Tingkatkan Kecepatan Blog Untuk Memperbaiki Reputasi, Kepopuleran dan Penghasilan Blog

komputerdia.com - Perlu diakui, bahwa perkembangan media informasi saat ini sudah sangat beragam, mulai dari media yang berbasis website dengan konten artikel ataupun website yang mengambil konten video. 

Berbicara masalah konten diatas, website yang mempunyai konten artikel sampai saat ini masih bisa bertahan meskipun beberapa pengguna internet saat ini cenderung lebih menyukai konten video, seperti pada situs youtube

Namun meskipun demikian, menurut pandangan saya pribadi, website yang mengambil konten artikel sangat berpeluang untuk bisa memberikan sajian infromasi yang sangat mendetail dan tentunya bisa menjelaskan serta memberikan gambaran yang kongkrit pada setiap permasalahan yang sedang dibahas.

Hal diatas juga diperkuat dengan banyaknya blogger-blogger baru yang mulai ikut serta untuk meramaikan persaingan di mesin pencari. Membicarakan masalah terkait blogger, khususnya untuk para blogger baru agar bisa bersaing dengan baik di mesin pencari, alangkah baiknya harus memperhatikan beberapa aspek yang harus di lakukan agar blog tersebut dapat bersaing di mesin pencari serta bisa diterima dengan baik oleh audience.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Tingkatkan Kecepatan Blog Untuk Memperbaiki Reputasi, Kepopuleran dan Penghasilan Blog

Untuk memenagkan persaingan di mesin pencari, blog haruslah diberikan perlakukan khusus dari pemiliknya, salah satu perlakukan khusus tersebut diantaranya adalah memperhatikan kecepatan blog.

Selain dilihat dari struktur coding serta kualitas artikel yang dibuat, perlu diketahui bahwa saat ini kecepatan blog menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk menjadikan blog yang kita kelola menjadi salah satu blog juara dalam persaingan mesin pencari.

Untuk meningkatkan performa blog agar menjadi fast loading atau mempunyai kecepatan blog yang sempurna, kita harus memperhatikan beberapa faktor dibawah ini. Namun sebelum melangkah pada inti pembahasan, perlu kita ketahui bahwa platform blog yang populer saat ini terdapat dua jenis yakni blogger serta wordpress.

Didalam artikel ini, saya pribadi akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan kecepatan blog yang ditepakan pada kedua platform tersebut


Meningkatkan Kecepatan Blog Wordpress

Untuk meningkatkan kecepatan blog wordpress kalian perlu memperhatikan hal-hal penting dibawah ini

A. Pengoptimalan Gambar

Faktor pertama yang mempengaruhi kecepatan blog adalah faktor gambar, dalam konteks ini gambar yang dimaksud adalah gambar yang digunakan pada artikel, serta gambar yang digunakan pada elemnt lainnya seperti icon (favicon), dan gambar yang diterapkan pada logo blog dibagian header

Menurut pengalaman saya pribadi, format gambar terbaik yang bisa kalian gunakan adalah format gambar dengan ektensi png yang di setting menjadi gambar khusus untuk web (web image). Fungsi gambar yang disetting untuk web ini adalah mempunyai ukuran/size yang kecil namun tidak mempengaruhi ukuran (resolusi) serta kualitas gambar tersebut, selain itu juga jenis gambar ini tentunya sangat berpengaruh untuk kecepatan blog yang sangat maksimal.

Untuk membuat format gambar tersebut, kalian bisa menggunakan aplikasi edit foto seperti Adobe Photosop kemudian simpan gambar tersebut dengan memilih menu File → Save for Web & Devices.

Tingkatkan Kecepatan Blog Untuk Memperbaiki Reputasi, Kepopuleran dan Penghasilan Blog
  • Setelah itu silahkan kalian setting gambar yang akan disimpan seperti pada gambar dibawah ini
  • Pada nomor satu silahkan ubah menjadi Restrictive, pada nomor dua ubah menjadi PNG-8 setelah itu silahkan klik tombol save dan berikan nama file tersebut sesuai dengan judul artikel yang kalian buat agar lebih SEO
Tingkatkan Kecepatan Blog Untuk Memperbaiki Reputasi, Kepopuleran dan Penghasilan Blog



B. Gunakan Hosting Terbaik

Faktor kedua yang mempengaruhi kecepatan blog adalah jenis hosting yang kalian gunakan. Seberapa besarkah faktor hosting akan mempengaruhi kecepatan blog? Menurut saya pribadi, pengaruhnya sangatlah besar, pasalnya jika layanan hosting yang kalian gunakan mempunyai kualitas yang buruk serta mempunyai reputasi yang kurang baik tentunya akan mempengaruhi kecepatan blog tersebut.

Faktor tersebut bisa dijelaskan seperti kasus berikut, Ketika pengguna atau calon visitor melakukan penelusuran situs dan mencoba memuat halaman, tentu harus menjalankan program dan mengakses file dari server web. Dalam hal ini, jika server web yang kalian gunakan sangat cepat, maka halaman web akan diakses pengunjung tersebut, akan dimuat dengan cepat. 

Perlu kalian ketahui, bahwa terdapat tiga tugas utama yang harus diselesaikan komputer remote , diantaranya adalah menjalankan kode, menjalankan query database, serta menuangkan file yang akan di akses oleh pengunjung situs

Untuk mengatasi masalah hosting, kalian bisa mempercayakan pada penyedia jasa layanan hosting. Di indonesia sendiri sudah banyak peusahaan yang menyediakan layanan tersebut dan sudah terbukti mempunyai kualitas terbaik. Salah satu dari layanan hosting terbaik tersebut adalah Dewa Web, dan untuk bisa mengakses halaman tersebut silahkan kalian kunjungi layanan Hosting Terbaik dan Hosting Termurah .


C. Gunakan Domain TLD

Untuk masalah domain, memang tidak terlalu banyak pihak yang mempersalahkan hal ini karena menurut beberapa keterangan domain tidak akan mempengaruhi kecepatan blog tersebut.

Namun dalam hal ini, menurut saya pribadi domian merupakan salah satu faktor yang cukup penting pasalnya selain memberikan kesan professional, domain juga bisa memberikan efek yang cukup berpengaruh untuk kecepatan blog.

Kenapa bisa? ya, karena domain juga secara langsung di kelola oleh suatu perusahaan pada suatu server web, jika perusahaan tersebut tidak mempunyai kualitas, maka domain yang kalian gunakan tersebut akan memberikan efek signifikan pada blog.

Jika kalian menggunakan platform wordpress atau blogger dalam membangun blog, maka penggunaan domain TLD juga merupakan salah satu faktor wajib yang harus kalian perhatikan. Untuk mendapatkan domain TLD tersebut, kalian dapat mengakses di Daftar Domain Murah

Jika kalian belum memahami cara untuk mengaplikasikannya ke blogger kalian dapat membaca artikel Cara Membuat dan Mengatur Custom Domain TLD Dewaweb Di Blogger


D. Perhatikan Struktur Coding

Jika kalian mempunyai keputusan untuk terjun di dunia blogger, hal lain yang menjadi dasar adalah kalian dituntut harus memahami sedikitnya tentang coding. Pasalnya di bagian inilah blog kalian akan diseleksi secara otomatis oleh mesin pencari.

Coding sendiri selain berfungsi untuk SEO juga berfungsi atau berpengaruh pada kecepatan blog yang kalian kelola. Lantas, hal apa yang mempengaruhi faktor tersebut?

Dalam hal coding, usahakan kalian minimalkan penggunaan Javascript, CSS atau kode lainnya agar tidak mengakibatkan lambannya proses akses di blog tersebut. Untuk mengatasi kode-kode tersebut kalian bisa memanfaatkan situs untuk meminimalkan JavaScript, CSS dan kode lainnya.


E. Hindari Menggunakan Banyak Widget

Perlu kalian ketahui baik di wordpress atau blogger, penggunaan widget memang mempunyai fungsi serta manfaat tersendiri. Namun dalam hal ini, perlu saya tekankan, janganlah kalian menggunakan terlalu banyak widget, gunakan fitur widget secukupnya yang sekiranya dapat menaikkan view blog saja

Widget tersebut diantaranya, Artikel terkait, popular post atau artikel terbaru. Konsekuensi jika kalian menggunakan banyak widget, maka sudah bisa dipastikan blog kalian akan mempunyai reputasi kecepatan akses yang sangat buruk, karena didalam widget tersebut terdapat beberepa kode yang berpengaruh pada kecepatan blog tersebut


F. Kontrol Link Aktif 

Faktor lainnya yang mempengaruhi kecepatan blog adalah link aktif keluar yang menuju situs lain. Dalam hal ini kalian harus meminimalisir link aktif tersebut, karena jika kalian terlalu banyak menyematkan link aktif menuju situs lain, maka kecepatan blog kalian juga akan berpengaruh, karena pada dasarnya ketika pengunjung mengakses blog kalian maka akan ada proses permintaan waktu tunggu untuk bisa mengakses setiap link yang tersemat pada blog kalian.

Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan kalian gunakan link aktif secukupnya saja, atau kalian juga bisa menuliskan alamat link tersebut tanpa harus memberikannya link aktif yang menuju pada tujuan akhirnya


G. Guankan VPS

Faktor ini bisa kalian gunakan jika blog yang kalian kelola sudah mempunyai pengunjung atau traffic yang sangat tinggi. Jika kalian mengelola website dengan trafik yang sangat tinggi, VPS merupakan salah satu layanan terbaik untuk website yang kalian kelola. 


Penjelasan untuk VPS ini bisa dijelaskan sebagai berikut, Jika trafik blog kalian sudah mempunyai traffic yang sangat tinggi, dan kalian masih menggunakan layanan shared hosting, maka hal ini bisa mengakibatkan masalah suspensi domain karena dapat berpotensi mengganggu resource bersama yang digunakan satu shared hosting. Perlu kalian ketahui, bahwasannya perusahaan penyedia layanan hosting yang kalian gunakan akan memberi tahu jika trafik di website kaian sudah sangat tinggi dan perlunya melakukan migrasi ke layanan VPS. 

Di indoensia sendiri, sudah banyak perusahaan yang memberikana layanan VPS. Untuk kalian yang akan berlangganan layanan VPS ini, sebaiknya mencari referensi terlebih dahulu atau mencari informasi terkait layanan VPS ini. Dalam hal ini, tentunya kita berharap akan mendapatkan layanan VPS Murah namun mempunyai kulaitas yang baik. 



Meningkatkan Kecepatan Blogger

Secara teknis, jika kalian akan meningkatkan kecepatan blog yang menggunakan platform blogger, kalian bisa menerapkan poin-poin diatas, namun dalam blogger ini kalian tidak perlu membeli atau menyewa layanan hosting, karena pada dasarnya pengguna platform blogger sudah diberikan hosting gatis oleh google.

Namun untuk menciptakan kesan professionalitas, kalian juga harus menggunakan domain TLD. Ada kabar yang berhembus juga, jika pihak google lebih menyukai  blogger yang sudah menggunakan domain TLD. Saat ini, di indonesia sudah banyak penydia domain dengan harga yang cukup murah, bahkan ada juga penyedia layanan yang memberikan harga khusus atau Domain Gratis. Demikian artikel kali ini yang bisa saya sampaikan, semoga dengan artikel ini, kalian dapat terbantu 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2