satu entitas logis. Sebagai contoh, berikut adalah tiga pernyataan berbeda pada pemrograman C++
x = y;
y = y + 1;
add(x, y);
Blok adalah seperangkat pernyataan yang terhubung secara logis yang dikelilingi oleh pembukaan dan penutupan kawat gigi, contohnya adalah sebagai berikut :
{
   cout << "Hello World"; // prints Hello World
   return 0;
}
Pada pemrograman C ++ tidak mengenali ujung garis sebagai terminator. Karena alasan ini, tidak masalah di mana kaian akan meletakkan pernyataan dalam satu baris. Misalnya
x = y;
y = y + 1;
add(x, y);
Penulisan diatas, bisa juga kalian tulis atau ketik dengan format seperti dibawah ini :
x = y; y = y + 1; add(x, y); 

C ++ Identifier

Pengidentifikasi C ++ adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi variabel (variable), fungsi (function), kelas (class), modul (module), atau item lain yang ditentukan pengguna. Identifier dimulai dengan huruf A hingga Z atau A ke Z atau juga bisa dengan garis bawah (_) diikuti dengan nol atau huruf, garis bawah, dan digit (0 hingga 9).

C ++ tidak mengizinkan karakter tanda baca seperti @, $, dan % dalam pengidentifikasi. C ++ adalah bahasa pemrograman case-sensitive. Dengan demikian, Tenaga Kerja (Manpower) dan tenaga kerja (Manpower) adalah dua pengidentifikasi yang berbeda dalam C ++.

Berikut adalah beberapa contoh pengidentifikasi yang dapat diterima
mohd       zara    abc   move_name  a_123
myname50   _temp   j     a23b9      retVal 

Kata Kunci (Keywords) C ++

Daftar berikut menunjukkan kata-kata yang dipesan di C ++. Kata-kata yang dicadangkan ini tidak boleh digunakan sebagai konstan atau variabel atau nama pengenal lainnya.

KEYWORDS C++
asm else new this
auto enum operator throw
bool explicit private TRUE
break export protected try
case extern public typedef
catch FALSE register typeid
char float reinterpret_cast typename
class for return union
const friend short unsigned
const_cast goto signed using
continue if sizeof virtual
default inline static void
delete int static_cast volatile
do long struct wchar_t
double mutable switch while
dynamic_cast namespace template

Trigraphs


Beberapa karakter memiliki representasi alternatif, yang disebut urutan trigraph. Trigraph adalah urutan tiga karakter yang mewakili karakter tunggal dan urutan selalu dimulai dengan dua tanda tanya.

Trigraph diperluas di mana pun mereka muncul, termasuk dalam string literal dan literal karakter, dalam komentar, dan dalam arahan preprosesor.

Berikut ini adalah urutan trigraph yang paling sering digunakan
Trigraph Penggantian
?? = #
?? / \
?? ^
?? ( [
??) ]
??! |
?? < {
??> }
?? - ~
Semua kompiler tidak mendukung trigraph dan mereka tidak disarankan untuk digunakan karena sifatnya yang membingungkan.

Spasi (Whitespace) di C ++

Whitespace adalah istilah yang digunakan dalam C ++ untuk menggambarkan kekosongan, tab, karakter baris baru, dan komentar. 

Whitespace memisahkan satu bagian dari pernyataan dari yang lain dan memungkinkan kompiler untuk mengidentifikasi di mana satu elemen dalam pernyataan, seperti int, ends dan elemen berikutnya dimulai.

Pernyataan satu (1)
int age;
Dalam pernyataan di atas harus ada setidaknya satu karakter whitespace (biasanya spasi) antara int dan age agar kompiler dapat membedakannya.

Pernyataan dua (2)
fruit = apples + oranges; // Get the total fruit 
Dalam pernyataan di atas , tidak ada atau tidak terdapat karakter whitespace yang diperlukan antara fruitdan =, atau antara = dan apples, meskipun kalian bebas untuk memasukkan beberapa jika ingin tujuan keterbacaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2