Cara Memasang Iklan Google Adsense Pada Label Tertentu

komputerdia.com - Blog merupakan suatu website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog. Sementara itu di dapatkan dari sumber lain, blog didefinisikan sebagai website yang dikelola oleh beberapa penulis yang berisikan pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Dan pada umumnya seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.

Dari beberapa keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis biasanya menyangkut pengalaman pribadi, informasi dan tutorial serta memiliki urutan posting secara kronologis dari konten terbaru hingga konten terlama

Perlu kalian ketahui, bahwa sampai saat artikel ini ditulis bahwa blog memiliki tampilan dan tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada blog itu sendiri. Mulai dari blog yang memiliki beberapa sidebar, hingga blog yang hanya memiliki satu kolom. Pada dasarnya blog memiliki struktur standar, berikut ini adalah beberapa struktur standar pada sebuah blog yang sering kita jumpai saat ini:
  • Header: Biasanya terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog, deskripsi blog dan menu blog.
  • Navbar: Elemen ini biasanya terletak diatas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil jika diakses oleh user selain pemilik blog.
  • Main blog: Biasanya terletak di bagian tengah blog. Disinilah tempat dimana postingan blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti Judul, tanggal, nama penulis serta kolom komentar.
  • Sidebar: Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat menambahkan widget lainya seperti kalender, jam dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.
  • Footer: Terletak paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.
Sebelum melangkah jauh ke pembahasan bagaimana cara memasang iklan google adsense pada label tertentu, alangkah baiknya kita harus mengetahui apa pengertian dari label itu sendiri. Pengertian label Menurut pendapat saya pribadi,  label yang tedapat pada suatu blog tersebut bisa diartikan sebagai suatu kategori sebuah tulisan atau artikel yang hendak kita tulis, atau bisa juga di sebut sebuah topik pembahasan, sehingga artikel tersebut dapat terkelompokkan sesuai dengan materi pembahasannya.

Sesuai dengan pengertian diatas, bahwa fungsi utama Label yang terdapat di blogger adalah agar kita bisa mengelompokkan dengan mudah semua artikel berdasarkan kategori atau pembahasan yang sama, serta untuk mempermudah pengunjung blog dalam melakukan eksplorasi didalam blog yang kita kelola. Selain fungsi yang tadi saya sebutkan, label juga berfungsi untuk menampikan Related Post atau Artikel Terkait lainnya berdasarkan label artikel. 

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Cara Memasang Iklan Google Adsense Pada Label Tertentu

Menampikan atau menayangkan iklan google adsense yang tampil pada postingan/artikel dengan label tertentu bisa jadi merupakan salah satu trik bagi kalian yang mempunyai blog dengan berbagai macam label atau kategori. Ditambah lagi jika blog kalian dijalankan di berbagai model platform periklanan, maka dengan cara ini kalian dapat menghemat space jumlah iklan yang akan tayang sehingga tidak memberikan beban yang berat terhadap performa blog yang kalian kelola.

Cara Memasang Iklan Pada Label Tertentu

A. Memasang Satu Iklan Pada Satu Label

Cara pemasangan iklan jenis yang satu ini, maka iklan hanya akan tayang atau tampil pada label yang kalian tentukan saja dengan jumlah iklan sebanyak satu (1) unit. Jika kalian ingin menggunakan jenis penayangan seperti ini, silahkan kalian gunakan kode dibawah ini
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<b:if cond='data:label.name == &quot;NAMA LABEL&quot;'>
KODE IKLAN DISINI
</b:if>
</b:loop>

B. Memasang Dua Iklan Pada Satu Label

Jenis penayangan kedua ini, hampir sama dengan jenis nomor satu. Namun perbedaanya terletak pada banyaknya iklan yang akan ditampilkan didalam satu label menjadi dua unit. Jika kalian menginginkan jenis penayangan seperti ini, silahkan kalian gunakan kode dibawah ini
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<b:if cond='data:label.name == &quot;NAMA LABEL&quot;'>
KODE IKLAN 1
<b:else/>
KODE IKLAN 2
</b:if>
</b:loop>

C. Menampilkan Iklan Di Beberapa Label Blog

Cara Ketiga ini merupakan cara yang cukup banyak dicari oleh para blogger, dimana dengan menggunakan kode ini iklan yang kalian buat akan tampil di beberapa label blog yang sudah kalian tentukan sebelumnya. Untuk kalian yang akan menggunakan jenis penayangan iklan seperti ini, silahkan kalian gunakan kode dibawah ini
<b:loop index='limit' values='data:post.labels' var='label'>
<b:if cond='data:limit == 0'>
<b:if cond='data:label.name == &quot;LABEL1&quot; or data:label.name == &quot;LABEL2&quot; or data:label.name == &quot;LABEL3&quot;'>
KODE IKLAN 1
<b:else/>
KODE IKLAN 2
</b:if>
</b:if>
</b:loop>
Kode index='limit' dan tag conditionalnya akan mencegah duplikatc (penggandaan) iklan, jika pada satu artikel terdapat dua atau lebih label yang menjadi limitasi. Maka dengan tindakan ini kalian tidak perlu khawatir jika terdapat artikel blog yang memuat beberapa label yang menjadi tag conditional, karena yang akan dipilih hanya satu label saja, sesuai dengan urutan abjad yang telah dibuat.

Selesai, semoga pembahasan kali ini dapat membantu permasalahan yang sedang kalian alami. Jika terdapat pertanyaan ataupun materi yang kurang di mengerti, kalian bisa menghubungi saya pada kolom komentar ataupun kontak yang sudah saya sediakan di blog ini. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2